Tipe – Tipe Software HR Yang Ada Di Indonesia

Software HR di jaman digital sekarang ini sangatlah membantu sebuah bisnis dan perusahaan untuk menjadi lebih berkembang. Perkembangan sebuah bisnis biasanya atau kadang diimbangi dengan perkembangan jumlah karyawan. Dengan bertambahnya karyawan ini, menyebabkan permasalahan HR yang sedikit menjadi lebih kompleks. Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan software HR.

Apa Itu Software HR?

Software HR adalah sebuah software yang dibuat guna mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan HR (Human Resource). Bantuan dari software HR biasanya sangat menguntungkan beberapa pelaku bisnis yang sebelumnya masih melakukan pekerjaan terkait dengan HR dengan manual. Penggunaan software HR ini bisa membuat pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi otomatis dan lebih terstruktur.

Software HR sendiri memiliki berbagai macam tipe dan jenis sesuai dengan fungsi dan kegunaan masing – masing. Memilih software HR yang baik dan berkualitas tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Software HR memiliki fitur dan fungsi yang berbeda – beda sehingga anda sebagai pelaku bisnis harus mencermati setiap detailnya.

Selanjutnya kita akan melihat beberapa tipe – tipe dari software HR pada umumnya beserta dengan fungsi dan kegunaan masing – masing tipe software HR yang ada.

Tipe – Tipe Software HR Yang Ada Di Indonesia

Ada beberapa kategori dan juga tipe dari software HR yang biasanya digunakan oleh pelaku bisnis. Setiap tipe dan juga kategori memiliki kegunaan dan fungsi masing – masing. Berikut ini adalah kategori dan tipe software HR secara mendetail.

HRIS (Human Resource Information Systems)

HRIS atau Human Resource Information Systems adalah sebuah sistem dan software HR yang dibuat untuk digunakan berbagai keperluan tugas HR. Tipe software HR yang satu ini sebenarnya memiliki berbagai julukan yang berbeda – beda tapi intinya memiliki persamaan fungsi dan tugas. HRIS biasanya dibuat dan didesain dengan acuan tugas HR paling utama, yaitu:

  • Payroll atau sistem penggajian karyawan.
  • Aplikasi absensi otomatis.
  • Dan, manajemen karyawan yang lainnya.

Biasanya HRIS ini menyimpan berbagai data karyawan misalnya data personal, data absensi, dan payroll yang kemudian nantinya akan diproses untuk mendapatkan berbagai data.

HCM (Human Capital Management)

Software HR dengan tipe HCM ini biasanya adalah pengembangan dari sistem HRIS yang ditambahkan berbagai fungsi dalam pengembangan skill karyawan. Biasanya HCM ini memiliki fitur – fitur seperti recruitment, time management atau aplikasi absensi, dan juga performance apprasial.

Baca Juga : Fitur yang Wajib ada di Aplikasi Absensi

Perbedaan HCM (Human Capital Management) dan HRMS (Human Resource Management Systems) terletak pada modul, fitur, dan juga fungsi yang ditawarkan. Software HCM biasanya berfungsi dan berhubungan dengan beberapa tugas HR yang berkaitan dengan pengembangan karyawan, sedangkan untuk HRMS sendiri lebih cenderung melakukan semua tugas HR yang ada.

HRMS (Human Resource Management Systems)

HRMS atau Human Resource Management Systems memiliki fungsi dan kegunaan yang lebih kompleks dan juga lebih mendetail daripada HRIS. Jika dibandingkan secara fungsinya mungkin perbedaannya terletak pada beberapa penambahan fungsi management yang lebih lengkap dan terstruktur. Fitur software HR ini bisa dilihat dan didapatkan oleh anda jika anda memilih software dengan tipe ini dengan tepat. Beberapa modul dan fitur dari linovhr ini sangatlah lengkap dan sangat memudahkan dan mempercepat tugas – tugas HR:

  • Organization Management: Melihat gambaran umum organisasi yang ada di dalam sebuah perusahaan.
  • Personnel Administration: Pengelolaan data karyawan secara mendetail dan lengkap.
  • Recruitment: Modul yang digunakan untuk proses recruitment seperti manpower planning, Recruitment request, Career Announcement, dan proses recruitment lainnya.
  • Goal Management: Modul dan fitur yang berfungsi untuk menetapkan target kerja baik individual atau unit kerja tertentu.
  • Competency Management: Pengelolaan kompetensi kerja yang harus dimiliki setiap individu dalam sebuah unit kerja di perusahaan anda.
  • Performance Apprasial: Penilaian terhadap karyawan dan individu yang akurat bisa dilakukan dengan menggunakan modul ini.
  • Time Management: Pengelolaan pola jam kerja guna meningkatkan produktifitas dan juga hasil kerja yang maksimal.
  • Payroll: Sistem penggajian karyawan yang lebih cepat dan juga akurat.

Sebenarnya masih ada banyak fitur dan modul dari HRMS atau Human Resource Management System yang ada sehingga anda bisa dapatkan dari linovhr. Yang jelas HRMS ini membuat automasi tugas – tugas HR di perusahaan anda menjadi terwujud sehingga mengurangi proses – proses yang dilakukan secara manual. Salah satu Software HR yang mampu memenuhi kebutuhan HR terkait HRIS, HRMS & HCM adalah LinovHR.

LinovHR mampu memadukan HRIS, HRMS & HCM ke dalam satu Software HR, dengan berbagai modul dan fitur yang dimiliki oleh LinovHR akan membantu HR dalam melakukan setiap tugas – tugasnya terkait Human Resource.

Bagikan :