Mengenal Proxmox VE

Proxmox VE

Assalamu’alaikum Waroh Matullahi Wabarokatuh

Mengenal Proxmox VE, Mengapa Proxmox VE dan kenapa harus Proxmox VE.

Hai kawan-kawan beril.id, Buat kawan-kawan beril mungkin yang suka membuat server atau hanya ingin tahu dan menginstall tanpa harus menggunakan perangkat fisik mungkin familiar dengan Oracle Virtual Box atau VM Ware Workstation kan? nah itu adalah contoh virtualisasi.

Dengan Virtualisasi beberapa sistem operasi dapat berjalan secara bersamaan pada satu buah CPU (Central Prosessing UNit). Hal ini tentunya dapat mengurangi biaya yang dapat dikeluarkan oleh sebuah perusahaan dan tren ke depan virtualization ini akan banyak digunakan baik di perusahaan yang bergerak dibidang IT maupun yang tidak murni bergerak di bidang IT namun menggunakan IT sebagai sarana untuk memajukan usahanya.

Apasih Proxmox VE itu ?

Mengenal proxmox Ve untuk awal perkenalan, Proxmox VE merupakan kependekan dari Proxmox Virtual Environment. Proxmox VE (Virtual Environment) adalah sebuah distro Linux virtualisasi berbasis Debian ( 64 bit) yang mengusung OpenZV dan KVM, dengan KVM kita tidak hanya bisa menginstall linux saja akan tetapi Operating system windows pun bisa kita instal. Namun yang membuat istimewa dari proxmox adalah kemudahan dalam installasi dan administrasi berbasis Web.

Beberapa keuntungan menggunakan Proxmox sebagai berikut :

  1. Kinerja terbaik.
  2. Instalasi yang telah dioptimalkan, sehingga lebih cepat.
  3. Mudah dalam manajemen.
  4. Cocok untuk kelas Enterprise.

Proxmox juga dilengkapi dengan VNC Viewer sehingga jika Anda menginginkan virtualisai dengan lingkungan Desktop seperti windows juga Xwindow linux.

PVE ini juga dikenal sebagai type hypervisor. Hypervisor ini merupakan aplikasi yang dapat melakukan manajemen virtual machine. Hypervisor dapat membuat virtual machine ,  melakukan konfigurasi virtual machine, menjalankan virtual machine dan juga mengendalikan virtual machine ini. Proxmox VE ini merupakan type 2 hypervisor. Type 2 hypervisor adalah hypervisor yang berjalan di atas operating system. Sedangkan type 1 hypervisor adalah hypervisor yang langsung menangani perangkat keras tanpa melalui operating system.

Baca Juga  Tutorial Proxmox VE Step 2 User, Group, Permission, Role dan Pool

Comperasi Proxmox VE dengan dengan teknologi virtualisasi lainya.

Mengenal Proxmox VE

Demikian kawan-kawan beril untuk perkenalan singkat dengan proxmox VE dan mudah-mudahan dapat menambah wawasan kawan-kawan untuk mengenal apa itu proxmox VE. Step selanjut kita akan mencoba untuk install Proxmox VE 5.2 https://beril.id/tutorial-install-proxmox-ve/

Waalaikumsalam warahmarullahi wabarakatuh

Sumber : https://www.proxmox.com/en/proxmox-ve

Bagikan :
Irfan Maulana

Author: Irfan Maulana

Apa yang terlihat “buruk” saat ini, belum tentu menjadi “buruk” di masa depan_ begitu pula untuk sebuah kebaikan. ?