Cara Penggunaan Tipe Data Real Pada Program Pascal

Cara Penggunaan Tipe Data Real Pada Program Pascal

Hai Beril.id kali ini saya akan membahas mengenai Cara Penggunaan Tipe Data Real Pada Program Pascal. Tutorial pascal ini merupakan lanjutan dari tutorial pascal sebelumnya yaitu Cara Penggunaan Tipe Data String Pada Program Pascal

Bagi seorang programer, tipe data di dalam program merupakan makanan sehari  hari yang haeus dipahami. Tanpa mengetahui dan juga memahami tipe data yang akan digunakan, tentu akan sangat menyulitkan dalam proses pengaplikasian kode – kode yang digunakan.

Untuk itu anda harus memahami cara penggunaan tipe data satu persatu yang salah satunya adalah cara penggunaan tipe data real pada program pascal. Agar anda bisa lebih jelas mengenai tipe data real, sebaiknya anda simak pembahasan yang saya berikan kali ini sampai akhir ya.

Mengenal Lebih dalam Mengenai Tipe Data Real

Cara mudah untuk mengingat tipe data real adalah berhubungan dengan angka desimal. Semua angka yang mengandung unsur desimal, sudah barang pasti termasuk ke dalam kategori tipe data real. Bisa diambil contoh seperti 3.14, 7.5 dan lain sebagainya. Jangan kaget jika tanda koma berubah menjadi tanda titik dalam program pascal. Karena memang sistem yang digunakan menganut format Amerika.

Mengenal Jenis Tipe Data Real Pada Pascal

Penggunaan tipe data real, ternyata juga harus mempertimbangkan jangkauannya. Di bawah ini terdapat beberapa jenis tipe data real yang wajib anda pahami agar nantinya tidak salah dalam menggunakannya. Jenis tipe data real yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  • Real dengan range platform dependant
  • Single dengan range antara 1.5E-45 sampai 3.4E38
  • Double dengan range antara 5.0E-324 sampai 1.7E308
  • Extended dengan range antara 1.9E-4932 sampai 1.1E4932
  • Comp dengan range antara -2E64+1 sampai 2E63-1
  • Currency dengan range antara -922337203685477.5808 sampai 922337203685477.5807
Baca Juga  Cara Penggunaan Read dan Readln Pada Program Pascal

Meskipun pilihan jenis tipe data real beraneka ragam, namun dalam menggunakanya terkadang dipengaruhi juga oleh processor komputer atau laptop yang digunakan. Jadi selain anda memperhatikan kebutuhan karakter yang akan digunakan, anda juga wajib mempertimbangkan processor perangkat komputer anda.

Contoh program yang menggunakan berbagai jenis tipe data real di bawah ini bisa anda jadikan sebagai pembelajaran lebih lanjut.

program tipe_real;
uses crt;
var
a:real;
b:single;
c:double;
d:extended;
e:comp;
begin
clrscr;
a:=12345.6789;
b:=12345.6789;
c:=12345.6789;
d:=12345.6789;
e:=12345.6789;

writeln('a: ',a:6:4);
writeln('b: ',b:6:4);
writeln('c: ',c:6:4);
writeln('d: ',d:6:4);
writeln('e: ',e:6:4);
readln;
end.

Latihan 18

Setelah dijalankan, maka akan muncul tampilan seperti ini.

Hasil Run Latihan 18
Hasil Run Latihan 18

Coba perhatikan baik – baik tampilan hasil di atas, sebagian besarnya memiliki nominal angka desimal yang sama. Perbedaan yang tidak signifikan hanya terlihat pada jenis tipe data single dan jenis tipe data comp.

Contoh Program Tipe Data Real Pada Pascal

Cara penggunaan tipe data real tentu tidak bisa sembarangan agar hasilnya tidak terjadi error. Agar lebih jelasnya, maka anda bisa simak contoh program yang akan saya berikan di bawah ini :

Contoh program pertama

Pada contoh pertama saya menggunakan variabel a untuk digunakan dalam mewakili tipe data real.

program tipe_real;
uses crt;
var
a:real;
begin
clrscr;
a:=3.14;
writeln('a: ',a);

a:=999.99;
writeln('a: ',a);

a:= a + 0.01;
writeln('a: ',a);
readln;
end.

Latihan 15

Tampilan program setelah dijalankan

Berikut ini tampilan program setelah dijalankan, bisa anda perhatikan di bawah ini :

Hasil Run Latihan 15
Hasil Run Latihan 15

Setelah melihat hasil run dari program di atas, pasti bagi anda yang memang belum paham betul mengenai program pascal, tentu akan bingung dengan deret angka yang muncul tersebut. Tak sedikit juga yang menganggapnya error karena angkanya terkesan aneh. Padahal hasil di tersebut bukanlah erorr. Agar anda lebih paham, maka anda bisa simak penjelasan di bawah ini :

  • 3.14000000000000E+000  = 3.14 * 10 = 3.14
  • 9.99990000000000E+002 = 9.9999 * 102 = 999.99
  • 1.00000000000000E+003 = 1 * 103 = 1000

Catatan : huruf E kapital yang muncul pada output program merupakan perwakilan dari perpangkatan 10

Saya memang sengaja memberikan contoh rumitnya terlebih dahulu agar anda belajar dari situ. Nah untuk membuat tampilan program di atas menjadi normal, saya akan berikan contoh selanjutnya di bawah ini.

Baca Juga  Cara Menghitung Luas Persegi Panjang dengan Program Pascal

Contoh program kedua

Berikut ini adalah controh program pascal kedua dengan menggunakan tipe data real.

tipe data real program pascal
Latihan 16

Yang membedakan tampilan normalnya, anda bisa lihat pada kode program writeln. Pada bagian belakangnya, ditambahkan dengan rumus a:4:2. Selanjutnya anda bisa buktikan hasilnya.

Tampilan program setelah dijalankan

tipe data real program pascal
Hasil Run Latihan 16

Hasilnya pun menunjukkan susunan angka desimal normal dan tidak membuat anda bingung seperti halnya jumlah karakter yang diinput pada masing – masing variabel yang ingin ditampilkan.

Contoh program ketiga 

Berikut ini adalah controh program pascal ketiga dengan menggunakan tipe data real.

program tipe_real;
uses crt;
var
a,b,c:real;
begin
clrscr;
a:=123.456;
writeln('a: ',a:4:2);

b:=999.999;
writeln('b: ',b:4:2);

c:=6782.555555;
writeln('c: ',c:6:4);
readln;
end.

tipe data real program pascal

Tampilan program setelah dijalankan

Apabila program diatas anda jalankan, maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.

tipe data real program pascal
Latihan 17

Dengan memahami satu persatu materi dan contoh yang saya berikan di atas, dasar – dasar dari bahasa pascal khususnya untuk tipe data real, anda akan semakin banyak tahu bahwasannya tipe data real sendiri mempunyai tata cara penggunaan yang harus anda kuasai dengan baik. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan bagi ada untuk segera mahir dalam mengoperasikan program pascal.

Sebagai informasi tambahan, saat anda mencoba melakukan praktek di luar konteks yang saya bahasa di atas, jangan patah semangat jika anda menemui masalah.

Tips dari saya adalah perhatikan baik – baik pesan yang muncul pada bagian errornya. Jika anda mampu memahaminya dengan baik, saya yakin solusi akan segera anda dapatkan. Karena error yang muncul pada tampilan lembar kerja pascal merupakan panduan menuju keberhasilan program yang anda kerjakan tersebut.

Itulah penjabaran mengenai cara penggunaan tipe data real pada program pascal. Dengan menyimak ulasan yang sudah saya berikan berikut melakukan praktek secara langsung, diharapkan anda bisa lebih paham dan meningkat kemampuannya dalam pengoperasian program pascal. Semoga membawa manfaat bagi anda semua. Pada persoalan lain, ada juga yang menyebutkan tipe data real sebagai float atau floating point.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-