Pengertian dari Aplikasi VMWare vSphere Hypervisor ESXi

Hallo Beril.id, Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dari Aplikasi VMWare vSphere Hypervisor ESXi. Jika sobat pernah menggunakan virtualisasi pada desktop misalnya seperti VirtualBox, KVM, Xen, VMWare Workstation maupun VMWare ESXi Server yang berjalan diatas OS tertentu.

Pasti sobat pernah merasakan adanya delay proses dikarenakan sistem tersebut harus membagi dua resourcesnya antara host dengan guest. Jika RAM yang dimiliki sobat sebesar 8 GB, ada kemungkinan 4 GB digunakan oleh komputer induk untuk operasional sistem.

Untuk mengatasi problem tersebut, muncul teknologi virtualisasi dengan model bare metal OS.

Apa itu Bare metal OS?

Pengertian dari Aplikasi VMWare vSphere Hypervisor ESXiBare metal biasa juga disebut dengan hypervisor tipe 1/native hypervisors yang berjalan langsung pada hardware untuk menangani virtual mesin. Contoh teknologi virtualisasi bare metal OS adalah Microsoft Hyper-V hypervisor, VMware ESXi, Citrix XenServer, dan lain sebagainya.

Pengertian dari Aplikasi VMWare vSphere Hypervisor ESXi

Menurut techtarget.com – A bare metal environment is a computer system or network in which a virtual machine is installed directly on hardware rather than within the host operating system (OS). The term “bare metal” refers to a hard disk, the usual medium on which a computer’s OS is installed. The term virtualization refers to the creation of a virtual (rather than actual) version of something, such as an OS, a server or a network resource. A virtual machine is a multi-user shared-resource OS that gives each user the impression of having sole control of all computer or network resources.

VMWare vSphere Hypervisor™ ESXi tersedia secara free dan dapat digunakan dilingkungan perusahaan.

Cara mendapatkannya, yaitu:

  • Buka alamat URL VMWare vSphere Hypervisor™ (ESXi)
  • Pilih menu download
  • Download versi ini dengan cara melakukan register user name dan password pada menu register yang disediakan
  • Jika kita sudah register, kita akan diberikan free Serial Key dan link untuk download file ISO. Silakan download file ISO tersebut, besarnya sekitar 350 MB
  • Burn file ISO kedalam CD / Flashdisk
  • Gunakan file ISO untuk instalasi sistem VMWare ESXi. Pastikan isi harddisk sudah dibackup karena ESXi akan menghapus seluruh isi harddisk
Baca Juga  Sejarah Openstack

VMWare ESXi didesain juga untuk penggunaan di Enterprise atau Corporate level sehingga cocok bagi para pengguna yang ingin menggunakan teknologi virtualisasi powerful secara mudah.

Oke deh sobat, Sekian pembahasan kali ini tentang Pengertian dari Aplikasi VMWare vSphere Hypervisor ESXi. Silahkan tunggu updatean artikel selanjutnya dari beril.id . Jika artikel ini menurut sobat bermanfaat, silahkan sobat share. Jangan lupa untuk follow sosial media kami pada link disamping ya. Terima Kasih…

Referensi:

https://searchservervirtualization.techtarget.com/definition/bare-metal-environment

Bagikan :