Instalasi Mail Server Zimbra 8.6 Open Source pada CentOS 6.10

Instalasi-Mail-Server-Zimbra-8.6-di-Centos-6.10

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Instalasi Mail Server Zimbra, Hai….kawan-kawan beril apakabarnya neh setelah kemarin kita coba-coba install mail server menggunakan iRedmail di Centos 7 https://beril.id/tutorial-install-iredmail-on-centos-7/ nah sekarang kita mau coba neh Instalasi Mail Server Zimbra 8.6 Open Source pada CentOS 6.10 mungkin nanti ada kebutuhan dari perusahaan atau teman-teman beril yang ingin menginstall zimbra ini untuk oprasional kantor bisa saja mengikuti tutorial di bawah ini.

Cuz lah kita langsung ke TKP. Bismillahirrohmanirrohim…

Requirements

Sebuah software pasti memiliki persyaratan teknis agar software tersebut dapat berjalan dengan optimal, termasuk spesifikasi hardware. Berikut merupakan hardware requirement yang dibutuhkan agar Zimbra dapat berjalan optimal :

  • Processor Dual Core (minimal) atau lebih tinggi.
  • RAM 2 GB (minimal). Lebih optimal jika menggunakan RAM 4 GB atau lebih.
  • LAN Gigabit Ethernet (recomended).
  • Hard Disk > 100 GB (tergantung banyaknya user)

Disable Service

Kita akan mendisable beberapa service dan mungkin meremove service yang sudah ada karena akan konflik atau bentrok dengan zimbra yang ingin kita install.

Ikuti langkah-langkah berikut :

Disable Postfix dan iptables.

# service iptables stop
# service postfix stop
# chkconfig postfix off
# chkconfig iptables off
# yum –y remove postfix

Edit file /etc/selinux/config untuk disable SELinux.

# vi / nano /etc/selinux/config

Cari dan ubah bagian berikut :

SELINUX=disabled

Apabila sudah di edit sesuai dengan di atas Restart CentOS dengan perintah :

# reboot

Install Package yang dibutuhkan

Sebelum melakukan Instalasi Mail Server Zimbra, kita perlu melakukan instalasi package-package pada CentOS yang dibutuhkan oleh Zimbra. Jalankan perintah berikut :

# yum -y install perl perl-core wget screen w3m elinks unzip nmap sed nc sysstat libaio rsync telnet aspell libtool-ltdl compat-libstdc++*

Instalasi Zimbra 8.6 Open Source Edition

Untuk melakukan Instalasi Mail Server Zimbra, kita harus download terlebih dahulu package Zimbra 8.6 Open Source Edition. Download package bisa dilakukan langsung dari CentOS atau download manual dari komputer lain.

Baca Juga  Install Postfix Centos/RHEL 7/6/5

Untuk download langsung melalui CentOS, bisa dicoba perintah berikut :

# wget https://files.zimbra.com/downloads/8.6.0_GA/zcs-8.6.0_GA_1153.RHEL6_64.20141215151155.tgz

Atau jika ingin download secara manual, bisa klik link berikut : Download Zimbra Open Source Edition

Setelah kita download package Zimbra, extract file tersebut dengan perintah :

# tar -xzvf zcs-8.6.0_GA_1153.RHEL6_64.20141215151155.tgz
# cd zcs-8.6.0_GA_1153.RHEL6_64.20141215151155/
# ./install.sh

Tunggu sesaat, kemudian akan muncul pesan Terms & Agreement. ketik Y seperti contoh di bawah :

Mail Server Zimbra

Do you agree with the terms of the software license agreement? [N] Y

Setelah itu, akan muncul pilihan package Zimbra yang akan di-install. Jika belum yakin dengan package yang akan dipilih, sesuaikan dengan pilihan seperti contoh di bawah (Y jika ingin di-install, N jika tidak ingin di-install) :

Ketik Y kembali untuk menyetujui pilihan package.

Langkah Selanjutnya.

Tunggu beberapa saat, hingga akan muncul error seperti di bawah. Error ini terjadi karena secara default zimbra akan membuat domain email menggunakan hostname server kita (contoh : user@mail.beril.id ) sedangkan kita membutuhkan alamat email dengan domain utama (contoh : user@beril.id ). Berarti, pada tahap ini kita cukup pilih Yes untuk mengubah domain dan mengisinya dengan nama domain utama yang akan digunakan.

DNS ERROR resolving MX for mail.beril.id

It is suggested that the domain name have an MX record configured in DNS

Change domain name? [Yes]

Create domain: [mail.beril.id] beril.id

Setelah proses perubahan domain tadi, akan muncul Configuration Menu seperti contoh di bawah. Di sini kita hanya perlu menentukan password untuk user admin Zimbra. Ketik angka 6 dan [Enter] untuk masuk ke menu zimbra-store.

Address unconfigured (**) items (? – help) 6

Pada menu zimbra-store, ketik 4 dan [Enter], lalu masukkan password untuk admin Zimbra (misalnya: b3riL2018. Setelah selesai memasukkan password admin, kembali ke menu sebelumnya dengan mengetik ‘r’ dan [Enter].

Select, or 'r' for previous menu [r] 4

Password for admin@beril.id (min 6 characters): [sKXUAUCw] b3r1l2018

Select, or 'r' for previous menu [r] r

Dari menu konfigurasi di atas, dapat kita sadari bahwa Zimbra membuat sebuah akun email admin@beril.id pada saat instalasi, yang berfungsi baik sebagai user email biasa, maupun sebagai user untuk urusan administrasi dan konfigurasi Zimbra.
Kembali ke Configuration Menu, ketik ‘a’ [Enter] untuk apply hasil konfigurasi password, kemudian ketik “Yes” dan [Enter] untuk save konfigurasi. Tekan [Enter] kembali untuk menyimpan file konfigurasi, lalu ketik ‘Yes’ dan [Enter] lagi untuk konfirmasi perubahan pada sistem.

Baca Juga  Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri di Cpanel

Tunggu prosesnya hingga muncul permintaan notifikasi instalasi Zimbra. Ketik ‘No’ dan [Enter].

Tunggu kembali proses instalasinya hingga selesai, hingga muncul pesan berikut. Tekan [Enter].

Web Interface Zimbra

Admin Web Console

Setelah proses Instalasi Mail Server Zimbra selesai, kita dapat langsung mengakses Zimbra Admin Console melalui browser dengan alamat https://mail.beril.id:7071 jika menggunakan alamat domain (DNS).

Jika ada security warning dari browser, abaikan saja. Hal ini terjadi karena Zimbra yang kita install tidak memiliki certificate HTTPS berbayar.

Login menuju Admin Console menggunakan user admin dengan password yang sudah kita set pada saat instalasi. Berikut tampilan login dan halaman utama Admin Console :

Pada Admin Console ini kita bisa melakukan penambahan user dan group email (distribution list), melakukan konfigurasi server dan domain, serta dapat melakukan monitoring seperti service yang berjalan, antrian email, statistik penggunaan email, dll.

Web Mail Client

Web mail client dapat diakses oleh setiap pengguna melalui alamat http://mail.beril.id jika menggunakan alamat pada DNS. Berikut tampilan web mail client Zimbra :

Apabila sudah bisa di access dan tidak ada kedala berarti untuk tahap instalasi telah berjalan dengan baik, Semoga berhasil dan dapat bermanfaat, menambah ilmu dan wawaskan kawan-kawan beril.

Waalaikumsalam warahmarullahi wabarakatuh

Bagikan :
Irfan Maulana

Author: Irfan Maulana

Apa yang terlihat “buruk” saat ini, belum tentu menjadi “buruk” di masa depan_ begitu pula untuk sebuah kebaikan. ?