Distro Linux Server 2018

Assalamu’alaikum Waroh Matullahi Wabarokatuh

5 Distro Linux Server Favorit di Tahun 2018. Hai kawan-kawan beril dah pertengahan 2018 saja neh mungkin ada yg belum tau atau mungkin masih awam di dunia linux dan bingung mau pilih OS linux yang mana dan mungkin cocok di gunakan untuk kawan-kawan mungkin pembahasan ini bisa jadi refresi buat kawan-kawan untuk memilih Distro Linux Server 2018 mana yang bisa di gunakan.

Linux adalah calon yang ideal untuk menyiapkan server Anda sendiri. Komunitas pengembang di balik setiap distribusi Linux (distro) secara teratur meninjau kode sumber dari OS yang mereka pilih untuk memastikan itu bebas dari bug.

Daftar Isi

List Distro Linux Server Favorit di 2018

Debian

Distro Linux Server

Debian Dengan lebih dari 23 tahun di ekosistem Linux, Debian menonjol karena siklus rilisnya yang kuat, stabil, dan baik. Selain itu, distribusi dengan jumlah paket terbesar yang tersedia dan salah satu pilihan teratas untuk server.

Rilis stabil saat ini (versi 8, nama kode Jessie) akan digantikan oleh Debian 9 (codename Stretch) sekitar pertengahan 2017. Tidak ada tanda-tanda Debian kembali ke SysVinit lama sebagai sistem default dan manajer proses.

Ada tiga cabang Debian, bernama ‘Unstable’, ‘Testing’ dan ‘Stable’. Untuk menjadi bagian dari rilis saat Stabil, paket harus telah ditinjau untuk beberapa bulan sebagai bagian dari rilis Testing. Hal ini menyebabkan sistem yang jauh lebih handal – tapi jangan berharap Debian untuk menggabungkan banyak software sebagai hasilnya.

Anda bisa memulai dengan Debian menggunakan minimal Jaringan image Bootyang kurang dari 30MB dalam ukuran. Untuk setup lebih cepat, download installer jaringan yang lebih besar yang hanya di bawah 300MB berisi lebih paket.

Sialhkan Download Linux Server Debian.

Ubuntu

Sementara Ubuntu terkenal karena membawa Linux desktop kepada massa, varian Server-nya juga sangat kompetitif. Canonical, perusahaan di balik Ubuntu, telah mengembangkan LTS (Long Term Support) versi Ubuntu Server, Yang seperti rasa desktop yang dapat diperbarui hingga lima tahun setelah tanggal rilis, menyelamatkan Anda kesulitan upgrade server Anda berulang kali. Canonical juga secara berkala merilis versi Ubuntu Server pada saat yang sama sebagai terbaru desktop yang distro (yaitu 18,04).

Baca Juga  Yuk belajar Install dan konfigurasi Cacti di Ubuntu Server 16.04

Jika Anda berniat membangun platform cloud Anda sendiri, Anda juga dapat men-download Ubuntu Cloud Server. Canonical mengklaim bahwa lebih dari 55% dari awan OpenStack sudah berjalan di Ubuntu. Untuk biaya, Canonical bahkan akan mendirikancloud berhasil untuk Anda menggunakan BootStack.

Silahkan Download Ubuntu Server disini

OpenSUSE

OpenSUSE (Sebelumnya SUSE Linux) adalah sebuah distro Linux yang khusus dirancang untuk pengembang dan admin sistem yang ingin menjalankan server mereka sendiri. Yang mudah digunakan installer dapat dikonfigurasi untuk menggunakan ‘Teks Mode’ daripada menginstal lingkungan desktop untuk mendapatkan server Anda dan berjalan.

OpenSUSE secara otomatis akan mendownload minimum paket yang diperlukan untuk Anda, yang berarti hanya perangkat lunak penting diinstal. The YaST Control Center memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi pengaturan jaringan, seperti mendirikan IP statis untuk server Anda. Anda juga dapat menggunakan dibangun di Zypper manajer paket untuk men-download dan menginstal perangkat lunak server penting seperti postfix.

Silahkan Download Linux Server OpenSUSE disini

Server Fedora

Fedora adalah sistem operasi masyarakat dikembangkan berdasarkan komersial distro Linux Red Hat. Fedora Serveradalah implementasi khusus dari OS, yang memungkinkan Anda untuk menyebarkan dan mengelola server Anda menggunakan alat Rolekit. Sistem operasi juga termasuk kuat PostgreSQL Database Server.

Fedora Server juga mencakup FreeIPA, Memungkinkan Anda untuk mengelola kredensial otentikasi, informasi kontrol akses dan melakukan audit dari satu lokasi pusat.

Anda dapat men-download penuh 2.3GB ISO image Fedora Server menggunakan link di bawah ini. Halaman yang sama berisi link ke minimal 511MB netinstall Gambar dari bagian Downloads Lain Fedora untuk setup barebone lebih cepat.

Silahkan Download Fedora Server disini

CentOS

Seperti Fedora, CentOSadalah sebuah komunitas yang dikembangkan distribusi Linux, awalnya didasarkan pada komersial OS Red Hat Enterprise Linux. Dalam terang ini, pengembang di balik CentOS 7 telah berjanji untuk memberikan update penuh untuk OS sampai akhir tahun 2020, dengan update pemeliharaan sampai akhir Juni 2024 – yang seharusnya menghemat kesulitan melakukan upgrade penuh pada server Anda di tidak lama lagi.

Baca Juga  DNS Server Unbound di Centos 7

Anda dapat menghindari paket yang tidak perlu dengan memasang ‘minimal’ ISO dari website CentOS, yang pada 792MB bisa cocok ke 90 menit CD-R. Jika Anda ingin memulai, situs ini juga menawarkan contoh AWS yang telah dikonfigurasikan dan gambar Docker.

Silahkan Download Server Linux CentOS disini

Semoga apa yang sudah kita bahas mengenai List Server Linux Terbaik dan Terfavorit di 2019 di atas mungkin bisa menjadi refrensi tersendiri untuk kawan-kawan dalam hal memilih OS Linux yang ingin di gunakan.

Apabila kawan-kawan ada kendala untuk dowload iso karena tempat download internasional mungkin link berikut ini bisa menjadi tempat kawan-kawan untuk mendownload karena local di indonesia.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu dan wawaskan kawan-kawan beril.

Waalaikumsalam warahmarullahi wabarakatuh

check juga tutorial segala macam linux di https://beril.id/tutorial-linux/

Bagikan :
Irfan Maulana

Author: Irfan Maulana

Apa yang terlihat “buruk” saat ini, belum tentu menjadi “buruk” di masa depan_ begitu pula untuk sebuah kebaikan. ?