Sejarah Openstack

LogoOpenStack

Assalamu’alaikum Waroh Matullahi Wabarokatuh

Sejarah Openstack Mungkin sebagian dari kita sudah pernah dengan dan sudah familiar dengan yang namanya Openstack, apa lagi sekarang eranya Cloud Computing pasti sudah tahu dan kenal dengan Openstack ini yang di usung oleh Redhat sang topi merah untuk aplikasi Cloud Computing.

Sejarah Openstack

Sejarah Openstack atau Awal mula Openstack ini diawali oleh NASA dan Rackspace, pada tahun 2010 NASA mengembangkan “Nebula” merupakan pertama untuk paltfrom cloud computing yang digunakan untuk privat cloud government yang di tulis mengunakan python, pada saat yang bersamaan Rackspace juga mengembangan cloud file software (swift) seperti object storage pada maret 2010.

kemudian NASA mengOpen Source kan platform cloud computing yang sudah dia kembangkan pada Mei 2010 dengan nama “Nova”. Bersamaan dengan itu akhirnya NASA dan Rackspace bersepakat untuk mengabungkan dua project “nova” dan “swift” dengan nama OpenStack.

Komponen

Sejarah Openstack

Dashboard atau bisa disebut “Horizon” – objek ini adalah “GUI” graphical user interface untuk jasa OpenStack yang memungkinkan Anda untuk melakukan tugas-tugas dan operasi di cloud.

Object Store atau bisa disebut “Swift” – Komponen ini menyediakan penyimpanan objek, yang memungkinkan Anda untuk menyimpan dan / atau mengambil file. Ini bukan direktori bertingkat meskipun tidak seperti fileserver.

Identity atau bisa disebut “Keystone” – Seperti namanya, ini menyediakan otentikasi dan otorisasi untuk semua layanan. Hal ini juga menyediakan katalog layanan jasa OpenStack dalam cloud tertentu.

Network atau bisa disebut “Neutron” – untuk menyediakan Network connectivity as a service i.e. Neutron merupakan sistem untuk melakukan provisioning jaringan yg melibatkan entitas virtual (VM). Termasuk kedalam fungsi ini, antara lain, mengatur jaringan/subnet, router, load-balacer, gateway, floating IP. Juga dikenal sebagai “Quantum” dalam versi sebelumnya.

Image atau bisa disebut “Glance” – Ini menyediakan repositori untuk gambar virtual. Di sinilah gambar disk (kebanyakan yang biasa digunakan dalam OpenStack Compute) diurutkan atau berupa katalog

Compute atau bisa disebut “Nova” – Objek ini memungkinkan Anda untuk mengontrol fungsi dan jasa OpenStack mandiri melalui server virtual yang berjalan pada lapisan virtualisasi yang fleksibel.

Baca Juga  Membuat Cluster Server Pada Proxmox VE 5.2

Block Storage atau bisa disebut “Cinder” – ini secara terus-menerus mem-blok penyimpanan untuk guest Virtual Mesin.

Demikian Arsitektur dan Sejarah Openstack , semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kawan-kawan dan apa bila kawan-kawan mencari tutorial lain bisa check ke https://beril.id/tutorial/ akan ada banyak tutorial yang mungkin bisa membantu dan menambah wawasan kawan-kawan semua.

Referensi :

  1. OpenStack.org , The OpenStack Foundation
  2. Getting Started With OpenStack, Kenneth Hui (Rackspace), Dan Radez (RedHat)
Bagikan :
Irfan Maulana

Author: Irfan Maulana

Apa yang terlihat “buruk” saat ini, belum tentu menjadi “buruk” di masa depan_ begitu pula untuk sebuah kebaikan. ?