Tutorial Install Bash Linux di Windows 10

Tutorial Install Bash Linux Ubuntu di Windows 10

Bagi anda yang terbiasa menggunakan linux tetapi di tempat kerja diberikan windows untuk bekerja setiap hari. Tentu hal ini cukup membuat anda kerepotan dan mungkin membuat anda bete.

Tetapi setelah windows anniversary update atau versi 1607 yang dilakukan pada tanggal 16 Desember 2015 lalu, windows memberikan gebrakan besar. Windows versi 1607 keatas dapat menjalankan perintah linux diatas sistem operasi windows. Jika anda belum mengetahui versi windows yang anda gunakan, silahkan baca Cara Tercepat Mengecek Versi Windows 10.

Salah satu fitur yang ditanamkan sejak anniversary update itu adalah menanamkan bash linux di sistem operasi windows. Saat tulisan ini dibuat sudah tersedia linux dengan distro Ubuntu, openSUSE Leap 42, Suse Linux Enterprise, Debian dan Kali Linux.

Sayangnya bash linux hanya tersedia apabila anda menggunakan windows 64 bit. Apabila anda menggunakan windows 32 bit, anda perlu melakukan upgrade windows terlebih dahulu.

Cukup menarik ketika anda menggunakan windows tetapi dapat juga menjalankan command standart linux untuk keperluan bekerja. Lalu bagaimana cara menginstall bash linux di sistem operasi windows?

Mari kita mulai tutorial bagaimana cara instalasi bash linux di windows 10.

Pada tutorial kali ini windows yang digunakan adalah versi 17134.

Tutorial install bash linux di windows 10

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah mengaktifkan Windows Subsystem Linux (WSL) . Windows Subsystem Linux (WSL) merupakan bagian terpenting agar linux dapat berjalan di atas sistem operasi windows.

1. Menu Turn Windows Features On or Off

Untuk mengaktifkan Windows Subsystem Linux atau WSL anda perlu mengetikkan Turn Windows Features On or Off pada kolom pencarian windows.

Cara Install Bash Linux di Windows 10

2. Mengaktifkan Windows Subsystem Linux (WSL)

Selanjutnya anda perlu ceklist pada bagian Windows Subsystem Linux (WSL) seperti pada gambar dibawah ini

Baca Juga  Install Python di Windows

Cara Install Bash Linux di Windows 10

Maka anda akan diminta untuk melakukan restart pada komputer anda. Klik Restart Now apabila anda sudah menyimpan semua pekerjaan yang anda lakukan sebelumnya.

Cara Install Bash Linux di Windows 10

Perhatian : Jika versi windows anda adalah versi 16215 kebawah maka anda perlu mengaktifkan Developer Mode

3. Mengaktifkan Developer Mode (versi 16215 kebawah)

Langkah selanjutnya anda perlu mengaktifkan developer mode apabila versi windows yang anda gunakan dibawah versi 16215. Silahkan pergi ke menu Settings > Update & Security > For developers > pilih Developer Mode.

Maka akan tampil konfirmasi pengaktifan Developer Mode. Klik Yes.

Mengaktifkan Developer Mode Windows 10

Maka Developer Mode telah aktif dan siap untuk menginstall Bash Linux.

Mengaktifkan Developer Mode Windows 10

4. Tutorial Install Bash Linux Ubuntu di Windows 10

Dikarenakan versi windows yang digunakan pada tutorial ini diatas 16215 maka anda dapat melakukan instalasi bash linux dari Microsoft Store. Silahkan buka Microsoft Store. Anda dapat mencarinya di kolom pencarian windows apabila di taskbar tidak ada.

Setelah Microsoft Store terbuka, silahkan pilih menu Apps dan klik Search. Selanjutnya ketikkan Linux untuk mencari distro linux yang tersedia. Klik Run Linux on Windows.

Tutorial Install Bash Linux Ubuntu di Windows 10

Selanjutnya akan tampil distro linux yang tersedia dan dapat digunakan untuk dijalankan di command prompt windows. Pada tutorial kali ini akan dipilih ubuntu sebagai distro linux yang akan dijalankan di windows 10.

Tutorial Install Bash Linux Ubuntu di Windows 10

Kemudian klik Get untuk memulai melakukan instalasi bash linux di windows 10.

Tutorial Install Bash Linux Ubuntu di Windows 10

Selanjutnya akan muncul peringatan agar melakukan sign in kedalam akun microsoft. Anda dapat memilih No, Thanks.

Cara Install Bash Linux di Windows 10 - 11

Kemudian proses download distro linux Ubuntu pun dimulai. File yang akan didownload sebesar -+ 214MB. Pastikan anda terkoneksi dengan wifi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Cara Install Bash Linux di Windows 10 - 12-1

Saat download ubuntu telah selesai, maka akan otomatis terinstall. Jika sudah anda hanya tinggal klik Launch untuk menjalankan bash linux ubuntu di windows 10.

Cara Install Bash Linux di Windows 10 - 13

Kemudian terdapat proses instalasi kembali. Proses ini cukup memakan waktu sekitar 3-5 Menit.

Cara Install Bash Linux di Windows 10 - 14

Jika sudah selesai, anda akan diminta untuk memasukkan username dan Password yang akan digunakan untuk bash linux ubuntu.

Baca Juga  Cara Tercepat Mengecek Versi Windows 10

Cara Install Bash Linux di Windows 10 - 16

Jika sudah maka user linux yang akan digunakan telah berhasil dibuat. Anda dapat melihatnya pada gambar dibawah ini.

Cara Install Bash Linux di Windows 10 - 17

Pada langkah ini anda sudah dapat menjalankan perintah atau command bash linux ubuntu di windows 10. Untuk memastikan silahkan ketikkan

# lsb_release -a

Cara Install Bash Linux Ubuntu di Windows 10

Maka terlihat bahwa distro yang digunakan adalah Ubuntu 18.04.1 LTS dengan codename bionic.

Untuk selanjutnya, apabila kalian ingin menggunakan bash linux di windows 10, anda hanya tinggal membuka Command Prompt (CMD) kemudian mengetikkan bash. Command prompt pun akan berubah menjadi terminal Linux Ubuntu di Windows 10.

Sedangkan untuk kembali ke Command Prompt (CMD) normal milik windows 10, anda hanya tinggal mengetikkan Exit. Maka anda akan keluar dari terminal ubuntu.

Silahkan ada gunakan bash linux ubuntu di windows 10 sesuai dengan kebutuhan sehari – hari anda. Jika anda punya pengalaman menggunakannya, jangan sungkan untuk berbagi pengalaman di kolom komentar.

 

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-