Tutorial Install Pi-Hole di Centos 7 dan Cara Menggunakannya

Install Pi-Hole Centos 7

Assallamualaikum WR WB. Hai sahabat-sahabat beril.id kali ini saya ingin memperkenalkan software yang lumayan ringan dan pas. Saya akan mencoba memperkenalkan PI-hole dari Raspberry Pi. Pi-Hole berguna untuk kebutuhan filtering konten – konten atau iklan yang tidak ingin kita lihat di jendela browser kita dan juga bisa sebagai firewall untuk memblock situs – situs yang mungkin berbahaya atau tidak layak di kunjungi.

Apa itu PI-Hole?

Pi-hole adalah aplikasi network – level advertisement dan pelacak Internet level jaringan linux yang bertindak sebagai sinkhole DNS (dan opsional server DHCP), dimaksudkan untuk digunakan pada jaringan pribadi atau perkantoran. Pi-Hole dirancang untuk digunakan pada perangkat yang disematkan dengan kemampuan jaringan, seperti Raspberry Pi. Tetapi dapat digunakan pada mesin lain yang menjalankan Linux dan implementasi cloud.

Sejarah PI-Hole

Proyek Pi-hole dibuat oleh Jacob Salmela sebagai alternatif sumber terbuka untuk AdTrap pada tahun 2014 dan di host di GitHub. Sejak itu, beberapa kontributor telah bergabung dengan proyek ini, terutama (berdasarkan jumlah komitmen pada Mei 2018) dschaper , PromoFaux dan DL6ER.

Fitur PI-Hole

Pi-hole memanfaatkan dnsmasq , cURL , lighttpd , PHP dan AdminLTE Dashboard untuk memblokir permintaan DNS untuk pelacakan yang dikenal dan domain periklanan. Aplikasi berfungsi sebagai server DNS untuk jaringan pribadi (menggantikan server DNS yang sudah ada sebelumnya yang disediakan oleh perangkat lain atau ISP), dengan kemampuan untuk memblokir iklan dan melacak domain untuk perangkat pengguna.

Pi-Hole memperoleh daftar domain iklan dan pelacakan dari sumber yang telah ditentukan (yang dapat dimodifikasi oleh pengguna) yang digunakan Pi-Hole untuk membandingkan permintaan DNS. Jika kecocokan ditemukan dalam salah satu daftar, atau daftar hitam pengguna, Pi-Hole akan menolak untuk menyelesaikan domain yang diminta dan menanggapi perangkat yang meminta dengan halaman web kosong.

Baca Juga  Konfigurasi Virtual Host atau Server Block di Web Server Nginx

Perbedaan Pi-Hole dengan Pemblokir Iklan Tradisional

Pi-hole berfungsi mirip dengan firewall jaringan, artinya iklan dan domain pelacakan diblokir untuk semua perangkat di belakangnya. Sedangkan pemblokir iklan tradisional hanya berjalan di browser pengguna, dan menghapus iklan hanya pada mesin yang sama.

Install Pi-Hole di Centos 7

Install Centos 7 Minimal

Langkah Pertama yang pasti kita siapkan terlebih dahulu OS Linux centos 7 minimum Installasi dan janga lupa untuk update dan menambahkan pendukung untuk pi-hole ini.

  1. yum install -y wget yum-utils
  2. wget https://dl.fedoraproject.org/pub/epel/epel-release-latest-7.noarch.rpm
    wget https://rpms.remirepo.net/enterprise/remi-release-7.rpm
  3. yum install -y remi-release-7.rpm epel-release-latest-7.noarch.rpm
  4. yum –y update && reboot.

Jika sudah mengikuti langkah diatas, maka os linux dengan centos 7 telah siap anda gunakan untuk menginstall Pi-Hole.

Install Pi-Hole

Langkah selanjutny adalah melakukan install PI-hole di Centos 7 minimal yang telah kita install sebelumnya. Berikut ini langkah – langkah untuk melakukan Install Pi-Hole di Centos 7.

# curl -sSL https://install.pi-hole.net | sed s/'procps-ng'/'procps'/g | sed s/'nmap-ncat'/'nc'/g | bash

Install pi-hole raspberry centos 7

Install pi-hole raspberry centos 7

Install pi-hole raspberry centos 7

Install pi-hole raspberry centos 7

Install pi-hole raspberry centos 7

Install pi-hole raspberry centos 7

Install pi-hole raspberry centos 7

Install pi-hole raspberry centos 7

Setelah anda mengikuti langkah – langkah pada gambar diatas maka proses instalasi berhasil di lakukan. Langkah selanjutnya tinggal kita mencoba untuk login ke halaman admin Pi-Hole.

Login Pi-Hole

Silahkan anda akses ip address PI-Hole dengan slash admin seperti http://ip-pi-hole-anda/admin. Untuk password kita bisa menggunakan password yang sudah di buatkan default atau ingin membuat sendiri passwordnya dengan menggunakan command berikut ini :

# pihole -a -p
Enter New Password (Blank for no password):
Confirm Password:
[✓] New password set

Jika anda sudah melakukan setting password di Pi-Hole, silahkan anda mengecek status Pi-Hole anda. Langkahnya dengan mengetikkan seperti dibawah ini

# pihole status
[✓] DNS service is running
[✓] Pi-hole blocking is Enabled

Restart Pi-Hole

Untuk melakukan restart sistem Pi-Hole maka anda perlu mengetikkan restartdns. Silahkan ketikkan seperti dibawah ini.

# pi-hole restartdns

Reconfigure Pi-Hole

Jika anda memiliki kebutuhan untuk melakukan reconfigure atau konfigurasi ulang pada Pi-Hole anda. Anda tinggal mengetikkan saja script dibawah ini.

# pi-hole -r

Menambahkan Whitelist di Pi-Hole

Apabila anda ingin menambahkan list situs atau website yang tidak ingin di blokir oleh Pi-Hole, anda perlu memasukkan alamat situs atau website tersebut kedalam whitelist Pi-Hole.

Baca Juga  Sejarah Openstack

Caranya cukup mudah silahkan ketikkan seperti dibawah ini. Pada contoh kali ini saya akan melakukan whitelist terhadap situs republika. Jadi saya akan mengetikkan berikut ini

# pihole -w republika.co.id

Maka akan tampil proses pengecekan apakah republika termasuk dari blacklist atau tidak. jika semua berjalan dengan baik maka dns Pi-Hole akan restart secara otomatis. Dibawah ini adalah proses penambahan whitelist dan pengecekan blacklist di Pi-Hole

[i] Adding republika.co.id to whitelist...
[i] republika.co.id does not exist in blacklist, no need to remove!
[i] republika.co.id does not exist in wildcard blacklist, no need to remove!
[i] Using cached Event Horizon list...
[i] 132404 unique domains trapped in the Event Horizon
[i] Number of whitelisted domains: 1
[i] Number of blacklisted domains: 0
[✓] Parsing domains into hosts format
[✓] Cleaning up stray matter
[✓] Force-reloading DNS service
[✓] DNS service is running
[✓] Pi-hole blocking is Enabled

Anda juga dapat melakukan whitelist situs atau website melalui Graphic User Interface (GUI). Perhatikan gambar dibawah ini.

Uninstall Pi-Hole

Kemudian jika anda ingin melakukan uninstall atau menghapus Pi-Hole dari sistem operasi Linux Centos 7 anda, caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal mengetikkan script seperti dibawah ini. Maka Pi-Hole anda akan terhapus.

# pi-hole uninstall

Demikian tutorial install Pi-Hole di Centos 7 dan cara penggunaannya untuk melakukan blokir website dengan Raspberry. Selamat mencoba kawan-kawan mungkin memang ada kebutuhan untuk filtering atau firewall yang tidak harus menggunakan High CPU mungkin ini merupakan solusi terbaik atau bisa juga menggunakan DNS Unbound serta blokir youtube dengan mikrotik.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Bagikan :
Irfan Maulana

Author: Irfan Maulana

Apa yang terlihat “buruk” saat ini, belum tentu menjadi “buruk” di masa depan_ begitu pula untuk sebuah kebaikan. 😊