Cara Setting Cloudflare di CPanel

Cara Setting Cloudflare di CPanel. Seperti yang anda ketahui, cloudflare merupakan salah satu CDN (Content Delivery Network) yang gratis dan banyak digunakan oleh para pemilik website. Dengan versi gratis Cloudflare, anda dapat menggunakan SSL Gratis, Layanan anti DDOS dan Minify file HTML, CSS dan JS anda.

Dengan segala fitur gratis dari cloudflare tersebut sudah pasti menjadi pilihan favorit para pemilik website. Jika anda belum mengetahui apa itu CDN, sebaiknya anda membaca artikel berikut ini mengenai Apa itu CDN.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan cara setting cloudflare di cpanel. Hal ini dikarenakan ada beberapa cpanel yang tidak memiliki fitur atau menu cloudflare didalamnya. Untuk tutorial setting cloudflare tanpa cpanel akan dijelaskan di artikel Cara Setting Cloudflare di WordPress.

5 Langkah Mudah Setting Cloudflare

Pertama – tama saya akan membahas bagaimana cara setting cloudflare di Cpanel hosting yang anda miliki. Caranya dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya tinggal mengikuti beberapa langkah yang akan saya jelaskan pada tutorial dibawah ini. Pastikan CPanel anda memiliki fitur Cloudflare.

Login Cpanel Hosting

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk setting cloudflare di cpanel adalah anda harus masuk kedalam CPanel website anda. Biasanya CPanel website dapat diakses melalui link cpanel.namadomain.com atau namadomain.com/cpanel. Anda juga dapat login melalui halaman akun hosting anda.

Cara Setting Cloudflare di Cpanel

Cari Menu Cloudflare

Langkah selanjutnya untuk setting cloudflare di CPanel anda adalah mengakses menu Cloudflare yang tersedia di hosting anda. Oleh sebab itu di awal artikel saya pastikan fitur Cloudflare harus anda miliki di Cpanel anda. Jika sudah silahkan klik menu Cloudflare tersebut sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Setting Cloudflare di Cpanel

Daftar Cloudflare

Setelah anda klik menu cloudflare di cpanel, selanjutnya anda diharuskan login kedalam cloudflare. Jika anda belum memiliki akun, anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Silahkan anda daftar terlebih dahulu di website Cloudflare.

Baca Juga  Pengertian dari Aplikasi VMWare vSphere Hypervisor ESXi

Jika sudah mendaftar silahkan klik login seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Setting Cloudflare di Cpanel

Mengaktifkan Cloudflare

Setelah anda berhasil login, anda akan melihat tampilan yang menerangkan bahwa domain anda masih berstatus inactive. Hal ini dikarenakan domain anda belum terpasang cloudflare. Perhatikan pada gambar dibawah ini.

Cara Setting Cloudflare di Cpanel

Oleh sebab itu, langkah selanjutnya untuk setting cloudflare di cpanel adalah anda harus mengaktifkan cloudflare pada domain milik anda. Silahkan klik Provision Domain with CNAME Setup untuk mengaktifkan cloudflare pada domain yang anda miliki. Perhatikan pada gambar dibawah ini.

Cara Setting Cloudflare di Cpanel

Jika sudah maka nama domain anda akan memiliki status Use Cloudflare : Active. Pada tahap ini Cloudflare anda sudah aktif. Dan anda telah selesai melakukan setting cloudflare di cpanel.

Cara Setting Cloudflare di Cpanel

Menu Halaman Cloudflare

Setelah selesai melakukan setting cloudflare di cpanel, selanjutnya perhatikan menu yang ada pada halaman Cloudflare tersebut. Terdapat 4 menu pada cloudflare yang disetting melalui CPanel yaitu Home, Domains, Setting dan Analytics. Berikut penjelasan mengenai ke empat menu.

  • Home

    Pada halaman ini berisikan beberapa pengaturan fitur seperti always online yang mana berfungsi untuk tetap menampilkan tampilan website anda walaupun saat itu website anda sedang down. Lalu ada juga fitur kompatibilitas ipV6 serta fitur railgun yang digunakan untuk cache website. Klik On / Off untuk mengubahnya menjadi warna hijau yang berarti fitur tersebut menjadi aktif. Perhatikan gambar dibawah ini.

    Menu Home di Cloudflare
    Menu Home di Cloudflare
  • Domains

    Pada halaman Domains ini, anda dapat mengetahui Domain dan Subdomain mana yang sudah mengaktifkan Cloudflare. Tanda awan berwarna Orange berarti Cloudflare aktif pada domain atau subdomain tersebut. Sedangkan tanda awan berwarna abu – abu berarti Cloudflare tidak aktif pada domain dan subdomain tersebut. Perhatikan pada gambar dibawah ini.

    Menu Domains di Cloudflare
    Menu Domains di Cloudflare
  • Settings

    Pada halaman ini berisikan beberapa pengaturan fitur mengenai security. Pada halaman ini anda dapat mengatur tingkat keamanan situs anda, mengaktifkan fitur anti DDos dan anti Spam untuk website yang anda gunakan. Perhatikan pada gambar dibawah ini.

    Menu Settings di Cloudflare
    Menu Settings di Cloudflare
  • Analytics

    Pada halaman ini berisikan mengenai grafik bandwidth, visitor serta request yang terjadi di cloudflare. Anda juga dapat melihat beberapa serangan yang berhasil ditahan oleh cloudflare. Perhatikan gambar dibawah ini.

    Menu Analytics di Cloudflare
    Menu Analytics di Cloudflare

Demikian tutorial cara setting cloudflare di cpanel yang dapat saya bagikan. Semoga dengan adanya artikel ini pengetahuan anda bertambah dan anda dapat membagikannya kepada teman – teman anda yang lain melalui jejaring sosial. Sampai bertemu lagi diartikel selanjutnya.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-