Cara Penggunaan Read dan Readln Pada Program Pascal

Cara Penggunaan Read dan Readln Pada Program Pascal

Pada kesempatan kali ini saya ingin melanjutkan Tutorial Program Pascal yang sebelumnya telah dibuat. Saat ini akan saya akan bahas mengenai Cara Penggunaan Read dan Readln Pada Program Pascal.

Pembelajaran program pascal memang berkaitan dengan berbagai macam kode yang harus anda pahami dengan baik. Jika anda memang serius ingin belajar pemrograman, sebaiknya mulai dari awal harus serius untuk mempelajarinya lebih lanjut. Kesungguhan hati yang anda mantapkan akan membantu lancarnya proses pembelajaran.

Belajar program pascal tidak hanya sebulan dua bulan langsung bisa, namun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk benar – benar menguasainya. Semakin banyak latihan dan dihadapkan dengan tantangan, tentu akan semakin menambah skil anda dalam dunia pemrograman.

Fungsi Read dan Readln

Kali ini saya akan menyajikan informasi mengenai perintah dari read dan readln pada program pascal. Sebelum memasuki pembahasan yang lebih detailnya lagi, sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu fungsi perintah dari read dan readln.

Sistem kerja read dan readln bertolak belakang dengan sistem kerja di write dan juga writeln pada program pascal. Jika write dan writeln mempunyai fungsi utama sebagai perintah output, maka perintah utama dari read dan readln adalah melakukan perintah input.

Cara Menulis Read dan Readln Pada Program Pascal

Dalam kode program pascal, penulisannya tidak boleh sembarangan. Karena dalam hal ini berhubungan langsung dengan keseluruhan dari kode program yang dibuat. Jadi anda harus memahaminya baik – baik sehingga saat dijalankan, maka kodenya bisa berjalan dengan sempurna.

Untuk mengaplikasikan perintah read dan readln, anda harus menyiapkan variabel yang dibutuhkan terlebih dahulu. Jangan lupa bahwasannya variabel yang dipilih juga harus sesuai dengan tipe data yang akan anda masukkan nantinya.

Baca Juga  Cara Menghitung Luas Persegi Panjang dengan Program Pascal

Misalnya saja jika anda ingin membuat data inputan yang isinya berupa daftar nama dan juga umur, maka lebih tepatnya jika anda mengisikan nama berarti harus menggunakan variabel string.

Kemudian untuk mengisikan data umur, berarti harus menggunakan variabel integer. Nah penggunaan kedua variabel tersebut kadang salah kaprah jika tidak dipahami dengan baik.

Membahas masalah teori saja rasanya tidak akan cukup untuk mendapatkan pemahaman, untuk itu saya akan hadirkan konsepnya berupa contoh kasus agar anda nantinya bisa ikut mempraktekannya secara langsung.

Kode Program

Latihan 3
Latihan 3
program input;
uses crt;
var
nama,alamat:string;
umur:integer;
ipk:real;

begin
clrscr;
writeln('Masukkan Data Mahasiswa');
writeln('=======================');
write('Nama :');
readln(nama);
write('Alamat :');
readln(alamat);
write('Umur :');
read(umur);
write('IPK :');
readln(ipk);

writeln;

writeln('=========HASIL=========');
write('Nama: ',nama,'. Alamat: ',alamat);
writeln('. Umur: ',umur,'. IPK: ',ipk:1:2);

readln;
end.

Note : jika anda memang ingin benar – benar bisa lebih cepat untuk menguasai program pascal, sebaiknya hindari copy paste kode di atas. Usahakan untuk melakukan pengetikan manual agar anda bisa mengetahu tahapan – tahapannya lebih detail.

Hasil Run Program

Setelah anda jalankan dengan memilih menu Run, jika berhasil akan muncul tampilan seperti di bawah ini yang bisa anda coba untuk input datanya secara langsung. Akhiri dengan enter setelah anda selesai melakukan penginputan data untuk menampilkan perintah selanjutnya ya.

Jika anda tidak mengenternya, maka tidak akan muncul perintah berikutnya. Kondisi seperti itu seringkali disalah artikan bahwa program tersebut error, padahal sebenarnya mungkin saja tidak.

Hasil Run Latihan 3
Hasil Run Latihan 3

Perbedaan Read dan Readln Pada Program Pascal

Setelah mengetahui fungsi read dan readln pada program pascal, sekarang saatnya anda mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan mendasar antara keduanya agar anda bisa lebih jelas dan tidak keliru.

Keduanya sebenarnya memiliki tujuan yang sama yakni melanjutkan perintah penginputan yang diminta oleh para user. Namun dalam prosesnya terdapat perbedaan yang tidak semua orang tahu.

Untuk read sendiri biasanya digunakan dalam membantu proses pembacaan data dengan versi horizontal saja. Setelah anda selesai dalam melakukan penginputan data, maka keberadaan cursor akan tetap sejajar dengan data yang sudah anda input, tidak akan berpindah ke baris di bawahnya.

Baca Juga  Cara Penggunaan Tipe Data Real Pada Program Pascal

Sedangkan readln sebaliknya akan membantu proses pembacaan data dengan versi vertikal saja. Setelah anda selesai melakukan penginputan data, maka keberadaan cursor akan berpindah ke baris di bawahnya.

Kode Program Menggunakan Fungsi Read

Read dan Readln Pada Program Pascal
Latihan 4
program input;
uses crt;
var
a,b,c,d:integer;
begin
clrscr;
writeln('Input 4 angka, dipisah dengan spasi:');
read(a);
read(b);
read(c);
read(d);
writeln;
writeln('Hasil Input:');
writeln('a: ',a,', b: ',b,', c: ',c,', d: ',d);
readln; readln;
end.

Hasil Run Program Menggunakan Fungsi Read

Read dan Readln Pada Program Pascal
Hasil Run Latihan 4

Note : Saat anda selesai mengetikan contoh angka, maka anda bisa pisahkan angka lainnya dengan spasi agar lebih memudahkan. Sehingga akan muncul hasil seperti di bawahnya.

Kode Program Menggunakan Fungsi Readln

Read dan Readln Pada Program Pascal
Latihan 5
program input;
uses crt;
var
a,b,c,d:integer;
begin
clrscr;
writeln('Input 4 angka, dipisah dengan enter:');
readln(a);
readln(b);
readln(c);
readln(d);
writeln;
writeln('Hasil Input:');
writeln('a: ',a,'. b: ',b,'. c: ',c,' d: ',d);
readln;
end.

Hasil Run Program Menggunakan Fungsi Readln

Read dan Readln Pada Program Pascal
Hasil Run Latihan 5

Note : Untuk penginputan data angka satu dengan yang lainnya, silahkan untuk memisahkan dengan menggunakan fungsi tombol keyboard enter ya agar bisa lebih memudahkan anda. Setelah anda berhasil menginput 4 contoh angka, maka hasilnya bisa anda lihat di paling bawah.

Nah dengan mempraktekannya langsung contoh – contoh yang saya berikan di atas, tentu akan membantu anda dalam mendapatkan pemahaman mengenai fungsi read dan readln pada program pascal. Jangan lelah untuk coba lagi dan lagi jika program yang anda buat terjadi kesalahan. Dari kesalahan tersebut, banyak pembelajaran yang anda dapatkan secara tidak langsung.

Dengan menyimak informasi mengenai cara penggunaan read dan readln pada program pascal yang sudah saya sajikan langkah demi langkah di atas, diharapkan anda bisa lebih menguasai cara kerja dari read dan juga readln tersebut. Selain itu saya juga sangat berharap bahwasannya ulasan yang saya berikan di atas bisa sedikit banyak membantu dan membawa manfaat bagi anda semua.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-