Tutorial Posting Artikel SEO Menggunakan WordPress

Tutorial Posting Artikel Menggunakan WordPress

Tutorial Posting Artikel SEO Menggunakan WordPress. Modern ini website memang dijadikan sebagai media bisnis yang cukup menjanjikan. Untuk itu tidak heran jika banyak orang berlomba – lomba dan bersaing untuk mendapatkan posisi page one di mesin pencarian Google.

Agar bisa muncul di deretan page one mesin pencarian Google, tentu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Diperlukan usaha keras dan pengetahuan mumpuni tentang SEO (Search Engine Optimization).

Sebelum menginjak pada pembahasan tentang SEO, sebaiknya anda bisa simak tutorial posting artikel menggunakan wordpress di bawah ini.

Anda Harus Punya Akun WordPress Terlebih Dahulu

Langkah tutorial posting artikel yang pertama adalah anda harus mempunyai akun wordpress terlebih dahulu. Karena memang proses posting artikel akan dilakukan menggunakan wordpress.

Anda harus punya akun wordpress
Anda harus punya akun wordpress

Melakukan Login

Langkah tutorial posting artikel yang kedua dengan mengunjungi laman website melalui link login website yang anda miliki. Misalnya saja seperti ini https://namawebsiteanda.com/wp-admin

Setelah anda enter maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

tampilan login
tampilan login

Selanjutnya anda bisa masukkan username dan password dengan benar. Jangan lupa masukkan captcha sesuai petunjuk jika memang ada. Klik button login dan tunggu beberapa saat, maka akan muncul dashboard dari website anda.

Masuk ke Menu Posts

Perhatikan deretan menu yang ada di sebelah kiri dashboard website anda. Disitu terdapat menu posts yang nantinya akan digunakan untuk memposting artikel. Anda bisa langsung mengkliknya, kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Tampilan Dashboard
Tampilan Dashboard

Tampilan di atas tersebut terdapat deretan postingan artikel yang sudah di posting sebelumnya.

Add New (Tambahkan Baru)

Kemudian anda bisa mengklik menu add new (tambahkan baru) dan tunggu beberapa saat. Beginilah tampilan yang muncul.

Baca Juga  Tutorial Menambahkan Plugin Baru di Wordpress
Tampilan lembar kerja baru
Tampilan lembar kerja baru

Ketikan Artikel Pada Lembar Kerja

Anda bisa mulai melakukan pengetikan artikel yang akan di posting pada lembar kerja yang sudah tersedia tersebut.

Masukkan judul dan isi artikel yang anda buat. Saya menyarankan kepada anda untuk menyiapkan artikelnya terlebih dahulu pada lembar kerja Microsoft Word agar memudahkan proses posting artikelnya.

Mengapa harus mengerjakan di lembar word terlebih dahulu? Alasannya adalah jika anda mengerjakan di lembar kerja website dan koneksi internetnya tidak stabil, pekerjaan yang sudah anda kerjakan bisa saja hilang saat disimpan.

Disini posisi lembar kerja word bisa dijadikan sebagai back up data untuk mengantisipasi perihal buruk seperti yang saya utarakan tersebut. Anda tinggal copy paste saja.

Atur Poin SEOnya

Nah poin ini tidak boleh terlewatkan agar postingan anda lebih disukai oleh mesin pencarian Google. Jika sudah begitu, peluang muncul di pageone sangat terbuka lebar. Berikut daftar yang harus anda atur

Categories

Categories mempunyai fungsi untuk lebih memudahkan pencarian karena sudah disesuaikan dengan tema artikel yang anda bahas. Anda hanya perlu menceklis categories yang sesuai saja. Misalnya anda membahas mengenai “ tutorial posting artikel ”, berarti anda bisa pilih categoriesnya “tutorial”.

Tampilan Menu Kategori
Tampilan Menu Kategori

Internal Link

Internal link mempunyai maksud untuk menjaring pembaca agar bisa mengunjungi postingan artikel yang anda buat lainnya dan sudah terposting (published).

Sehingga views website anda akan semakin mengalami peningkatan. Usahakan cari internal link yang pembahasannya sesuai dengan artikel yang anda buat. Karena nantinya internal link akan disisipkan pada kalimat artikel anda.

Tags

Untuk tags anda bisa isi kata kunci – kata kunci yang berhubungan dengan tema. Misalnya saja artikel seo, posting artikel, publis artikel, tutorial artikel dan lain sebagainya. Cukup masukkan maksimal 6 tags saja.

Tampilan Menu Tags
Tampilan Menu Tags

Meta Description

Masukkan kalimat pendukung yang bisa membuat penulis menjadi tertarik. Meta description mempunyai peran untuk mendukung judul artikel yang anda buat saat muncul di mesin pencarian Google, anda bisa perhatikan tampilan di bawah ini.

Baca Juga  Cara Menambahkan Plugin Live Chat Gratis Tawk.to di Wordpress
Tampilan Menu Meta Description
Tampilan Menu Meta Description

Sebagai pembaca, tentu anda juga akan mempertimbangkan deskripsi yang diberikan sebelum memutuskan untuk mengunjungi laman website yang bersangkutan.

Jadi anda sebagai penulis juga harus mempertimbangkan hal tersebut demi meningkatkan trafik pengunjung di website anda. Dengan begitu views di website anda pun akan semakin meningkat.

Set Featured

Penyisipan gambar pada artikel mempunyai peran sangat penting untuk meningkatkan daya tarik dan kualitas artikel itu sendiri. Untuk itu anda bisa menambahkan gambar pada lembar kerja secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menyisipkan gambar, anda wajib memperhatikan langkah – langkah di bawah ini.

Pastikan gambar yang anda upload ke wordpress mempunyai size yang kecil dan disarankan menggunakan format jpg. Cara mengecilkan size gambar adalah dengan memanfaatkan sebuah aplikasi website bernama tinyjpg.com.

Disana anda bisa mengkompres size gambar menjadi lebih kecil. Untuk format jpg sendiri dipilih karena size nya cenderung kecil tidak seperti format – format lainnya.

Size gambar yang kecil akan membantu website anda bekerja lebih ringan, jadi saat ada views yang berkunjung ke web anda akan lebih nyaman karena loadingnya tidak lama.

7. Posting Artikel

Sebelum memutuskan untuk posting, sebaiknya anda melakukan pengecekan ulang secara menyeluruh untuk memastikan artikel dan semua komponen pendukungnya sudah benar – benar siap untuk diposting. Jika sudah anda bisa memilih 3 pilihan sesuai dengan kebutuhan.

Tampilan Menu Terbitkan
Tampilan Menu Terbitkan

Save Draft (Simpan Draf)

Bisa digunakan jika memang masih perlu revisi atau penambahan anda bisa menyimpannya dalam bentuk draft.

Save Pending (Menunggu Evaluasi)

Bisa anda gunakan jika artikel anda sudah tidak ada yang perlu di revisi, namun menunggu waktu yang tepat untuk posting sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Published (Terbitkan)

Fungsi published digunakan untuk memposting artikel sehingga artikel anda sudah bisa dinikmati oleh banyak orang.

Note : setelah posting sebaiknya anda atur URL linknya sesuai dengan kata kuncinya saja. Karena judul artikel biasanya sudah disertai dengan judul penunjang.

Nah mungkin itu saja tutorial posting artikel menggunakan wordpress yang bisa saya sampaikan. Semoga dalam pembahasan kali ini bisa membawa manfaat bagi anda semua ya.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-