Tutorial Custom Dashboard Zabbix

apa itu zabbix Tutorial install Zabbix Centos 7

Assalamu’alaikum Waroh Matullahi Wabarokatuh

Hai kawan-kawan beril kali ini saya ingin berbagi atau membuat tutorial Custom Dashboard Zabbix dan bisa juga kita edit-edit untuk memperbagus atau yang sesuai dengan keinginan kawan-kawan beril yang ingin di tampilkan di dashboard Zabbix.

Sebelum membahas mengenai Tutorial Custom Dashboard Zabbix mungkin kawan-kawan ingin tahu atau refresh ulang apa itu zabbix dan bagaimana cara install Zabbix itu sendiri. kawan-kawan bisa mengakses url di bawah ini.

Untuk saat ini kita akan mencoba untuk membuat dashboard terpisah dari yang sudah ada atau mungkin bisa membuat lebih banyak dashboard sesuai kebutuhan dari kawa-kawan saja.

Custom Dashboard Zabbix

Baik langkah awal yang pasti kita login dahulu ke server Zabbix yang sudah kawan-kawan buat dan ikuti langkah-langkah pada gambar di bawah ini.

Tutorial Custom Dashboard Zabbix

  1. Klik Monitoring
  2. Klik Dashbords
  3. Klik All Dashbords

Kita akan menuju jendela atau windows selanjutnya seperti di bawah ini. Kita akan mencoba membuat dashboard baru di zabbix sesuai keinginan kita. Klik Create Dashboard.

Tutorial Custom Dashboard Zabbix

Tutorial Custom Dashboard Zabbix

Kita isi nama Dashboard yang diinginkan apabila sudah klik Save Changes di pojok kanan atas.

Tutorial Custom Dashboard Zabbix

kita klik add a New Widget untuk menambahkan grafik atau file yang ingin di tampilkan di dashboard zabbix yang akan kita custom.

Tampilan Monitoring Zabbix

Untuk menapilkan grafik seperti configure di atas dan untuk host atau perangkat yang ingin kita tambahkan, klik Select pada kolom graph.

Tampilan Monitoring Zabbix

Dan hasilnya grafik yang ingin kita lihat akan di tampilkan di dalam dashboard seperti pada gambar dibawah ini.

Tampilan Monitoring Zabbix

Apabila anda sudah menambahkan semua grafik monitoring yang ingin di tampilkan, jangan lupa untuk klik Save Changes Di pojok kanan atas.

Apabila anda ingin menambahkan widget tinggal di klik add Widget di pojok atas dekat dengan Save Changes. Langkah-langkahnya sama seperti di atas.

Demikian tutorial custom dashboard zabbix yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kawan-kawan dan apabila ada kekurangan bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar untuk masukan saya kedepannya.

Baca Juga  Apa Sih Metal as a Service atau MAAS?

 Waalaikumsalam warahmarullahi wabarakatuh

Bagikan :
Irfan Maulana

Author: Irfan Maulana

Apa yang terlihat “buruk” saat ini, belum tentu menjadi “buruk” di masa depan_ begitu pula untuk sebuah kebaikan. ?