Tutorial Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10

Tutorial-Install-VirtualBox-5.2.18-di-Windows-10

Beril.id – Tutorial Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10. Salah satu aplikasi untuk membuat mesin virtual adalah VirtualBox. Apakah kalian sudah mengetahui apa itu mesin virtual ?

Sedikit akan saya bahas mengenai mesin virtual atau dalam bahasa inggrisnya adalah Virtual Machine. Mesin virtual atau Virtual Machine menurut wikipedia adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli.

Sampai disini sudah mengerti? mudahnya adalah anda membuat komputer didalam komputer. tetapi kekurangan mesin virtual adalah anda harus memiliki spesifikasi komputer yang cukup bagus agar dapat menjalankan mesin virtual ini.

Kembali lagi ke judul artikel ini, pada kesempatan kali ini akan kita coba untuk install VirtualBox pada sistem operasi windows 10. Dimana VirtualBox ini bisa dikatakan sebagai aplikasi jembatan antara komputer fisik dengan komputer virtual.

Tutorial Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10

Langkah 1 Download VirtualBox

Silahkan anda download terlebih dahulu VirtualBox 5.2.18 pada link yang tersedia di akhir artikel ini. Setelah itu anda jalankan file yang telah anda download sebelumnya dan akan muncul seperti pada gambar dibawah ini

Kemudian klik tombol Next.

Langkah 2

Anda dapat memilih fitur VirtualBox mana saja yang anda ingin install dan anda ingin gunakan. Secara default seluruh fitur akan terinstall. Pada tutorial kali ini kita akan menginstall seluruhnya. Selanjutnya anda tinggal klik tombol Next.

Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10-2

Langkah 3

Pada langkah ini anda akan ditampilkan beberapa option atau pengaturan seperti anda tidak ingin shortcutnya tidak terinstall di desktop maka anda harus menghilangkan ceklist pada bagian Create a shortcut on the desktop. silahkan anda pilih dan untuk tutorial kali ini kita akan menceklist seluruhnya.

Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10-3

Langkah 4

Pada langkah ke empat ini akan ada peringatan bahwa network atau jaringan anda akan tereset sementara dan anda akan terputus dari jaringan selama instalasi. Ini tidak akan berbahaya jadi anda bisa melanjutkannya ke langkah selanjutnya dengan klik tombol Yes

Baca Juga  Tutorial Install Bash Linux di Windows 10

Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10-4

Langkah 5

Langkah ke lima ini adalah langkah terakhir konfirmasi pengaturan yang sebelumnya telah dilakukan. Jika anda rasa ada sesuatu yang salah atau terlewat maka anda bisa klik tombol Back atau melanjutkan instalasi dengan klik tombol Install

Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10-5

Langkah 6

Selanjutnya, selama proses instalasi akan ada notifikasi bahwa anda harus mempercayai Oracle Corporation untuk melakukan instalasi software yang dia miliki tersebut. Ini bukannlah virus atau semacamnya jadi pastikan anda menceklist bagian Always Trust software from Orache Corporation.

Kemudian anda klik Install untuk melanjutkan proses instalasi VirtualBOx.

Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10-6

kemudian tunggu hingga proses instalasi selesai

Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10-7

Langkah 7

Apabila proses instalasi berjalan lancar dan tidak mengalami gangguan maka akan muncul pemberitahuan bahwa instalasi anda telah berhasil. Untuk memulai langsung aplikasi virtual box silahkan ceklist di bagian Start Orache VM VirtualBox.

Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10-8

Selamat proses instalasi VirtualBox anda telah berhasil dilakukan. Untuk tampilan muka aplikasi VirtualBox dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini.

Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10-9

Demikian Tutorial Install VirtualBox 5.2.18 di Windows 10. Tutorial ini akan sama jika anda menggunakan versi windows 7 maupun yang lain.

Untuk mendownload Aplikasi VirtualBoxnya anda dapat klik di salah satu link dibawah ini.

 

Download VirtualBox 5.2.18 For Windows

Google Drive

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-