Cara Menambahkan Plugin Live Chat Gratis Tawk.to di WordPress

Cara Menambahkan Plugin Live Chat Gratis Tawkto di Website

Sebagai pemula yang sedang belajar mengembangkan website dengan menggunakan WordPress, tentu saja masih banyak kesulitan dan merasa asing dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Termasuk dalam menambahkan beberapa plugins sebagai penunjang fungsi website agar lebih profesional. Untuk menambahkan plugins baru, sebenarnya tidak sesulit seperti yang anda bayangkan.

Contohnya saja jika anda ingin menambahkan menu chat Tawk.to sebagai alat komunikasi yang digemari para pemilik website guna memaksimalkan pelayanan kepada para konsumennya.

Jika anda ingin mengetahui bagaimana caranya, yuk simak penjelasan di bawah ini mengenai bagaimana Cara Menambahkan Plugin Live Chat Gratis Tawk.to di WordPress. Berikut ini ulasan lengkapnya!

Login Terlebih Dahulu di WordPress

Langkah pertama yang bisa anda lakukan dalam Tutorial Menambahkan Plugin Live Chat Gratis Tawk.to di WordPress adalah dengan cara melakukan login terlebih dahulu pada website yang akan dipasang menu chat Tawk.to. Proses ini memang wajib dilakukan sebelum mengelola halaman – halaman di WordPress.

tampilan login
tampilan login

Masuk ke Menu Plugins

Jika anda ingin melakukan penambahan plugin baru, prosesnya pasti melewati poin nomer 2 ini. Bagi anda yang belum tahu, silahkan cari menu plugins ini di tampilan layar anda pada bagian kiri layar. Carilah satu persatu, pasti ada kok.

Dashboard WordPress
Dashboard WordPress

Jika anda sudah menemukannya, jangan ragu untuk mengkliknya saja, agar bisa lanjut ke tampilan berikutnya. Pada halaman selanjutnya, anda akan menemukan yang namanya button “Add New” (menambahkan baru). Jangan ragu lagi untuk mengkliknya.

Tampilan Daftar Plugins
Tampilan Daftar Plugins

Nah tampilan di atas merupakan halaman yang bisa anda gunakan untuk menemukan dimana plugins Tawk.to berada dan bisa langsung anda instal dengan sangat mudah.

Baca Juga  Cara Mengganti Tema atau Template di Wordpress

Cari Plugin Tawk.to Untuk Melakukan Proses Install

Selanjutnya anda bisa ketikkan “Tawk.to” pada kolom pencarian plugins pada bagian kanan atas dari layar laptop anda. Jika sudah tunggu beberapa saat, pasti akan muncul.

Search Plugins Twakto
Search Plugins Twakto

Yang akan diinstal kali ini adalah “Tawk.to Live Chat”. Anda bisa perhatikan dengan baik plugins yang dimaksudkan agar tidak salah instal.

Proses Install Plugins Tawk.to

Untuk melakukan penginstalan plugins Tawk.to sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda hanya perlu mengklik menu yang saya berikan anak panah di atas. Pada tampilan di atas keterangannya “Active” karena memang sudah saya instal sebelumnya, namun anda tidak perlu khawatir. Anda juga bisa memperhatikan plugins yang ada di sampingnya agar lebih paham yang saya maksudkan.

Silahkan klik menu instal untuk melakukan penginstalan dan tunggu beberapa saat sampai muncul keterangan “Activate”. Jika sudah muncul keterangan Activate, menandakan bahwa proses instal sudah berhasil dan sekaranglah saatnya anda mengaktifkan plugins tersebut agar bisa digunakan.

Lanjutkan dengan mengklik menu Activate dan tunggu beberapa saat sampai muncul menu “Active”. Nah setelah berhasil anda bisa kembali ke menu plugins yang sudah saya ajarkan sebelumnya. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa plugins Tawk.to benar – benar berhasil terinstal.

Tampilan Daftar Plugins yang Sudah Terinstal
Tampilan Daftar Plugins yang Sudah Terinstal

Anda bisa perhatikan tampilan gambar di atas, pada bagian yang saya berikan tanda panah, merupakah daftar dari plugins yang sudah pernah di Instal.

Proses Pengecekan Tawk.to yang Sudah Terinstall

Untuk melakukan pengecekan plugins Tawkto sudah benar – benar terinstall atau belum, maka anda bisa perhatikan tampilan gambar di bawah ini.

Plugins Tawkto yang Berhasil Terinstal
Plugins Tawkto yang Berhasil Terinstal

Setelah anda cari pada kolom pencarian yang berada di bagian kanan atas tampilan, maka akan muncul plugins yang sudah anda instal sebelumnya. Jika memang tidak ada muncul, proses instal yang anda lakukan gagal. Coba untuk melakukan proses penginstalan kembali seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelunya.

Baca Juga  Tutorial Menambahkan Templates Mikrotik di Zabbix

Perhatikan pula tanda kotak yang saya berikan, disitu tertera keterangan “Deactive” yang berfungsi untuk menonaktifkan plugins jika suatu hari anda tidak ingin menggunakannya lagi.

Lakukan Pendaftaran Akun di Situs Resmi Tawk.to

Selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran akun baru di situs resmi Tawk.to agar bisa digunakan. Anda bisa kunjungi situsnya : https://dashboard.tawk.to/signup

Pembuatan Akun Baru di Tawkto
Pembuatan Akun Baru di Tawkto

Silahkan isi data nama pengguna, alamat email yang biasa anda gunakan dan password. Kemudian anda klik saja button “Signup for free” berwarna hijau sesuai dengan tampilan di atas.

Ambil Kode Tawk.to untuk Dipasang Pada Website Anda

Setelah berhasil masuk ke dashboard Tawk.to menggunakan akun baru yang sudah anda daftarkan sebelumnya, kini saatnya anda mengambil kode khusus yang sudah disiapkan oleh sistem Tawk.to agar bisa dipasang pada website anda. Anda bisa mendapatkan kode yang dimaksud tersebut pada menu “Admin” yang berada di dashboard Tawk.to.

Widget Kode Tawkto
Widget Kode Tawkto

Perhatikan tampilan gambar di atas, anda bisa klik menu yang berwarna hijau (admin) untuk melihat kodenya. Silahkan copy kode yang saya berikan tanda panah tersebut pada akun Tawkto anda.

Setting Tawkto Agar Bisa Digunakan Di Website Anda

Sekarang kembali ke dashboard website anda, silahkan cari menu “Appearance”, kemudian pilih “Widget”.

Masuk ke Menu Appearance dan Widget
Masuk ke Menu Appearance dan Widget

Silahkan klik Widget yang sudah saya tandai dengan anak panah. Tunggu beberapa saat. Bisa anda perhatikan tampilan gambar di atas dan klik menu “Text”.

Tampilan Penambahan Widget
Tampilan Penambahan Widget

Pilih Right Sidebar (untuk tampilan sebelah kanan) atau pilih Left Sidebar (untuk tampilan sebelah kiri), kemudian klik menu “Add Widget”. Setelah tampil gambar seperti di bawah ini, silahkan paste kan kode Tawkto yang sudah anda copy sebelumnya pada lembar kerja dan kosongkan bagian titlenya. Kemudian klik “Save” dan selesai.

Tampilan Paste Kode Tawkto Pada WordPress
Tampilan Paste Kode Tawkto Pada WordPress

Tampilan Live Chat Tawk.to Pada Website Anda

Setelah proses penyetingan dianggap selesai semua, anda bisa perhatikan tampilan website yang sudah anda pasangkan plugins Tawkto sekarang. Silahkan kunjungi situs website anda tersebut. Di bawah ini adalah contoh tampilannya.

Baca Juga  Tutorial Menambahkan Plugin Baru di Wordpress
Cara Menambahkan Plugin Live Chat Gratis Tawkto di WordPress
Plugin Live Chat Gratis Tawkto di WordPress

Nah setelah menyimak ulasan yang saya berikan di atas mengenai langkah demi langkah tutorial menambahkan menu chat Tawkto di WordPress di atas, saya harap anda mendapatkan ilmu baru yang bisa diaplikasikan dalam membantu operasional bisnisnya. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba ya.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-