Monitoring Tools Icinga 2

Monitoring Tools Ichinga 2

Assalamu’alaikum Waroh Matullahi Wabarokatuh

Hai sahabat dan kawan-kawan beril sekarang saya ingin memperkenalkan Monitoring tools yang masih adik atau turunanya Nagios dan yang pasti ini Open Source dan free licensi jadi sekarang sebelum tahap instalasi dan configure mungkin gak ada salahnya kenalan dulu neh sama yang namanya Icignas 2.

Apa itu Icinga 2

Icinga 2 adalah perangkat lunak Monitoring Open Source yang memonitor host, aplikasi, dan services. Hasilnya mencakup keadaan dan metrik saat ini, keduanya dapat disimpan untuk jangka panjang. Alih-alih mengkonfigurasi semuanya secara statis, Icinga 2 memungkinkan Anda untuk membuat aturan berlaku yang menghasilkan objek pemantauan Anda secara dinamis.

Dengan perubahan API RESTful dapat dilakukan secara otomatis dan dari jarak jauh. Icinga memiliki mekanisme pengelompokan yang dibangun untuk membuat setup yang tersedia dan didistribusikan tinggi. Icinga 2 bekerja sangat baik dalam kombinasi dengan Chef untuk menciptakan lingkungan pemantauan otomatis. Karena Chef tahu segalanya tentang infrastruktur Anda, Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk membuat konfigurasi pemantauan dari itu.

  1. Pemantauan Layanan

Icinga 2 Adalah monitoring tool yang fleksible Dan Open Source Yang memiliki kemampuan untuk review memenuhi sebagian monitoring Kebutuhan besar adalah fleksibel, open source platform pemantauan yang memiliki kemampuan untuk menutupi sebagian besar persyaratan pemantauan Anda karena kerangka disesuaikan nya.

Out of the Box, Icinga 2 kuat di server monitoring dan perangkat, mendukung keduanya Monitoring dan SNMP. Ini unggul dalam menyediakan data dan peringatan untuk availability, konektivitas, dan pemeriksaan kesehatan umum infrastruktur Anda. Ketika datang net flow, application monitoring dan database pemantauan, Icinga 2 mampu tetapi membutuhkan konfigurasi khusus atau plugin tambahan. Semakin spesifik Anda dapat mengenai poin dan ambang batas data yang dimaksudkan, semakin sukses Anda akan memiliki Icinga 2

Berikut adalah screenshot dari Icinga W ini insiden dashboard:

  1. Direct Monitoring vs SNMP

Icinga 2 mendukung Monitoring langsung dan monitoring SNMP tetapi tidak typical SNMP tool. Karena itu cocok lebih untuk pemantauan langsung, Icinga 2 dapat dengan cepat dikonfigurasi vs alat pemantauan SNMP. Pada flipside, jika Anda ingin menerima semua titik data untuk perangkat keras, seperti router, Anda akan perlu mengkonfigurasi secara individual untuk setiap datapoint vs alat SNMP yang akan memberikan semua metrik data sekali alat ini setup untuk memantau perangkat tertentu.

  1. Fleksibilitas

Icinga 2 ini dirancang untuk menjadi berorientasi objek dari atas ke bawah. Memiliki konfigurasi bahasa yang kaya yang memungkinkan ekspresi konfigurasi yang rumit dalam jumlah minimal teks, memungkinkan konfigurasi monitoring yang akan ditulis dengan cepat dan ringkas. Gabungan, dua fitur arsitektur ini memungkinkan penciptaan sejumlah besar pemantauan titik data dalam jumlah kecil.

  1. Kecepatan

Icinga 2 dibangun untuk menjadi cepat. Hal ini dapat menjalankan ribuan cek setiap detik karena desain multithreaded ketika sebagian besar alat pemantauan menjalankan pemeriksaan setiap beberapa menit. Jika Anda membutuhkan pemberitahuan cepat dari masalah sistem, ini adalah daerah lain di mana Icinga bersinar.

  1. Clustering dan Pemantauan Zona

Pengelompokan dan pemantauan zona kemampuan Icinga 2 hasil ketersediaan tinggi di beberapa tingkat yang berbeda. Hal ini memungkinkan arsitek untuk membuat hirarki didistribusikan sistem pemantauan mana cek dijalankan lokal untuk wilayah jaringan dan hanya hasilnya disampaikan kembali ke master.

Baca Juga  Tutorial Install Pi-Hole di Centos 7 dan Cara Menggunakannya

Dalam implementasi yang sangat besar ini menghilangkan beban dari master, membebaskan sumber daya untuk menghabiskan lebih banyak waktu pada rekaman, layar, dan pemberitahuan.

Icinga 2 juga mendukung skala tingkat perusahaan. node satelit dapat membentuk cluster ketersediaan tinggi dengan load balancing dan replikasi dikelola oleh zona misalnya aktif, memastikan Icinga2 yang mempertahankan ketersediaan sendiri untuk menyediakan data pemantauan.

  1. Konfigurasi & Template

Berbeda dari itu nagios nenek moyang, Icinga 2 baru-baru ini memperkenalkan, konfigurasi berbasis obyek, aturan-driven. Format konfigurasi mirip dengan Puppet dengan jelas “satu cara terbaik” untuk menciptakan aturan konfigurasi, memungkinkan untuk menghapus kebingungan pengguna yang ada dengan nagios hari ini.

Untuk membantu menyederhanakan konfigurasi beberapa host, Icinga 2 mendukung penggunaan template. Template yang digunakan untuk menerapkan layanan dan pemberitahuan ke host, atau downtime dan dependensi untuk layanan.

  1. Komunitas Open Source Terfokus

Alasan mengapa Icinga menciptakan produk pemantauan open source baru berdasarkan Nagios adalah karena mereka ingin menjadi lebih berfokus pada masyarakat dan adaptif terhadap dinamika kebutuhan pasar IT.

Meskipun Nagios adalah pemain yang kuat dalam ruang monitoring, Icinga mengidentifikasi beberapa titik rasa sakit yang mereka ingin mengatasi seperti UI, yang membingungkan Format konfigurasi dan skalabilitas keterbatasan. Bidang lain yang Icinga bersinar sebagai sebuah perusahaan adalah pola yang inovasi sering dan pertumbuhan, merilis versi baru setiap beberapa bulan, sambil mempertahankan kompatibilitas antara Icinga2 dan plugin nagios yang ada.

Begitu lah Pembahasan singkat tentang Icignas 2 yang mungkin blum kenal atau belum mengenal icigna 2 ini.

semoga bermanfaat.

Waalaikumsalam warahmarullahi wabarakatuh

Refrensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Icinga

Bagikan :
Irfan Maulana

Author: Irfan Maulana

Apa yang terlihat “buruk” saat ini, belum tentu menjadi “buruk” di masa depan_ begitu pula untuk sebuah kebaikan. ?