Pengertian dan Proses Data Mining

Apa itu data mining

Hai sobat beril, pada kesempatan kali ini saya akan menerangkan apa yang dimaksud dengan data mining. Mungkin untuk sebagian orang masih belum mengetahui apa itu data mining.

Padahal akhir – akhir ini data mining sedang hangat diperbincangkan didunia internet. Mari kita mulai pembahasannya.

Pengertian Data Mining

Data mining, dari penggalan kata tersebut sepertinya sudah dapat di terjemahkan kedalam pemikiran kita secara sederhana yaitu me-mining data atau secara sederhananya adalah menambang data.

Data apa yang ditambang? Dan apa manfaat dari menambang data tersebut? Pertanyaan seperti itu akan muncul dalam pemikiran kita jika hanya mengartikannya dalam penggalan kata data mining.

Data mining dapat di artikan sebagai serangkaian proses untuk menggali nilai atau pola tambah berupa informasi yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu basisdata (kumpulan data).

Contoh sederhananya adalah kita memiliki kumpulan data transaksi pembelian online pengguna internet. Kemudian kita melakukan proses data mining. Maka hasil dari proses data mining tersebut adalah bahwa kita menemukan Si A lebih sering membeli Kaos polong dan Aksesoris handphone secara bersamaan.

Tentu data ini sebelumnya tidak diketahui dikarenakan banyaknya pengguna internet yang ada dalam kumpulan data yang dimiliki.

Proses Data Mining

Menurut Dr. Matthew North dalam bukunya Data Mining for The Masses, proses data mining terdiri dari 6 proses yaitu

Pengertian dan Proses data mining

  1. Business Understanding
    Proses pertama adalah memahami bisnis yang sedang berjalan saat ini dan apa yang ingin dicari dengan menggunakan data mining. Contoh sederhananya adalah untuk pertama kita harus menemukan sebuah permasalahan yang ada pada bisnis yang berjalan saat ini seperti bagaimana kita dapat meningkatkan keuntungan dari setiap produk yang kita jual?
  2. Data Understanding
    Proses kedua adalah memahami berasal darimanakah data yang akan kita proses tersebut, melalui quisionerkan? Data base transaksi website? Dan data apa saja yang terdapat didalamnya.
  3. Data Preparation
    Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan data yang akan kita proses seperti menghilangkan atribut atau komponen yang tidak berkaitan dengan tujuan pencarian informasi, mengisi data yang kosong atau menghapusnya dan lain sebagainya.
  4. Modeling
    Pada langkah ini dilakukan pemilihan model atau penerapan beberapa teknik data mining dan beberapa parameter yang disesuaikan dengan data yang kita miliki karena setiap data yang kita miliki tersebut memiliki teknik atau pemodelan yang berbeda pula untuk menerapkannya.
  5. Evaluation
    Selanjutnya adalah proses mengevaluasi atau mengecek apakah informasi yang kita peroleh dari proses modeling sebelumnya sudah tepat sesuai dengan informasi yang kita harapkan dan apakah model yang kita gunakan sudah efektif untuk  mencapai tujuan yang ditetapkan pada fase awal (business understanding).
  6. Deployment
    Jika hasil evaluasi sudah sesuai dengan yang diharapkan dan pemilihan model sudah efektif sehingga mencapai tujuan yang kita harapkan di awal fase serta mendapatkan informasi yang diharapkan, maka selanjutnya pada tahap ini dilakukan penerapan dan dipresentasikan dari informasi yang kita dapat sebelumnya sehingga dapat digunakan oleh pengguna.
Baca Juga  Penjelasan tentang Basis Data dan DBMS

Dari penjelasan singkat diatas maka kita telah mengetahui pengertian dan proses dari data mining tersebut. Silahkan download e-book Data Mining for The Masses pada bagian dibawah artikel ini untuk mengetahui lebih jauh tentang data mining.

Jadi kesimpulannya adalah Data Mining adalah sebuah proses mencari informasi atau pola baru yang sebelumnya tidak diketahui dengan cara mengekstraksi atau mengenali pola yang penting dan menarik dari sekumpulan data.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan anda bagikan ke rekan anda. Terima kasih.

[button link=”https://drive.google.com/open?id=158SWu8E3UsFTDN7m55KXjlOS8dG45f0m” newwindow=”yes”] Matthew North – Data Mining for the Masses – 2012.pdf[/button]

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-