Cara Submit URL ke Search Engine Google, Bing dan Yandex

Submit-URL

Bagi para pemilik website atau para blogger tentu tidak asing lagi dengan istilah submit URL ke search engine google, bing maupun yandex. Submit URL biasa dilakukan di search engine atau mesin pencari seperti google, bing maupun Yandex.

Para blogger melakukan submit URL biasanya dikarenakan ingin mempercepat mesin pencari untuk melakukan indexing pada URL yang dimiliki website tersebut. Bagi anda yang belum mengerti apa itu indexing akan saya bahas sedikit disini.

Indexing URL adalah melakukan pendaftaran URL di mesin pencari. Hal ini bertujuan agar URL kita terdaftar dan ada di mesin pencari tersebut. Nantinya ketika seseorang mencari sesuatu di mesin pencari akan ada kemungkinan URL kita ditemukan.

Indexing biasanya dilakukan secara otomatis oleh setiap mesin pencari. Tetapi kita tidak dapat mengetahui kapan URL kita akan masuk ke mesin pencari tersebut. Bisa 1 hari atau bahkan lebih.

Maka untuk mempercepatnya maka para blogger melakukan submit URL agar memberikan prioritas URL tersebut untuk di indexing.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara melakukan submit URL ke beberapa mesin pencari yaitu Google, Bing dan Yandex.

Submit URL ke Search Engine Google

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk submit URL ke google adalah mendaftar di search console milik google. Jika anda belum melakukannya silahkan baca terlebih dahulu cara mendaftarkan website di search engine google.

Baca Juga  Cara Verifikasi Google Bisnisku untuk Google Maps

Jika anda telah melakukan pendaftaran di search console google maka anda dapat melanjutkan tutorial submit URL ke google.

1. Login ke Search Console

Untuk pertama kali silahkan login ke search console google. Setelah selesai maka anda akan melihat dashboard search console seperti dibawah ini.

Cara Submit Url ke Search Engine Google, Bing dan Yandex 1
Dashboard Google Search Console Baru

2. Inspeksi URL

Langkah selanjutnya klik menu inspeksi URL dan anda akan diarahkan ke dalam kolom untuk memasukkan URL yang akan di submit ke mesin pencari seperti pada gambar dibawah ini.

Inspeksi URL Google
Inspeksi URL Google

3. Proses Inspeksi URL

Selanjutnya anda akan menunggu kurang lebih 1 menit agar google dapat mengecek URL yang ingin anda submit.

Proses Inspeksi URL dari index google
Proses Inspeksi URL dari index google

4. URL tidak Ditemukan

Apabila URL yang anda submit tidak ditemukan di google maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.

Hasil URL tidak ditemukan di Google
Hasil URL tidak ditemukan di Google

5. Minta Pengindexan (Submit URL)

Maka langkah selanjutnya adalah meminta pengindexan untuk URL yang diinginkan. Selanjutnya anda akan diminta menunggu apakah URL langsung dapat diindex atau tidak.

Menguji apakah URL langsung dapat diindex
Menguji apakah URL langsung dapat diindex

6. Pengindexan Diminta

Saat pengujian telah selesai maka hanya tinggal menunggu waktu agar URL yang telah di submit akan terindex di mesin pencari google.

Pengindexan diminta
Pengindexan diminta

7. URL berhasil di Submit di Mesin Pencari Google

Jika URL anda telah terindex di google maka ketika anda melakukan inspleksi URL akan muncul gambar seperti dibawah ini. Yang mana bertanda bahwa URL anda sudah berada di mesin pencari google.

berhasil submit url di google
berhasil submit url di google

Sampai tahap ini anda telah berhasil melakukan submit URL ke dalam mesin pencari google. Lalu, bagaimana dengan submit URL ke mesin pencari lain seperti bing dan Yandex ?

Submit URL ke Search Engine Bing

Selain google search ada search engine lain yang cukup terkenal yaitu Bing dan Yandex. Bing merupakan mesin pencari atau search engine yang dinaungi oleh raksasa besar internet yaitu Microsoft. Sedangkan Yandex merupakan mesin pencari atau search engine yang berasal dari rusia yang termasuk dari mesin pencari terbesar didunia selain google dan bing.

Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai submit URL ke mesin pencari bing dan Yandex. Mari kita mulai langkah – langkah melakukan submit URL ke mesin pencari bing terlebih dahulu.

Baca Juga  Tips Mengembalikan File terkena Ransomeware .xtbl dengan Mudah

Pastikan ada telah mendaftarkan website anda kedalam mesin pencari Bing. Jika belum saya sarankan untuk membaca cara mendaftarkan website di search engine Bing.

Jika website anda telah didaftarkan kedalam search engine Bing maka langkah selanjutnya adalah melakukan submit URL dengan beberapa langkah dibawah ini.

1. Menu Submit URL

Setelah anda login ke dalam Bing Webmaster maka selanjutnya anda klik menu Submit URLs untuk melakukan submit URL di search engine bing.

Menu Submit Urls di Search Engine Bing
Menu Submit Urls di Search Engine Bing

2. Submit URL ke Bing Webmaster

Selanjutnya anda hanya tinggal memasukkan URL – URL yang ingin di submit ke bing webmaster agar segera terindex di mesin pencari Bing. Pada tampilan gambar dibawah ini, saya hanya dapat memasukkan 10 URL sekaligus dalam 1 hari. Jika sudah jangan lupa untuk klik submit.

Input URL yang akan di submit
Input URL yang akan di submit

3. Berhasil Submit URL di Bing Webmaster

Dengan cara tersebut maka URL telah berhasil di submit ke mesin pencari Bing. Saat ini anda hanya menunggu agar URL tersebut berhasil diindex oleh search engine Bing.

Berhasil submit url di Bing
Berhasil submit url di Bing

Sampai disini proses submit URL di search engine Bing telah berhasil dilakukan. Mungkin langkahnya lebih mudah dan cepat daripada submit URL di search engine Google.

Langkah selanjutnya bagaimana untuk melakukan submit URL di mesin pencari Yandex milik Rusia? Mari kita lanjutkan tutorial submit URL ke search engine google, bing dan Yandex ini.

Submit URL ke Search Engine Yandex

Sebagian dari anda mungkin belum mengenal search engine Yandex ini. Bahkan bisa jadi anda belum pernah menggunakannya dalam mencari sesuatu hal di internet.

Sama seperti langkah sebelumnya, pastikan anda telah mendaftarkan website anda ke mesin pencari Yandex. Jika anda belum melakukannya, saya sarankan untuk membaca cara mendaftarkan website di search engine Yandex.

Jika anda telah melakukannya, anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu melakukan submit URL ke mesin pencari Yandex.

1. Submit URL di Yandex Webmaster

Setelah anda melakukan login ke Yandex Webmaster, selanjutnya pergi ke menu Indexing dan kemudian pilih Reindex Pages untuk melakukan Submit URL. Berbeda sedikit dari search engine google dan bing, pada search engine Yandex submit URL berada di menu Reindex Pages

Baca Juga  3 Software untuk Membuat Bootable USB Windows dan Linux
Submit URL di Yandex Webmaster
Submit URL di Yandex Webmaster

2. Input URL di Yandex Webmaster

Langkah selanjutnya adalah melakukan input URL mana yang ingin di index di mesin pencari Yandex. Pisahkan setiap link disetiap barisnya. Maksimal 20 URL setiap harinya.

Input URL di Yandex Webmaster
Input URL di Yandex Webmaster

3. Menunggu proses indexing Yandex webmaster

Setelah anda mengirim URL maka anda hanya tinggal menunggu waktu agar yandes webmaster melakukan indexing kepada URL yang anda kirimkan sebelumnya. Silahkan scroll sedikit kebawah di halaman Reindex Pages untuk melihat statusnya.

URL dalam proses indexing di Yandex Search Engine
URL dalam proses indexing di Yandex Search Engine

Dengan selesainya submit URL di Yandex webmaster maka selesai pula tutorial cara submit URL di search engine Google, Bing dan Yandex.

Cara submit URL ini sebaiknya anda lakukan apabila anda ingin segera melakukan indexing di setiap mesin pencari seperti google, bing dan Yandex. Apabila anda tidak ingin kerepotan setiap kali ada link baru untuk mendaftarkannya, maka anda hanya perlu mendaftarkan sitemap website anda ke mesin pencari seperti google, bing dan Yandex.

Dengan adanya sitemap maka mesin pencari akan lebih mudah menemukan link terbaru dan melakukan indexing link di website anda. Untuk tutorial bagaimana cara menambahkan sitemap di search engine google, bing dan Yandex akan kita bahas dilain waktu.

Sekian tutorial cara submit URL ke search engine google bing dan Yandex. Jika anda merasa tutorial ini bermanfaat jangan lupa untuk share ke sosial media anda.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-