Tutorial Menambahkan Plugin Baru di WordPress

Tutorial Menambahkan Plugin Baru di WordPress

Bagi anda yang sedang berkecimpung di dunia website dan ingin terus mengembangkannya agar memiliki tampilan lebih menarik serta nyaman saat digunakan, tentu membutuhkan yang namanya plugin pendukung.

Sekarang ini anda tidak perlu bingung lagi dalam hal mendesign website, karena sudah banyak plugin modern yang bisa anda gunakan secara gratis. Namun jika anda ingin mendapatkan pelayanan premium, silahkan melakukan aktivasi premiumnya ke pihak plugin bersangkutan.

Nah untuk menambahkan plugin baru di wordpress anda, maka anda bisa simak penjabaran lengkapnya pada tutorial menambahkan plugin baru di wordpress di bawah ini.

Baca juga : Tutorial Posting Artikel Menggunakan WordPress

Lakukan Login Terlebih Dahulu

Langkah pertama tutorial menambahkan plugin baru di wordpress ialah melakukan login. Saat login pastikan anda memasukkan username dan password dengan benar.

Perlu anda ketahui, bahwasannya besar kecilnya huruf pada username dan password juga berpengaruh. Karena kesalahan tersebut seringkali membuat pengguna wordpress menjadi frustasi. Padahal penyebabnya hanya sepele, besar kecilnya huruf saja.

tampilan login
tampilan login

Pilih Menu Plugin di Deretan Tampilan Menu Sebelah Kiri

Setelah anda berhasil melakukan login, maka anda akan melihat tampilan dashboard yang disana terdapat deretan menu di sebelah kiri layar. Coba anda perhatikan terlebih dahulu. Jika anda menemukan menu plugin, silahkan klik. Secara otomatis akan muncul tampilan seperti ini.

Dashboard WordPress
Dashboard WordPress

Pada gambar di atas terlihat ada keterangan angka 4 di menu plugin. Sebaiknya anda tidak perlu menghiraukannya, itu hanya pemberitahuan saja bahwa plugin yang anda pakai minta diperbaharui ke versi terbarunya.

Add New Plugins

Nah anda bisa melihat deretan plugins yang sudah terinstal pada tampilan di bawah seperti All In One WP Security, Blog2Social (Social Media Auto Post & Scheduler), Click to Chat for WhatsApp, Contact Form 7 dan lain sebagainya.

Baca Juga  Cara Menggunakan Elementor Page Builder di Wordpress

Untuk menambahkan plugin baru, anda bisa klik menu Add New pada bagian atas. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini.

Add New Plugins
Add New Plugins

Note : jika sudah terlalu banyak plugin yang terinstal dan anda ingin melakukan setting pada salah satu plugin saja, maka anda bisa memanfaatkan kolom search untuk melakukan pencarian. Kolom search terdapat di bagian kanan atas tampilan.

Baca juga : Tutorial Install Bash Linux di Windows 10

Search Plugins yang Dibutuhkan

Berikutnya anda tinggal memasukkan nama plugin yang diinginkan ke dalam kolom kanan atas seperti pada tampilan di bawah ini

Tampilan Daftar Plugins
Tampilan Daftar Plugins

Klik tombol enter pada keyboard di laptop anda untuk melanjutkan proses pencarian. Agar pencarian lebih akurat, ketikan nama plugin lengkap dan pastikan penulisannya sudah benar.

Install Plugins

Saya contohkan penginstalan untuk 1 plugin ya. Misalnya saja saya ingin menambahkan plugin “Click to Chat for Whatsapp Chat”. Ketikkan plugin tersebut pada kolom search.

Install Plugins
Install Plugins

Setelah muncul plugin yang diinginkan tersebut, silahkan klik button Install now yang berada di sebelahnya, kemudian klik activate.

Note  : karena saya sudah install plugin “Click to Chat for Whatsapp” jadi yang tampil di gambar adalah “Activate”. Anda bisa perhatikan plugin “Whatsapp Chat WP” di sebelahnya, jika belum diinstall tampilannya seperti itu.

Klik Menu Plugins Kembali

Untuk memastikan plugin yang anda instal benar – benar berhasil bisa anda lihat di menu plugins. Silahkan klik dan anda periksa sendiri. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, jika sudah terlalu banyak plugin yang terinstal, sebaiknya anda manfaatkan kolom search ya. Anda bisa perhatikan tampilan di bawah ini.

Cek Plugins yang Sudah Terinstal
Cek Plugins yang Sudah Terinstal

Coba perhatikan kotak merah yang terdapat tulisan “Deactivate”. Jika sudah terdapat tulisan tersebut, berarti plugins yang anda instal sudah aktif dan siap digunakan.

Lakukan Setting Terlebih Dahulu

Setting fungsinya untuk melakukan penyambungan pada nomor kontak yang anda inginkan. Namun jika anda ingin menambahkan plugins lain tidak seperti contoh yang diberikan oleh penulis, anda bisa menyesuaikan penyetingannya.

Baca Juga  Tutorial Proxmox VE Step 2 User, Group, Permission, Role dan Pool

Anda hanya perlu klik settings dan tunggu beberapa saat ya. Nanti pada tampilan yang muncul akan muncul berbagai jenis kategori yang bisa anda atur sesuai dengan keinginan.

Setelah proses setting dirasa cukup anda bisa klik button “Save Changes” untuk mengakhirinya. Langkah tutorial menambahkan plugin baru di wordpress saya rasa sudah selesai.

Tips Tambahan Untuk Anda

Dalam menentukan pilihan plugin terbaik, maka anda wajib mempertimbangkan poin berikut ini, antara lain :

Perhatikan Jumlah Instalasi 

Jumlah instalasi bisa anda lihat pada tampilan plugin yang akan anda instal. Biasanya bisa ditemukan di bagian bawah. Contohnya begini : +200.000 Active Installation

Perhatikan Banyaknya Komentar

Banyaknya komentar yang diberikan juga sangat berpengaruh pada tingkat kepopuleran sebuah plugin. Dengan meninggalkan komentar, berarti para pengguna mempunyai keinginan agar plugin tersebut bisa memperbaiki kekurangan yang ada agar bisa lebih sempurna dan memudahkan (friendly). Anda bisa menemukan tepat di atas jumlah instalasi.

Perhatikan Rating yang Diberikan

Rating pada plugin biasanya diberikan berupa bintang berwarna kuning. Rating disini juga sangat menentukan seberapa baik plugin tersebut dibuat. Jika ratingnya buruk, kemungkinan besar fungsi dan pelayanan yang diberikan kurang maksimal. Namun sebaliknya jika ratingnya bagus, kemungkinan besar fungsi dan pelayanan yang diberikan pun baik. Anda bisa menemukan tepat di sebelah komentar.

Baca juga : Tutorial Konfigure Zimbra Drive di Centos 7

Setelah menyimak pembahasan di atas mengenai tutorial menambahkan plugin baru di wordpress, saya harapkan anda bisa lebih memahami dan membantu memudahkan anda saat belajar. Semoga membawa manfaat bagi anda semua ya.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-