Cara Resize Partisi Harddisk dengan AOMEI Partition Assistant

Halo sobat berills,

Sudah lama tidak berjumpa . Dikarenakan aktifitas saya yang sangat padat ..

Kali ini saya mau membagikan lagi tutorial yang berhubungan dengan partisi harddisk . Kali ini nama tools yang digunakan adalah AOMEI Partition Assistant. Tools ini sangat membantu jika kita ingin mempartisi untuk Manajemen Harddisk baik menambahkan ukuran harddisk maupun mengurangi ukuran harddisk yang digunakan pada Komputer atau laptop kita .

Disini kasus yang saya alami sendiri adalah ketika kita menginstall biasanya kita buat 2 partisi awalnya yakni C untuk System dan D untuk DATA . Kenapa ? karena agar mudah dalam proses backup dan tidak perlu mencopot harddisk untuk di backup .

Biasanya teknisi atau praktisi IT membagi 2 partisi agar jika kita ingin melakukan install ulang (entah windowsnya corrupt atau crash dll) , maka tidak perlu backup semua partisi , cukup pindahkan data dari C (untuk datanya saja loh ya, bukan sistemnya) ke drive D. dan kita hanya perlu memformat partisi C nya saja untuk melakukan install ulang .

Nah disini kasus saya adalah terlalu banyak Aplikasi yang saya install terus menerus , sehingga akhirnya drive C tersebut memakan space seperti berikut :

  cara resize pertisi harddisk dengan aomei

Nah jika sudah begini , dan Drive D nya masih banyak space yang kosong sehingga bisa dikatakan mubazir , maka dari itu kita bisa memakai tools yang dinamakan AOMEI Partition Assistant yang bisa digunakan untuk mengatur ukuran harddisk kita.

Risize Partisi Harddisk dengan AOMEI Partition Assistant

Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk melakukan resize partisi pada hardisk pastinya kalian harus download terlebih dahulu Klik Disini

Kemudian jika kita sudah download langkah kedua adalah melakukan install aplikasi AOMEI Partition Assistant

Installnya tidak akan saya jelaskan disini karena tinggal next-next aja ya  sampai selesai. (Silahkan Ikuti Petunjuk setelah selesai download)

Nah , Sekarang buka Aplikasi AOMEI Partition Assistant

Disana terdapat manajemen untuk mengatur partisi harddisk yang cukup lengkap. Kamu bisa gunakan fitur tersebut lebih luas lagi . Tapi mungkin disini saya hanya menjelaskan bagaimana untuk membagi harddisk yang sudah penuh kemudian dibagi 2 agar seimbang.

Baca Juga  Tutorial Koneksi Google Cloud Platform menggunakan SSH

Untuk Langkah Awal kita bisa pilih partisi harddisk yang akan di alokasikan dari Drive D ke Drive C Seperti ini

Resize Partisi Harddisk dengan AOMEI Partition Assistant

Klik kanan atau pilih Allocate Free Space 

Resize Partisi Harddisk dengan AOMEI Partition Assistant

Kemudian Tentukan Allocate Free Space atau Alokasi yang akan dipindahkan ke Drive C

Resize Partisi Harddisk dengan AOMEI Partition Assistant

Jika Sudah akan tampil seperti ini , Drive C akan terlihat lebar . Tetapi ini masih preview saja . Kita harus pilih Apply untuk melakukan Alokasi Drive D ke Drive C

Resize Partisi Harddisk dengan AOMEI Partition Assistant

Setelah sampai sini , Lanjutkan Proceed

Klik Yes pada bagian ini dan nantinya komputer akan melakukan restart untuk memproses alokasi Drive D ke Drive C Seperti dibawah ini

Progress Resize Partisi

Kemudian tunggu sampai selesai , bisa juga sambil ngopi-ngopi , Karena prosesnya cukup lama . Tergantung ukuran harddisk yang digunakan.

Kemudian Komputer akan booting seperti biasa untuk memulai .

kita cek langsung ke My Computer dan kita cek sudah berhasil dialokasikan seperti gambar dibawah ini

Partisi yang telah di resize

Berikut adalah perbedaan awal sebelum pembagian alokasi harddisk

Hardisk Sebelum dan Sesudan di resize

Ini adalah tampilan Sebelum dan Sesudah dialokasikan . Drive C tidak lagi merah.

Sampai disini dulu tutorial Cara Resize Partisi Harddisk Menggunakan AOMEI Partition Assistant yang saya berikan. Bila ada manfaatnya doakan blog ini semakin maju dan memberikan tulisan-tulisan positif yang berguna bagi dunia bagi anak-anak Indonesia

Bagikan :
Widi Jatmiko

Author: Widi Jatmiko

Adalah seorang IT Supermen di perusahaan Swasta . Ikut aktif dalam pengembangan komunitas Open Source dan Komunitas unyil beril.id sebagai penulis blog