Cara Screen Shot di Laptop dan PC Windows Terbaru

Cara Screen shot di Laptop dan PC

Cara screen shot di laptop dan PC. Jika anda seorang bekerja di bidang IT yang bertugas membuat dokumentasi untuk setiap kegiatan pekerjaan. Anda pasti sangat perlu untuk melakukan screenshot di laptop.

Namun jika anda tidak bekerja di bidang IT, anda pasti juga membutuhkan cara screen shot di laptop dan di PC. Entah untuk screen shot gambar atau keperluan anda lainnya.

Screenshot apabila dirubah kedalam Bahasa indonesia adalah tembakan layar. Screenshot di laptop atau pc merupakan menembak atau bisa dikatakan menangkap layar yang saat ini sedang aktif dan terlihat di mata kalian. Hasil tangkapannya itu bisa langsung dimasukkan ke dalam word, excel atau aplikasilainnya. Bisa juga dirubah menjadi file berformat PNG ataupun JPG.

Pada umumnya yang anda tahu adalah bagaimana cara screen shot di HP. Tetapi apabila sedang menggunakan laptop atau PC, maka anda bisa jadi belum mengetahui cara screen shot di laptop ataupun PC. Screenshot di laptop atau PC dapat dilakukan tanpa bantuan aplikasi.

Dan juga, Screenshot di laptop dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi aplikasi gratis. Tentu ada kekurangan dan kelebihannya screenshot dengan aplikasi maupun tanpa bantuan aplikasi. Tanpa berlama – lama mari kita bahas Cara Screen Shot di Laptop dan PC.

Cara Screen Shot di Laptop dan PC tanpa Aplikasi

Untuk pembahasan pertama, kita akan membahas bagaimana cara screen shot di Laptop dan PC tanpa aplikasi. Cara Screen shot di laptop ini hanya menggunakan kombinasi tombol yang ada pada keyboard.

Walaupun cara ini sangat mudah tetapi memiliki kekurangan yaitu tombol yang ditekan untuk melakukan screenshot di laptop biasanya berbeda pada tiap merk laptop. Tetapi disini akan dibahas juga cara screenshot di berbagai merk laptop dan cara screenshot di PC.

Cara screenshot di laptop dan PC ini paling banyak dan paling sering digunakan. Apabila anda ingin melakukan screenshot di laptop dan PC maka anda hanya tinggal menekan tombol PrtSc di keyboard anda. Tombol ini ada apabila anda mengunakan Laptop Merk HP.

Apabila anda menggunakan Merk Laptop lain kemungkinan tombol yang ada pada keyboard anda berbeda. Untuk melakukan Screenshot di Laptop asus dan merk lainnya adalah PrtScn atau PrntScrn atau bisa juga PrintScr dan lain sebagainya.

Ditambah, sebagian laptop mengharuskan untuk menekan tombol fn terlebih dahulu. Sehingga untuk melakukan screenshot di laptop anda harus menekan tombol fn + PrtScn atau fn + PrntScrn atau bisa juga fn + PrintScr. Anda hanya tinggal menyesuaikan saja dengan tombol yang ada pada keyboard anda.

Kemudian apabila anda telah menekan tombol PrtSc sebenarnya anda telah melakukan Screenshot di Laptop atau PC. Tetapi mengapa tidak terjadi apa – apa? Anda tidak perlu bingung.

Hal ini terjadi karena anda harus melakukan Paste atau menempelkannya kedalam aplikasi seperti Paint, Word, Excel, Photoshop atau aplikasi lainnya. Hasil screenshot anda sebenarnya telah di simpan di clipboard. Dibawah ini adalah contoh hasil screenshot di laptop HP dengan menekan tombol PrtSc. Kemudian hasilnya di Paste kan kedalam aplikasi Paint bawaan windows.

Baca Juga  Konfigurasi iSCSI Initiator untuk External Storage pada Windows

Cara Screen Shot di Laptop dan PC dengan tombol di keyboard

Jika sudah anda Paste kan hasil screenshot di laptop ke dalam aplikasi Paint. Selanjutnya anda tinggal menyimpan file tersebut kedalam format PNG, JPG ataupun format lainnya.

Klik logo di pojok kiri atas seperti pada gambar dibawah ini. Pilih Save As dan selanjutnya pilih format yang anda inginkan. Langkah selanjutnya adalah memilih direktori atau folder mana yang anda tuju untuk menyimpan file tersebut.

Cara Screen Shot di Laptop dan PC dengan tombol di keyboard 2

Sampai disini cara screen shot di laptop dan pc tanpa aplikasi telah selesai. Anda dapat mencobanya dengan laptop merk lain seperti dengan cara screenshot di laptop asus.

Cara Screen Shot di laptop dan PC dengan Aplikasi

Cara screenshot di komputer selanjutnya adalah dengan bantuan aplikasi. Di internet banyak sekali aplikasi screenshot di laptop atau PC. Tetapi yang kita bahas pada tutorial kali ini adalah aplikasi yang sering saya gunakan untuk membuat tutorial di website beril.id ini.

Sebenarnya tidak jauh berbeda antara cara screenshot di laptop dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Tetapi biasanya langkahnya lebih singkat dan cepat bila dibandingkan dengan cara screenshot di komputer tanpa aplikasi.

Untuk mengetahui apa saja aplikasi screenshot di laptop. Mari kita bahas satu per satu bagaimana cara ss dilaptop ataupun di PC.

Cara Screenshot di Laptop dengan Aplikasi Snipping Tool

Aplikasi screenshot di komputer yang pertama adalah Snipping Tool. Snipping tool ini merupakan aplikasi screenshot bawaan dari sistem operasi windows. Aplikasi screenshot di laptop ini sudah ada sejak windows vista sampai windows 10 sekarang. Tetapi cukup banyak orang yang tidak tahu bahwa aplikasi ini sudah tersedia di windows mereka tanpa harus menginstall aplikasi screenshot lainnya.

Untuk memulai menggunakan aplikasi screenshot Snipping Tool, anda hanya perlu mencarinya di Start -> All Programs -> Accessoris -> Snipping Tool. Atau dengan cara langsung search dengan mengetikkan Snipping Tool.

Untuk melakukan screenshot di laptop dengan menggunakan aplikasi Snipping Tool, terdapat 4 pilihan screenshot. Berikut penjelasannya.

Cara Screen Shot di Laptop dan PC dengan Aplikasi Snipping Tool

  • Free-form Snip

    Free-form snip pada aplikasi snipping tool berguna untuk melakukan screenshot di laptop dengan cara membentuk dengan bebas screenshot yang diinginkan. Bisa berbentuk bulat, segitiga kotak ataupun abstract.

  • Rectangular Snip

    Rectangular snip pada aplikasi snipping tool berguna untuk melakukan screenshot di pc dengan cara membentuk persegi. Anda bisa membentuk persegi Panjang sesuai dengan yang anda inginkan.

  • Window Snip

    Pada windows snip, aplikasi snipping tool akan melakukan screenshot pada bagian layar windows yang aktif. Atau bisa juga pada tab yang anda pilih untuk dilakukan screenshot.

  • Full-screen Snip

    Untuk pilihan Full-Screen Snip, aplikasi snipping tool akan otomatis melakukan screenshoot layar secara keseluruhan. Hal ini tentu mengurangi kebebasan anda untuk memiilih bentuk dan bagian mana yang akan di screenshot.

Silahkan anda coba gunakan Snipping Tool sebagai aplikasi screenshot di komputer windows. Anda hanya akan menggunakan mouse untuk menyeleksi bagian mana yang akan di screenshot. Cukup mudah bukan?

Cara Screenshot di Laptop dengan Aplikasi Lightshot

Aplikasi screenshot di laptop yang kedua bernama Lightshot. Aplikasi lightshot dapat anda jadikan sebagai aplikasi screenshot alternative selain snipping tool. Aplikasi Lightshot biasa saya gunakan untuk melakukan screenshot di komputer saya.

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis yang bisa anda download pada link disini. Aplikasi Screenshot Lightshot dapat berjalan di sistem operasi windows mapun mac.

Salah satu kelebihan dari aplikasi screenshot lightshot ini adalah hasil screenshot kita bisa langsung di publish ke internet. Sehingga kita akan mendapatkan link yang berubah hasil screenshot-an kita.

Tentu hal ini sangat berguna untuk mengirim hasil screenshot-an pada saat anda sedang malakukan chat kepada team support. Bisa juga dikirimkan kepada orang lain yang mana anda tidak dapat mengirimkan gambar secara langsung.

Untuk menggunakan aplikasi ini, anda hanya tinggal menekan tombol PrtSc pada keyboard anda. Hal ini sama dengan bagaimana cara screen shot di laptop dengan menggunakan tombol yang sebelumnya kita bahas. Kemudian layar akan berubah menjadi sedikit gelap.

Anda jangan kaget, itu tandanya anda diminta untuk menyeleksi bagian mana yang akan di screenshot. Setelah anda menyeleksi bagian yang anda ingin screenshot, selanjutnya anda dapat menggunakan beberapa fitur yang ada di lightshot. Fitur tersebut bisa menambahkan kotak berwarna, garis, tanda panah bahkan dapat menambahkan text. Silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

cara screenshot di pc dengan Aplikasi Lightshot

Pada tanda kotak merah yang ada pada gambar diatas adalah beberapa fitur yang dapat anda gunakan untuk hasil screenshot anda. Sebagai contoh untuk membagikan hasil screenshot anda dalam bentuk link, silahkan pilih fitur berbentuk awan paling kiri.

Maka otomatis gambar anda akan ter upload dan anda akan mendapakan link. Sebagai catatan, untuk menggunakan fitur ini anda harus terkoneksi dengan internet karena screenshot anda akan terupload ke server lightshot.

Jika anda ingin menyimpan hasil screenshot silahkan klik gambar disket yang terletak disebelah logo X. Anda juga dapat menambahkan text di screenshot anda untuk memberikan keterangan pada gambar.

Silahkan anda explore lebih jauh lagi untuk fitur – fiturnya. Mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya mengenai cara screen shot di laptop dan PC.

Cara Screen shot di Laptop dengan Aplikasi Jing.

Aplikasi screenshot lainnya yang dapat anda gunakan untuk melakukan screen shot di laptop dan PC adalah Jing. Aplikasi screen shot layar laptop Jing ini berasal dari perusahaan TechSmith.

Tentu aplikasi jing dapat dijadikan alternative untuk melakukan screenshot di laptop dan PC. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi Jing dapat berjalan di sistem operasi windows dan mac. Apabila anda belum memiliki aplikasinya, silahkan download dengan klik disini.

Setelah anda selesai melakukan instalasi aplikasi screenshot jing, anda akan diminta untuk registrasi. Ini merupakan salah satu kekurangan pada aplikasi Jing, dimana pengguna diwajibkan registrasi untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Tapi tenang saja, jika anda memang menyukainya, tidak ada salahnya melakukan registrasi. Karena memang setelah anda melakukan registrasi, anda mendapatkan space sebesar 2Gb untuk menyimpan setiap screenshot yang anda lakukan.

Setelah selesai registrasi, anda akan melihat lingkaran berwarna kuring di sisi layar bagian atas pada monitor anda. Itu adalah bagian dari aplikasi jing yang mana berfungsi untuk jalan pintas melakukan screenshot layar.

Anda dapat memindahkan lingkaran kuning tersebut sesuai dengan letak yang anda inginkan. Lihat screenshot dibawah ini, saya memindahkannya kebagian pojok kanan bawah.

Cara ss di laptop dengan Jing

Setiap kekurangan pasti ada kelebihan. Tentu aplikasi jing ini memiliki kelebihan dari beberapa aplikasi screenshot sebelumnya. Kelebihan aplikasi screenshot jing ini adalah dapat melakukan capture video atau merekam layar yang nantinya akan berubah menjadi video.

Video yang dihasilkan akan memiliki format SWF. Tentu akan sangat berguna apabila anda sedang menonton video dan ingin merekamnya.

Cara screenshot di laptop dengan menggunakan aplikasi jing cukup mudah. Anda hanya tinggal mengarahkan mouse ke bagian lingkaran kuning tersebut. Maka lingkaran tersebut akan membesar.

Silahkan klik lambang seperti tanda + untuk melakukan seleksi bagian mana yang ingin di screenshot atau direkam menjadi video nantinya. Perhatikan bagian atas pada gambar dibawah in, ada pilihan apakah ingin capture image atau capture video. Silahkan anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Cara ss di laptop dengan Jing 2

Sama seperti cara screen shot di laptop dengan aplikasi lightshot diatas. Aplikasi jing ini dapat melakukan modifikasi pada hasil screenshot-annya. Modifikasi yang dapat dilakukan adalah dapat manambahkan text, garis dan panah.

Anda juga dapat membagikannya dalam bentuk link seperti yang ada pada aplikasi lightshot sebelumnya.

Cara Screen Shot di Laptop dengan Aplikasi PicPick

Cara screen shot di laptop yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi Picpick. Aplikasi PicPick merupakan aplikasi yang cukup populer dikalangan IT yang sudah terbiasa membuat dokumentasi dengan melakukan screenshot layar.

Aplikasi Picpick juga merupakan aplikasi yang paling lengkap diantara aplikasi screenshot lainnya yang telah dibahas sebelumnya. Didalamnya terdapat color picker untuk mengambil code warna yang ada di tampilan layar.

Ada juga Pixel Rules yang digunakan untuk mengukur pixel bagian tertentu dilayar. Dan fitur – fitur lainnya yang tidak ada di aplikasi screenshot layar komputer lainnya.

Aplikasi ini dapat anda download secara gratis pada link download ini. Ketika mengunjungi halaman download anda akan diberi pilihan apakah ingin aplikasi secara gratis mapun berbayar.

Tentu ada beberapa fitur yang tidak ada di versi gratisnya. Tetapi tetap sangat berguna untuk melakukan screenshot di laptop ataupun PC.

Setelah anda download dan install aplikasi PicPick tersebut. Anda akan langsung ditampilkan sebuah aplikasi yang bisa saya katakan sebagai aplikasi yang mirip dengan Microsoft word. Lihat gambar dibawah ini untuk mengetahui fitur apa saja yang dimiliki oleh aplikasi screenshot Picpick.

Aplikasi screenshot PicPick

Anda dapat memilih untuk melakukan screenshot di laptop dalam bentuk full-screen, active window ataupun region. Fitur ini sama seperti fitur aplikasi ss di laptop lainnya yang sebelumnya telah dibahas jadi saya tidak akan membahasnya kembali.

Ketika anda telah melakukan screenshot di laptop dengan menggunakan aplikasi PicPick ini. Selanjutnya anda dapat melakukan beberapa modifikasi hasil screenshot yang anda lakukan. Dibawah ini merupakan screenshot fitur – fitur modifikasi yang dimiliki oleh aplikasi picpick.

Aplikasi screenshot PicPick 2

Setelah dimofifikasi anda dapat menyimpannya di folder penyimpanan screenshot tersebut.

Sebenarnya aplikasi screenshot masih banyak di internet yang dapat anda gunakan. Tentu semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Anda dapat gunakan aplikasi screenshot yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sampai disini artikel mengenai cara screen shot di laptop dan PC Windows terbaru telah selesai. Anda dapat melakukan screenshot di laptop tanpa menggunakan aplikasi. Dan juga anda dapat melakukan screenshot di pc dengan menggunakan aplikasi seperti yang telah dijelaskan diatas.

Apabila menurut kalian artikel Cara Screen Shot di Laptop dan PC Windows Terbaru ini bermanfaat. Silahkan bagikan ke teman dan kerabat kalian.

Serta apabila anda memiliki pengalaman menggunakan aplikasi screenshot lainnya. Silahkan tinggalkan pengalaman anda di komentar.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-