Cara Tercepat Mengecek Versi Windows 10

Cara-Tercepat-Mengecek-Versi-Windows-10

Terkandang kita membutuhkan informasi mengenai versi windows yang kita gunakan. Lalu bagaimana cara mengecek versi windows 10 yang kita gunakan?

Informasi versi windows 10 mungkin anda butuhkan untuk keperluan sistem requirement aplikasi yang anda ingin install. Mungkin juga untuk mengetahui fitur terbaru yang dapat kita gunakan pada versi windows saat ini.

Sebagai contoh untuk versi menggunakan bash linux di windows 10. Bash linux tersedia mulai dari Windows Anniversary Update. Bagaimana jika kalian ingin menginstall bash linux di windows tetapi blm mengetahui versi windows kalian?

Maka anda saat ini anda berada di tutorial yang tepat. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara tercepat dalam mengecek versi windows yang saat ini kita gunakan.

Baik tanpa basa basi lagi mari kita mulai.

1. Cek versi windows 10 melalui CMD

Anda dapat mengecek versi windows 10 yang digunakan dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Sangat mudah caranya yaitu dengan mengetikkan “systeminfo” tanpa tanda kutip.

Anda dapat menjalankan dengan menggunakan Run As Administrator ataupun tidak. silahkan lihat hasilnya pada gambar dibawah ini.

Cara Cek Versi Windows 10

2. Cek versi windows 10 dengan Winver

Cara selanjutnya untuk mengetahui versi windows 10 yang anda gunakan adalah dengan menggunakan Winver. Winver merupakan perintah sederhana untuk menampilkan detail versi windows kalian.

Cara menggunakan winver dapat dibilang sangat mudah, anda hanya tinggal menekan tombol WINKEY + R kemudian ketikkan Winver. WINKEY adalah tombol berlogo windows pada keyboard anda. Biasanya berada di sebelah tombol ALT Kanan.

Cara Cek Versi Windows 10 dengan Winver 2

Hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Cek Versi Windows 10 dengan Winver

3. Cek versi windows 10 dengan Dxdiag

Untuk mengecek versi windows 10 yang anda gunakan, anda dapat mengetahuinya dengan menggunakan DxdiagDxdiag tidak hanya menampilkan versi windows anda saja, tetapi informasi hardware yang ada pada komputer kalian seperti total Random Access Memory (RAM) atau spesifikasi komputer lainnya yang kalian gunakan.

Baca Juga  Cara Install SQL Server 2012 Express Edition

Untuk menggunakan Dxdiag sebagai cara untuk mengecek versi windows 10, silahkan ketikkan Run pada kolom search. Anda juga dapat menggunakan WINKEY + R untuk tombol pintas menjalankan Run. Jika sudah anda dapat mengetikkan langsung dxdiag seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Cek Versi Windows dengan dxdiag

Setalah menjalankan dxdiag, anda dapat melihat beberapa informasi seperti pada gambar dibawah ini. Dikarenakan tutorial kali ini untuk melihat versi windows maka saya beri kotak merah untuk mempertegasnya.

Cara Cek Versi Windows dengan dxdiag 2

4. Cek versi windows 10 dengan MSinfo32

Sama seperti cara mengecek versi windows 10 sebelumnya, untuk mengecek versi windows 10 dengan MSinfo32 juga menggunakan Run untuk membukanya. Anda hanya tinggal mengetikkan MSinfo32 pada kolom Run maka detail informasi komputer anda akan terlihat.

Cara cek versi windows 10 dengan msinfo32

5. Cek versi windows 10 melalui Menu System

Cara terakhir yang dapat digunakan untuk mecek versi windows 10 yang anda gunakan adalah dengan membuka menu system. Silahkan anda Search menu Setting. Kemudian pilih menu System seperti pada gambar dibawah ini.

Cara cek versi windows 10 melalui Menu system

Jika sudah terbuka, maka selanjutnya anda scroll kebawah dan cari sub-menu About. Kemudian klik dan scroll kebawah sedikit lagi maka akan terlihat versi windows yang sedang anda gunakan.

Cara cek versi windows 10 melalui Menu system 2

Demikian tutorial bagaimana cara tercepat mengecek versi windows 10 yang kalian gunakan. Tentunya masih banyak cara lain untuk mengecek versi windows 10 seperti melalui registry. Tetapi tentu memakan waktu lebih lama dari cara diatas.

Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat untuk orang lain, silahkan bagikan ke sosial media kalian dan jangan lupa untuk mengikuti kami melalui sosial media.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-