Cara Penggunaan Tipe Data Integer Pada Program Pascal

Cara Penggunaan Tipe Data Integer Pada Program Pascal

Tutorial Cara Penggunaan Tipe Data Integer Pada Program Pascal ini dibuat untuk melengkapi tutorial tipe data pada pascal sebelumnya. Jika anda belum membaca tutorial tipe data pascal di Beril.id ini, silahkan kunjungi link dibawah ini

Dalam dunia pemrograman seperti halnya program Pascal, mengetahui berbagai fungsi kode di dalamnya memang sangat penting. Bagaimana ingin membangun sebuah program jika anda tidak paham mengenai cara kerja dari masing – masing kode yang digunakan.

Misalnya saja dalam hal penggunaan tipe data pada program pascal yang nantinya akan sangat berpengaruh pada program saat diuji coba atau dijalankan. Tipe data mempunyai peranan yang cukup penting dalam hal menampilkan hasil data yang sudah diinput. Jadi untuk penggunaannya pun harus sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran.

Mengenal Tipe Data Integer Pada Program Pascal

Tahukah apa itu tipe data integer? Tipe data integer digunakan untuk fungsi program yang berhubungan dengan angka bulat. Angka bulat sendiri digunakan untuk penginputan data yang di dalamnya tidak terdapat nilai pecahan. Contoh data yang di dalamnya tidak terdapat nilai pecahan seperti halnya 1, 4, 8, -22, 10000 dan sebagainya.

Untuk jenis tipe data integer yang didukung oleh program pascal antara lain qword, int64, longword, longint, cardinal, integer, word, smallint, shortint, byte. Penggunaan deretan tipe data integer tersebut disesuaikan pada kapasitas memori data yang akan diinput nantinya. Penjelasan mengenai jenis tipe data integer akan dibahas berikut ini.

Mengenal Jenis Tipe Data Integer

Di dalam program pascal, tipe data integer sendiri memiliki beberapa jenis yang wajib anda ketahui dan pahami, antara lain sebagai berikut :

  • Byte dengan range antara 0 sampai 255
  • Shortint dengan range antara -128 sampai 127
  • Smallint dengan range antara -32768 sampai 32767
  • Word dengan range antara 0 sampai 65535
  • Integer dengan range antara smallint atau pun longint
  • Cardinal dengan range longword
  • Longint dengan range antara -2147483648 sampai 2147483647
  • Longword dengan range antara 0 sampai 4294967295
  • Int64 dengan range antara -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807
  • QWord dengan range antara 0 sampai 18446744073709551615
Baca Juga  Cara Menginstal Free Pascal dan Cara Menggunakannya

Berikut ini adalah pengaplikasian jenis tipe data integer :

program tipe_integer;
uses crt;
var
a:shortint;
b:byte;
c:longint;
d:longword;
e:int64;
begin
clrscr;
a:=-128;
b:=255;
c:=-2147483648;
d:=4294967295;
e:=9223372036854775807;

writeln('a: ',a);
writeln('b: ',b);
writeln('c: ',c);
writeln('d: ',d);
writeln('e: ',e);
readln;
end.

tipe data integer pada pascal

Inilah tampilan program yang sudah di run sebagai bukti bahwa range yang sudah saya jelaskan di atas sudah ditetapkan oleh pihak pascal :

Latihan 10
Hasil Run Latihan 10

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya jika anda memutuskan untuk menggunakan salah satu jenis tipe data integer, sebaiknya perhatikan baik – baik jangkauan tipe datanya.

Untuk menjangkau lebih banyak data, disarankan untuk menggunakan jenis tipe data integer “longword” atau “int64” saja agar lebih aman dan mencegah error.

Karena biasanya banyak orang yang merasa kebingungan jika terjadi error yang ternyata setelah di telusuri antara jangkauan data dengan jenis tipe data integer yang digunakan tidak support. Namun jika anda hanya membutuhkan jangkauan data yang tidak terlalu banyak, penggunaan “integer” sudah cukup.

Contoh Program Tipe Data Integer Pada Pascal

Penggunaan tipe data integer pada program pascal sangatlah mudah, karena dituliskan dengan variabel biasa pada umumnya. Agar anda bisa lebih jelas, maka anda bisa lihat program di bawah ini.

Contoh program pascal pertama

Dibawah ini merupakan contoh kode program pascal pertama untuk tipe data integer yang saya gunakan.

program tipe_integer;
uses crt;
var
a:integer;
begin
clrscr;
a:=20;
writeln('a: ',a);
a:=15;
writeln('a: ',a);
a:= a + 10;
writeln('a: ',a);
readln;
end.

Latihan 6

Tampilan program setelah dijalankan

Apabila program pascal dengan tipe data integer diatas telah dijalankan, maka yang akan tampil adalah sebagai berikut

Hasil Run Latihan 6
Hasil Run Latihan 6

Pada contoh di atas, penggunaan tipe data integer saya aplikasikan pada baris ke tiga dengan menggunakan variabel a dengan nilai berbeda – beda. Untuk menampilkan proses perhitungan data yang sudah diinput, saya menggunakan perintah writeln. Dimana perintah writeln sendiri digunakan untuk menampilkan outputnya.

Contoh program pascal kedua

Dibawah ini merupakan contoh kode program pascal kedua yang saya gunakan untuk tutorial Cara Penggunaan Tipe Data Integer Pada Program Pascal.

program tipe_integer;
uses crt;
var
a,b,c,d:integer;
begin
clrscr;
a:=1234;
b:=-1234;
c:= a + b;
d:= a * 3;
writeln('a: ',a);
writeln('b: ',b);
writeln('c: ',c);
writeln('d: ',d);
readln;
end.

Latihan 7

Tampilan program setelah dijalankan

Apabila kode program pascal diatas dijalankan, maka akan menghasilkan tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

Baca Juga  Cara Penggunaan Write dan Writeln Pada Program Pascal
Hasil Run Latihan 7
Hasil Run Latihan 7

Pada contoh program di atas, saya sengaja mengisikan secara langsung pada variabel a dan juga variabel b, sehingga saat dijalankan secara otomatis akan muncul hasil penjumlahan yang didefinisikan sebagai variabel c dan hasil perkalian yang didefinisikan sebagai variabel d.

Catatan tambahan : perlu anda ketahui bahwasannya pada bahasa pascal jika anda sudah mengaplikasikan fungsi tipe data integer, maka anda tidak bisa menginput tipe data lainnya, karena nanti akan muncul keterangan error saat anda meruningnya.

Contoh program pascal ketiga

Berikut ini merupakan contoh kode program pascal yang ketiga dengan menggunakan tipe data integer.

program tipe_integer;
uses crt;
var
a:integer;
begin
clrscr;
a:='Berilid';
readln;
end.

Contoh Latihan 8

Tampilan program setelah dicoba untuk dijalankan

Setelah contoh program pascal ketiga diatas yang menggunakan tipe data integer dijalankan, maka akan menampilkan hasil seperti pada gambar dibawah ini.

tipe data integer pada pascal
Hasil Runing Latihan 8

Bisa anda perhatikan baik – baik program di atas, tipe data integer tidak akan mau jalan jika anda menginputnya dengan tipe data string “a:=’Berilid’;”. Contoh tersebut membuktikan bahwasannya tipe data integer pada pascal adalah menganut tipe data yang menggunakan variabel bertipe. Jika menggunakan tipe data integer, berarti anda harus menginput data yang masuk dalam kategori integer.

Sekarang mari kita coba pada contoh program di atas dengan mengisikan tipe data integer ya. Nantinya anda akan paham dimana letak perbedaannya.

Contoh program pascal keempat

Berikut ini adalah contoh kode program pascal yang terakhir yang dapat saya berikan dengan menggunakan tipe data integer.

program tipe_integer;
uses crt;
var
a:integer;
begin
clrscr;
a:=1234;
readln;
end.

tipe data integer pada pascal

Tampilan program setelah dicoba untuk dijalankan

Ketika contoh program pascal keempat diatas dijalankan, maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.

tipe data integer pada pascal
Hasil Run Latihan 9

Sekarang anda pasti lebih paham bukan, setelah tipe data seperti pada tampilan program yang sudah berhasil dijalankan. Ternyata memang benar saat diisi data yang support dengan tipe data integer, maka proses compiler pun sukses dilakukan.

Dengan menyimak informasi di atas mengenai cara penggunaan tipe data integer pada program pascal, saya harap anda lebih paham dan bisa mengaplikasikannya dengan baik. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua ya.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-