4 Situs Gratis untuk Mengecek Performa dan Kecepatan Website

4 Situs Gratis untuk Mengecek Performa dan Kecepatan Website

4 Situs Gratis untuk Mengecek Performa dan Kecepatan Website. Kecepatan sebuah website merupakan salah satu bagian penting agar para pengunjung tidak berpindah atau keluar dari website kita. Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan website diantaranya

  • Besarnya ukuran gambar pada sebuah halaman
  • Script website yang tidak berfungsi dengan baik
  • Iklan yang terlalu banyak
  • Respon server yang lambat

Dan masih ada beberapa lagi hal yang menyebabkan website menjadi lambat ketika diakses. Oleh sebab itu kita harus mengetahui berapa kecepatan pada website kita. Hal penyebab lambatnya website kita ketika diakses juga perlu diketahui.

Ada beberapa situs yang menyediakan jasa atau fitur untuk mengecek performa dan kecepatan website. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas beberapa situs gratis yang biasa saya gunakan untuk mengecek kecepatan pada website yang saya bangun. Berikut 4 untuk mengecek performa dan kecepatan website

  1. GTMetix
  2. Pingdom Tools
  3. Pagespeed Insights
  4. WebPageTest

Mari kita bahas satu per satu tools gratis untuk mengecek kecepatan website.

Cek Kecepatan Website dengan GTMetrix

GTMetrix merupakan sebuah website yang menyediakan fitur untuk mengecek kecepatan dan performa website. Dengan menggunakan GTMetrix, anda akan mendapat informasi mengenai Load Time sebuah halaman, Ukuran Halaman Website, dan total request yang dilakukan oleh website.

Anda juga dapat memilih asal regional percobaan dan pengetesan pada website anda. Regional yang dapat anda pilih adalah Canada, UK, Australia, USA, India, Brazil dan China. Silahkan anda kunjungi website GTMetrix untuk memulai pengecekan kecepatan dan performa website anda.

Mengecek Kecepatan Website dengan GTMetrix
Mengecek Kecepatan Website dengan GTMetrix

Hal terbaik yang dapat diinformasikan oleh GTMetrix adalah GTMetrix memberikan rekomendasi atas penilaian performa website anda. GTMetrix memberikan informasi hal apa saja yang harus anda perbaiki untuk meningkatkan kecepatan pada website.

Informasi performa tersebut dimulai dari Grade F dimana hal tersebut harus diperbaiki karena memiliki kualitas yang buruk atau bisa juga berarti fitur tersebut belum terinstall di website. Sedangkan Grade A berarti anda sudah berada di konfigurasi yang tepat dan tidak perlu diperbaiki untuk meningkatkan kecepatan website.

Baca Juga  SMTP Server OpenSource Terbaik

Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan hasil pengecekan performa website beril.id

Hasil Mengecek Kecepatan Website dengan GTMetrix
Hasil Mengecek Kecepatan Website dengan GTMetrix

Perhatikan Tab PageSpeed dan Yslow, tab tersebut berisikan rekomendasi atau saran apa saja yang harus anda perbaiki. Klik bagian yang masih memiliki nilai C keatas. Maka akan tampil detail informasi yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kecepatan website.

Cek Kecepatan Website dengan Pingdom Tools

Tidak ada seorangpun yang suka dengan website yang lambat ketika diakses. Oleh karena itu, apabila kita tidak ingin kehilangan para pengunjung website, saya sarankan untuk segera mengecek performa dan kecepatan website anda.

Salah satu situs atau tools untuk mengecek performa website adalah Pingdom. Pingdom menyediakan sebuah tools untuk mengecek load time sebuah halaman, menganalisa halaman dan mencari kesalahan yang ada di website.

Pingdom Tools juga menyediakan banyak pilihan regional untuk melakukan pengecekan performa dan kecepatan website. Untuk mengecek load time website dengan Pindom Tools, caranya cukup mudah.

Anda hanya perlu mengunjungi website Pingdom Tools. Langkah selanjutnya isikan alamat website anda dan pilih server testnya. Klik Start Test untuk mengecek performa dan kecepatan website.

Mengecek Performa Website dengan Pingdom Tools
Mengecek Performa Website dengan Pingdom Tools

Hasilnya bisa anda lihat seperti pada gambar dibawah ini. Terdapat performance grade, page size, load time dan total request website. Usahakan hasilnya adalah dibawah 3 detik. Karena rata – rata website dianggap cepat adalah website yang diakses dengan kecepatan dibawah 3 detik.

Hasil Mengecek Performa Website dengan Pingdom Tools
Hasil Mengecek Performa Website dengan Pingdom Tools

Ikuti saran dari Pingdom Tools seperti use cookie free domain, add expires header, compress component with gzip dan lain sebagainya. Kalian bisa googling bagaimana cara menerapkannya. Pada kesempatan kali ini saya tidak menjelaskan satu persatu saran dari pingdom tools tersebut. Jadi nantikan terus di beril.id ya.

Cek Performa Website dengan Pagespeed Insights

Situs selanjutnya untuk mengecek performa dan kecepatan website adalah Pagespeed Insights. Pagespeed Insights merupakan situs yang disediakan oleh Google untuk menganalisa website kita baik dari segi performa maupun kecepatannya.

Informasi yang diberikan Pagespeed Insights bisa dibilang lebih lengkap dari situs atau tools untuk mengecek performa website sebelumnya. Hal ini dikarenakan Pagespeed Insights juga mengeluarkan hasil analisa untuk versi mobile untuk website.

Baca Juga  Cara backup database otomatis dengan MySQL Backup FTP

Indikator dan saran perbaikannya pun cukup jelas diberikan. Anda tinggal mengikuti saran dan langkah perbaikannya saja. Silahkan anda coba menggunakannya dengan mengunjungi website Pagespeed Insights seperti pada gambar dibawah ini.

Mengecek Kecepatan Website dengan pagespeed insights google
Mengecek Kecepatan Website dengan pagespeed insights google

Anda hanya tinggal menunggu beberapa menit saja. Selanjutnya hasil analisa website anda akan muncul dalam versi mobile dan desktop. Walau cukup susah untuk mendapatkan hasil terbaik versi mobile.

Hasil Cek Website dengan pagespeed insights google versi mobile
Hasil Cek Website dengan pagespeed insights google versi mobile

Beril.id sendiri hanya mendapatkan nilai 47 untuk versi mobile dan 87 untuk versi desktop. Yang mana untuk versi mobile masih banyak yang harus diperbaiki dan ditingkatkan.

Hasil Cek Website dengan pagespeed insights google
Hasil Cek Website dengan pagespeed insights google

Cek Performa Website dengan WebPageTest

Satu lagi situs yang menyediakan tools untuk mengecek performa dan kecepatan website. WebPageTest merupakan penyedia tools untuk mengecek kecepatan website secara gratis.

Berbeda dengan tools sebelumnya, pada WebPageTest anda dapat memilih device untuk melakukan pengecekan performa website. Pilihan pengecekannya pun cukup beragam yaitu, advanced testing, simple testing visual comparison dan traceroute.

Untuk memulai pengecekan kecepatan website anda hanya tinggal mengunjungi situs WebPageTest. Dan kemudian isikan domain anda serta pilihan device yang ingin anda gunakan untuk melakukan uji coba tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini untuk contoh mengecek kecepatan website beril.id

Situs Mengecek Kecepatan Website dengan webpagetest
Situs Mengecek Kecepatan Website dengan webpagetest

Hasil yang diinformasikan juga sangat lengkap dibanding dengan beberapa website atau situs pengecekan kecepatan website sebelumnya. Ada 6 indikator yang dinilai oleh WebPageTest seperti First Byte Time, Keep-Alive Enabled, Compress Transfer, Compress Image, Cache Static Content dan Effective use of CDN.

Hasil Cek Website dengan webpagetest
Hasil Cek Website dengan webpagetest

Usahakan anda mendapat nilai A atau minimal B. website Beril.id sendiri masih ada yang mendapat Nilai F pada First Byte Time. First Byte Time merupakan waktu pertama kali server atau hosting merespon permintaan akan website kita.

Hal ini berarti website beril.id cukup lama saat merespon permintaan pertama dari pengunjung. Untuk indikator WebPageTest lainnya, silahkan anda explore sendiri. Jangan malas untuk baca di google ya.

Demikian penjelasan mengenai 4 situs gratis untuk mengecek performa dan kecepatan website kita. Semoga dengan adanya artikel ini pengetahuan anda mengenai optimize website menjadi bertambah.

Baca Juga  Sejarah Singkat Linux

Bagikan artikel ini jika menurut kalian bermanfaat untuk teman – teman kalian. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-