Tutorial Install WordPress di Cpanel dengan Softaculous

Tutorial Install Wordpress di Cpanel dengan Softaculous

Tutorial Install WordPress di Cpanel dengan Softaculous. Sebagai pengguna baru atau pemula, saat ingin mempunyai website tentu harus melakukan penginstalan WordPress terlebih dahulu. Prosesnya bisa dilakukan usai anda berhasil melakukan transaksi pembelian domain dan hosting pada penyedia layanan jasa domain dan hosting.

Saat anda melakukan transaksi pembelian domain dan hosting, anda akan mendapatkan hak akses ke CPanel yakni username beserta passwordnya. Jadi anda wajib menyimpannya baik – baik. Data tersebut bisa anda dapatkan melalui pesan notifikasi dari perusahaan penyedia layaan domain dan hosting.

Lalu bagaimana langkah melakukan instalasi WordPress di CPanel menggunakan Softaculous? Langkahnya sangat mudah kok asalkan anda memperhatikan baik – baik setiap detail dari prosesnya.

Yuk simak penjelasan di bawah ini yang akan coba saya ulas kepada anda semua mengenai Tutorial Install WordPress di Cpanel dengan Softaculous.

Tahap Login Menggunakan CPanel

Langkah pertama untuk Tutorial Install WordPress di Cpanel dengan Softaculous ini adalah melakukan pengelolaan dashboard CPanel. Tentu anda wajib yang namanya melalui proses login terlebih dahulu. Silahkan anda ketikkan “namadomainanda.com/cpanel dan kemudian klik enter pada keyboard. Secara otomatis anda akan dibawa ke halaman login CPanel.

Login CPanel
Login CPanel

Anda bisa perhatikan tampilan di atas. Input Username dan Password dengan benar dan klik button “Log in” berwarna biru. Jika anda sukses melewati proses login tersebut, maka akan muncul notifikasi “login succesfully” dan tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan halaman dashboard CPanel seperti di bawah ini.

Tampilan Dashboard CPanel dari Namecheap
Tampilan Dashboard CPanel dari Namecheap

Cari Fitur Softaculous Apps Installer

Sekarang anda bisa mencari fitur “Softaculous Apps Installer”. Fitur ini memang banyak digunakan dalam membantu proses download aplikasi sistem, termasuk melakukan instalasi WordPress di cpanel.

Softaculous Apps Installer
Softaculous Apps Installer

Silahkan klik dan tunggu beberapa saat dan akan muncul tampilan dashboard dari Softaculous Apps Installernya.

Baca Juga  Cara Mengganti Tema atau Template di Wordpress
Tampilan Softaculous Apps Installer
Tampilan Softaculous Apps Installer

Klik logo atau tulisan WordPress ya untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

Proses Install WordPress di Cpanel

Pada poin ini, kita sudah bisa melakukan proses penginstalan WordPress. Sebelum melakukan penginstalan, sebaiknya anda memperhatikan beberapa komponen seperti feature, overview, screenshoot dan komponen – komponen lainnya yang mendukungnya.

Anda bisa pelajari lebih lanjut tentang WordPress lebih lanjut agar anda sedikit lebih paham. Setelah anda klik logo WordPress maka tampilannya akan berubah menjadi seperti ini.

Tampilan Proses Install WordPress
Tampilan Proses Install WordPress

Jika sudah yakin silahkan klik “Install Now”. Tampilan yang muncul lumayan panjang jika di scroll ke bagian bawah. Jadi saya potong menjadi beberapa bagian gambar secara berurutan ya agar anda bisa lebih jelas seseuai dengan proses sebenarnya.

Setup WordPress di Cpanel
Setup WordPress di Cpanel

 

konfigurasi wordpress di cpanel
konfigurasi wordpress di cpanel

Isi Site Name dan Site Description sesuai dengan bidang bisnis yang anda jalani. Site Name merupakan nama website atau bisnis anda. Sedangkan Site Description merupakan deskripsi singkat mengenai website atau bisnis anda. Bisa juga diisi dengan slogan atau tagline anda. Karena keduanya sangat penting untuk membantu dalam proses branding.

Kemudian Isi Username dan pasword yang sulit untuk ditebak (anda harus menulisnya dalam satu tabel khusus agar tidak lupa). Hal ini digunakan untuk menghindari wordpress anda terkena hack. Hindari penggunaan nama user “Admin” karena sangat beresiko terkena Hack.

Setting wordpress di cpanel
Setting wordpress di cpanel

Pilih bahasa yang anda anggap paling nyaman untuk digunakan. Agar dalam proses pengelolaan dashboard WordPress anda bisa lebih mudah dan tidak kebingungan. Kalau saya pribadi lebih suka menggunakan “English”, karena lebih terlihat profesional.

Select Theme
Select Theme

Silahkan pilih tema mana saja yang sesuai dengan selera anda. Seluruh tema yang dapat dipilih merupakan tema wordpress gratis. Jangan khawatir, saat sudah terinstal pun anda bisa menggunakan tema lainnya yang bisa anda dapatkan di halaman Themes pada dashboard WordPress.

Setelah data yang dibutuhkan sudah diisi dan diatur sesuai dengan kebutuhan, silahkan anda klik button “Instal” berwarna biru. dan tunggu beberapa saat.

Baca Juga  Instalasi Mail Server Zimbra 8.6 Open Source pada CentOS 6.10
Checking the Submitted Data
Checking the Submitted Data

Bisa anda perhatikan bahwasannya terjadi proses pengecekan data terlebih dahulu yang memakan beberapa menit, jadi anda harus sabar menunggu ya. ini merupakan langkah terakhir dalam Tutorial Install WordPress di Cpanel dengan Softaculous.

WordPress Sudah Bisa Digunakan

Nah setelah muncul keterangan “Succesfully”, maka anda sudah bisa menggunakan WordPress untuk dikelola dan diatur sesuka hari sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan. Jangan lupa untuk memaksimalkan tampilan website, pilihlah plugins – plugins yang mumpuni untuk dijadikan sebagai pendukung.

Untuk proses desain tata letak pada website, sebaiknya anda menggunakan Elementor Plugins yang saya rasa memang sangat membantu dan memudahkan dalam proses pendesainan. Tidak perlu keahlian khusus, yang penting anda mau belajar dan memahami.

Silahkan baca Cara Menggunakan Elementor Page Builder di WordPress untuk mengetahui lebih lanjut. Dan juga Tutorial Mendesign Halaman Website Profesional di WordPress agar website anda terlihat profesional.

Uji Coba Login ke WordPress

Untuk melakukan pengecekan sudah bisakah atau tidak WordPress yang anda instal sebelumnya, maka anda harus mencoba untuk login terlebih dahulu.

Ketikkan “namadomainanda.com/wp-admin” dan klik enter. Tunggu beberapa saat, sampai muncul tampilan login.

tampilan login
tampilan login

Masukkan username dan juga password dengan benar sesuai dengan username dan password yang anda input saat proses install WordPress di CPanel sebelumnya. Jika berhasil maka anda akan dibawa ke dashboard dan bisa memulai untuk proses pendesainan.

Dashboard WordPress
Dashboard WordPress

Anda bisa membuat pagesnya terlebih dahulu. Buatlah pages yang dianggap sebagai tampilan utama dan penting terlebih dahulu. Selanjutnya untuk pages pendukung bisa sambil jalan.

Anda juga bisa mengimbanginya dengan memposting beberapa artikel secara berkala untuk meningkatkan rating views dari website anda. Usahakan content yang dibuatpun sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Catatan :

Selama anda masih berkecimpung mengelola website, produksi artikel yang menarik pun harus tetap dibuat sebanyak – banyaknya. Menghentikan posting artikel dalam beberapa waktu, ternyata bisa menurunkan rating views dari website anda. Itu berarti akan berpengaruh pada income yang anda dapatkan.

Baca Juga  Install Apache Web Server di Ubuntu Server 18.04

Setelah menyimak penjabaran mengenai Tutorial Install WordPress di Cpanel dengan Softaculous yang saya berikan di atas, diharapkan anda akan mendapatkan wawasan baru yang bisa membawa banyak manfaat. Bagi anda yang kesulitan, dengan membaca secara detail, pasti akan bisa mengikutinya dengan baik. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-