Remote Menggunakan TeamViewer dengan IP Address

Remote Teamviewer dengan IP Address

Halo sobat berill ,

Apakah anda sering remote server ? baik itu menggunakan Remote Desktop Connection , RealVNC , UltraVNC , Chrome Desktop ataupun menggunakan Teamviewer yang sudah sangat familiar di kalangan internet.

Oke , biasanya jika anda ingin remote dengan teamviewer ke komputer anda ataupun komputer teman ataupun komputer server , maka anda biasanya melakukan remote dengan mencari tahu ID dan Password teamviewernya. Setiap di restart , maka PC yang di remote akan selalu berubah passwordnya . Lalu apa bedanya dengan tulisan saya kali ini ?

Bedanya saya ingin membagikan tutorial atau settingan bagaimana melakukan remote Teamviewer dengan IP Address.

Oke langsung saja , pada tahap pertama kalian saya asumsikan sudah install teamviewernya yah. Kalau berlum download dulu lah disini Seperti gambar berikut

remote teamviewer dengan ip address

jangan lupa kedua sisi antara client maupun server atau (PC yang mau di remote) harus diinstall teamviewernya .

Kemudian kalian coba setting pada PC Server ataupun PC yang mau di remote.

Setting pada Sisi Server atau PC yang ingin di remote

Pilih menu Extras kemudian ada Security pilih dan isikan password yang ingin digunakan untuk remote .

remote teamviewer dengan ip address

Kemudian pada tahap ini kalian pilih General untuk mengaktifkan Incoming LAN Connection agar dapat remote teamviewer dengan IP Address. Lalu kita pilih Accept seperti gambar dibawah ini.

remote teamviewer dengan ip address

oke sampai disitu , kita cari tahu dulu sebelumnya , berapa sih IP Server ataupun IP Address laptop ataupun komputer yang inigin kita remote ?

Cara Cek IP Adress Komputer

Untuk Cek IP Adress Komputer yang kita gunakan bisa dengan menuju menu Control Panel kemudian Network and Internet kemudian Network Connections. Kemudian lalu pilih Ethernet jika menggunakan Kabel LAN , ataupun pilih Wireless LAN jika terhubung dengan Wireless LAN atau Wifi connection.

Disini PC yang ingin saya remote menggunakan Kabel LAN sebagai perantara datanya. Selanjutnya klik 2x , kemudan ada Ethernet Status . Kita bisa lihat disini IP Address PC tersebut yaitu 192.168.82.203

Cara Cek IP Adress Komputer

Setelah itu , agar PC dapat di remote teamviewer dengan ip address, kalian bisa coba untuk menonaktifkan Firewall pada Windows  Turn Off Windows Firewall.

Cara Mematikan Firewall di Windows

Pilih pada menu Control Panel Kemudian System And Security lalu masuk ke Windows Firewall . Lalu setelah pilihan Turn Off Windows Firewall kalian pilih Ok.

Cara Mematikan Firewall di Windows 7 8 10

Settingan pada PC atau laptop sendiri

Setelah setting pada sisi komputer yang ingin di remote , maka kita coba tes ping untuk memastikan apakah bisa diakses melalui IP address. Kita coba ping terlebih dahulu seperti ini .

Ketik cmd pada Windows kemudian ping IP Address yang dituju, lalu pastikan mendapat reply seperti ini.

Cara Ping ke IP Address Komputer Lain

Oke , kembali lagi kalian buka Teamviewer di PC kalian. Lalu pada Partner ID kalian isikan IP Address yang PC yang akan di remote. Lalu jika minta password , isikan password yang telah dibuat tadi .

Connect Teamviewer dengan IP Address

Sampai sini kalian sudah dapat melakukan remote teamviewer dengan ip address.

Connect Teamviewer dengan IP Address

Demikian tutorial remote teamviewer dengan ip address yang dapat saya bagikan. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat untuk teman kalian, silahkan bagikan ke sosial media kalian. Terima kasih.

Bagikan :
Widi Jatmiko

Author: Widi Jatmiko

Adalah seorang IT Supermen di perusahaan Swasta . Ikut aktif dalam pengembangan komunitas Open Source dan Komunitas unyil beril.id sebagai penulis blog