Tutorial Mendesign Halaman Website Profesional di WordPress

Tutorial Mendesign Halaman Website Profesional di WordPress

Tutorial Mendesign Halaman Website Profesional di WordPress. Halaman pada website merupakan bagian terpenting yang harus dikerjakan dengan baik. Mengingat reputasi sebuah usaha bisa dilihat dari tingkat profesionalitas design halaman itu sendiri.

Viewers lebih senang mengunjungi website yang profesional ketimbang website yang pengerjaannya asal – asalan dan tidak menarik. Untuk itu peluang menampilkan halaman website yang sebaik – baiknya mampu membuka peluang besar bisnis anda menjadi semakin berkembang dan sukses.

Agar anda bisa lebih jelas bagaimana cara mendesign halaman website wordpress agar tampilannya lebih profesional, maka anda bisa simak penjelasan di bawah ini yang akan coba saya bahas lebih detail mengenai Tutorial Mendesign Halaman Website Profesional di WordPress.

Login Pada Akun Website yang Sudah Anda Daftarkan

Langkah awal yang harus dilakukan pada Tutorial Mendesign Halaman Website Profesional di WordPress adalah dengan melakukan login. Login akun di WordPress hukumnya wajib dilakukan.

Tanpa melewati langkah pertama ini, maka anda tidak akan bisa mengelola dashboard website anda. Jadi disarankan untuk mengingat dan menyimpan baik – baik username beserta passwordnya.

tampilan login
tampilan login

Lakukan Penginstalan Plugins Elementor

Jika anda belum memiliki plugins yang bernama Elementor (Plugins Page Builder untuk WordPress), sebaiknya melakukan proses penginstalan terlebih dahulu. Silahkan kunjungi menu plugins dan temukan Elementor disana.

Setelah anda memiliki plugins Elementor, maka anda akan lebih mudah dalam proses mendesign halaman agar lebih tampil profesional. Elementor sangat mudah dipelajari dan digunakan dalam membantu anda melakukan proses design.

Plugins Elementor
Plugins Elementor

Masuk ke Menu Pages

Untuk memulai proses design mendesign, penentuan pages yang akan didesign sangatlah penting. Sebaiknya lakukan pendesignan terlebih dahulu pada halaman utama. Karena sebagian besar pengunjung akan mampir dulu ke bagian halaman awal sebelum mengulik lebih dalam website bersangkutan.

Baca Juga  Remote Menggunakan TeamViewer dengan IP Address
Menu Pages
Menu Pages

Jika dari tampilan pada halamannya saja sudah kurang menarik, maka pengunjung pun akan langsung kabur. Jangan harap pengunjung akan penasaran untuk mempelajari lebih lanjut tentang website anda.

Silahkan klik menu pages dan pilih halaman “Home” (halaman utama) terlebih dahulu untuk anda design secara maksimal. Jika anda belum mempunyai halaman sama sekali, silahkan buat terlebih dahulu ya.

Nah di bawah ini ada contoh tampilan pada website pribadi saya yang sudah terdapat halaman Home nya. Langsung saja klik untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

Home Pages
Home Pages

Masuk ke Proses Design dengan Plugins Elementor

Setelah mengklik halaman Home, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Langsung saja anda klik button berwarna biru yang sudah saya tandai “Edit with Elementor”. Tunggu beberapa saat ya.

Edit Page
Edit Page

Anda akan di bawa ke tampilan fungsi Elementor yang bisa anda gunakan untuk melakukan proses design sesuai dengan selera anda. Silahkan perhatikan tampilan di bawah ini.

Mengatur tata letak website dengan plugin elementor
Mengatur tata letak website dengan plugin elementor

Jika anda sudah sampai ke proses seperti tampilan di atas, maka anda bisa langsung mengaplikasikan poin – poin wajib yang harus ada pada sebuah website profesional.

Olah widget yang ada pada lembar kerja dengan fitur yang sudah disediakan oleh Elementor. Cukup dengan Drag and Drop saja anda sudah bisa mendesain website. Untuk lebih memaksimalkan tampilannya, anda bisa melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan.

Tips Agar Design Website Terlihat Profesional

Untuk bisa mewujudkan sebuah website yang profesional, maka anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Usahakan untuk Menggunakan Warna Dominan Hanya 2 Saja

Tampilan website profesional biasanya juga dipengaruhi pada penggunaan perpaduan warna yang diaplikasikan di dalamnya. Sesuai dengan pengalaman penulis yang sudah 2 tahun terakhir berkecimpung di dunia website, sebaiknya anda benar – benar memikirkan warna utama yang akan anda aplikasikan pada website.

Disarankan hanya menggunakan 2 kombinasi warna saja. Dengan begitu website anda akan tampak lebih menarik dan profesional. Anda bisa bandingkan dan nilai sendiri antara website yang menggunakan warna utama beraneka ragam dengan website yang hanya menggunakan 2 warna utama saja.

Baca Juga  Cara Menambahkan Plugin Live Chat Gratis Tawk.to di Wordpress

Pasti akan lebih nyaman mempelajari website yang menggunakan 2 warna saja. Misalnya saja anda bisa menggunakan warna utama kombinasi biru dan putih.

Buatlah Logo untuk Branding

Logo mampu membuat penampilan website anda menjadi tampak lebih profesional. Karena logo mampu mewakili sebuah bisnis yang anda jalankan dan memudahkan untuk proses branding. Jika anda belum memiliki logo, saya sarankan segera untuk membuatnya. Anda dapat menggunakan Jasa Pembuatan Logo apabila anda tidak mahir dalam mendesign logo.

Halaman Contact Us dan About Us

Kedua poin ini juga wajib ada pada sebuah website. Sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan kerja dengan anda, maka calon konsumen akan mempelajari informasi apa saja tentang bisnis anda.

Kemudian setelah mereka paham dan percaya, setidaknya calon konsumen akan menghubungi anda melalui kontak yang disediakan. Jika tidak ada kontak yang disediakan, website anda menjadi sia – sia saja karena tidak bisa digunakan sebagai alat yang menjembatani komunikasi antara pemilik bisnis dengan konsumennya.

Informasi Lengkap 

Untuk informasi sendiri sebaiknya adalah hal – hal yang berhubungan dengan bisnis yang sedang anda jalankan. Dan saya sarankan untuk memberikan informasi yang lengkap sehingga tidak menimbulkan pertanyaan pada diri calon konsumen anda.

Buat Artikel Sebagai Pendukung

Dengan adanya artikel yang bisa mendukung keberadaan website anda, maka website anda akan lebih berpeluang didatangi viewers setiap hari dalam jumlah yang tidak terbatas. Untuk itu penggunaan jasa penulis artikel dalam pengembangan website anda sangatlah dibutuhkan.

Fakta yang sering penulis lihat sendiri, kesuksesan website sebagian besar dipengaruhi oleh banyaknya produksi artikel yang disajikan. Jadi anda harus konsisten dan jika perlu bekerjasama dengan penulis untuk jangka waktu panjang.

Dengan menyimak detail penjabaran mengenai Tutorial Mendesign Halaman Website Profesional di WordPress yang saya berikan di atas. Semoga anda semua menjadi lebih terbantu dan memudahkan dalam proses belajar.

Jangan lelah untuk mencari informasi baru untuk memperbaiki kualitas diri dan menambah wawasan baru buat anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-