Konfigurasi Size Attach Email Di Postfix

Apa itu postfix Konfigurasi Postfix Dengan SMTP-AUTH dan TLS/SSL di Centos 6.9

Assalamu’alaikum Waroh Matullahi Wabarokatuh

Hai kawan-kawan beril.id saat ini saya ingin memberikan tutorial atau trik untuk Konfigurasi Size Attach Email Di Postfix yang mungkin belum tahu atau mungkin ada kasus seperti saya ini.

Baru-baru ada kendala dengan mengirim email yang memilih size lebih dari 10Mb karena postfix secara default mengatur untuk attachment tidak lebih dari 10Mb. Mungkin kawan-kawan mempunyai masalah ini denga mail servernya baik yang di gabung atau terpisah pop3 dan MTA/SMTPnya, kita akan mencoba untuk membuat lebih besar untuk attachment yang bisa lewat di mail server kita khususnya postfix.

Contoh kasus mengirim email karena size ke besaran jadi email akan bounced

Opsi konfigurasi adalah “message_size_limit” dan secara default diatur ke 10240000 byte yang kira-kira 10MB. Anda dapat melihat apa yang mengatur instalasi postfix Anda saat ini menggunakan dengan mengeluarkan perintah berikut:

# postconf | grep message_size_limit

Hanya melakukan “postconf” sendiri akan menampilkan semua opsi sehingga menggunakan grep pada “message_size_limit” menyaring keluaran hanya ke pengaturan yang kita inginkan. Untuk pengaturan default, Anda akan melihat ini:

# message_size_limit = 10240000

Untuk mengubah pengaturan ke beberapa nilai lain, buka file main.cf di editor teks favorit Anda (sering berada di lokasi seperti /etc/postfix/main.cf) dan edit atau tambahkan baris berikut, tergantung apakah sudah ada di file atau tidak.

# message_size_limit = 20480000

Dalam contoh di atas saya telah mengubahnya menjadi ~ 20MB.

Kemudian restart service postfix :

# Service postfix restart

Dan kita test kembali untuk mengirim email dengan attachment lebih dari 10MB jangan lupa untuk selalu melihat log di server karena dari log semua akan kelihatan.

# tail –f /var/log/maillog

Semoga berhasil dan dapat bermanfaat, menambah ilmu dan wawaskan kawan-kawan beril.

Waalaikumsalam warahmarullahi wabarakatuh

# Tutorial Install Postfix – https://beril.id/install-postfix-centos-rhel-7-6-5/

Bagikan :
Irfan Maulana

Author: Irfan Maulana

Apa yang terlihat “buruk” saat ini, belum tentu menjadi “buruk” di masa depan_ begitu pula untuk sebuah kebaikan. ?