Cara Mengubah Huruf Besar ke Kecil dan Sebaliknya Pada Fungsi PHP

Cara Mengubah Huruf Besar ke Kecil dan Sebaliknya Pada Fungsi PHP

Dalam penggunaan Bahasa pemrograman PHP sehari – hari, terkadang anda harus tepat dalam menggunakan huruf besar atau pun huruf kecil. Namun sebagian orang masih menggunakan cara manual sehingga terasa merepotkan. Sebenarnya ada cara kok agar anda tak perlu repot apalagi sampai pusing hanya memikirkan cara mengganti huruf kecil ke besar atau sebaliknya.

Dalam Bahasa orang IT, kondisi ini biasanya disebut dengan istilah Case Conversation. Ada totalnya 4 fungsi yang bisa anda manfaatkan yang sebenarnya adalah fungsi bawaan dari Bahasa pemrograman PHP. Fungsi bawaan tersebut antara lain adalah ucwords(), ucfirst(), strtoupper(), dan strtolower().

Cara Merubah Huruf Kapital ke Kecil

Anda bisa memanfaatkan strtolower() yang bisa anda gunakan di dalam string pada Bahasa pemrograman PHP. Untuk menjalankan fungsi ini, anda harus menyiapkan 1 argumen saja. Tepatnya dengan melakukan pengubahan pada stringnya.

Saya mulai ya contoh penggunaan strtolowernya, silahkan anda simak dan perhatian baik – baik tampilan kode di bawah ini.

<?php 
$kalimat = "SAYA Sedang Belajar PHP di Beril.id"
$kalimat_new = strtolower ($kalimat);
echo $kalimat_new;
//saya sedang belajar php di
?>

Perlu anda ketahui, ternyata fungsi dari strtolower() sendiri pada string seringkali dijadikan sebagai perbandingan. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena variable awal yang digunakan belum diketahui, misalnya saja menggunakan huruf besar atau kecil. Agar anda bisa lebih jelas, tampilan koding di bawah ini pasti akan sangat membantu anda.

<?php
$dari_user = "Dudi";
$dari_database = "dudi";

if ($dari_user == $dari_database) {
echo "Sama";
}
else {
echo "Tidak Sama";
}

//Hasil : Tidak Sama
?>

Setelah menjalankan koding di atas, hasil yang diperoleh sesuai dengan tampilan tersebut yakni Tidak Sama. Untuk mengabaikan adanya perbedaan huruf besar dan kecil di atas, maka anda bisa melakukan konversi terlebih dahulu dengan memanfaatkan fungsi bawaan strtolower() seperti koding di bawah ini.

<?php 
$dari_user = "Dudi"; 
$dari_database = "dudi"; 

if (strtolower($dari_user) == strtolower($dari_database)) { 
echo "Sama"; 
} 
else { 
echo "Tidak Sama"; 
} 

//Hasil : Sama 
?>

Bisa anda perhatikan sendiri, setelah melakukan konversi dengan menggunakan fungsi bawaan strtolower(), hasil yang diperoleh menjadi Sama. Jika kasus yang anda kerjakan datanya diperoleh dari form, sebaiknya anda melakukan konversi terlebih dahulu ke dalam huruf kecil, baru kemudian melakukan penyimpanan ke database. Salah satu contohnya dalam kasus pembuatan username. Untuk kodingnya sendiri, anda bisa lihat yang sudah saya siapkan di bawah ini.

<?php
$user_name = strtolower ($_get["user_name"]);
//proses variabel user_name disini ?>

Cara Merubah Huruf Kecil ke Kapital

Dan sebaliknya, tidak hanya merubah dari huruf kapital ke huruf kecil, suatu waktu pengguna pun membutuhkan cara merubah huruf kecil ke huruf kapital. Untuk caranya sendiri tidak jauh berbeda seperti yang digunakan pada cara no 1 di atas, yang membedakan adalah fungsi yang digunakan saja. Anda bisa menggunakan fungsi strtoupper(). Ini dia tampilan koding yang bisa anda perhatikan, yang membedakan hanya penggunaan fungsinya saja bukan?

<?php 
$kalimat = "SAYA Sedang Belajar PHP di Beril.id" 
$kalimat_new = strtoupper ($kalimat); 
echo $kalimat_new; 
//SAYA SEDANG BELAJAR PHP DI BERIK.ID
?>

Pahami baik – baik dimana anda harus meletakkan fungsi tersebut. Perbedaan penggunaan warna pada koding tentu akan memudahkan anda dalam proses pembelajaran.

Baca Juga  Cara backup database otomatis dengan MySQL Backup FTP

Cara Merubah Huruf Bagian Pertama Pada Awal String

Pada poin ini, banyak pengguna yang mungkin salah mengartikan maksudnya. Disini yang akan dirubah adalah huruf pada awal string saja ya, bukan semua huruf di awal kata. Untuk bisa membuatnya, anda bisa menggunakan fungsi ucfirst().

Meskipun ada tanda titik pada kalimat tertentu, fungsi ini hanya akan berpengaruh pada huruf pertama pada awal string saja ya. Tidak peduli berapa panjang kalimatnya, tetap saja yang akan berubah adalah huruf  awal string. Tampilang koding di bawah ini bisa anda jadikan sebagai dasar atau acuan, bahwasannya dengan menggunakan fungsi tersebut, berhasil merubah huruf awal string menjadi huruf kapital.

<?php 
$kalimat = "saya sedang belajar PHP di Beril.id" 
$kalimat_new = ucfirst ($kalimat); 
echo $kalimat_new; 
//Saya sedang belajar PHP di Beril.id
?>

Jika dilihat dengan seksama, kalimat yang saya buat sebagai contoh tersebut mengandung 3 kalimat. Nah terbukti bukan, yang berubah menjadi huruf kapital adalah huruf awal string saja yaitu “Saya”.

Cara Merubah Awal Huruf Pada Setiap Kata

Pada bagian ini, baru kita akan belajar bagaimana merubah semua awalan huruf pada setiap kata. Caranya juga mudah kok, tak beda jauh dengan beberapa cara yang sudah saya jelaskan di atas. Anda bisa menggunakan fungsi ucword() untuk mewujudkannya. Perhatian baik – baik, contoh yang saya berikan di bawah ini.

<?php 
$kalimat = "saya sedang belajar php di beril.id" 
$kalimat_new = ucwords($kalimat); 
echo $kalimat_new; 
//Saya Sedang Belajar Php Di Beril.Id 
?>

Hasilnya bisa anda lihat pada tampilan koding yang saya buat di atas, bahwasannya semua huruf pertama pada setiap kata, berubah menjadi huruf kapital semua. Anda tak perlu lagi melakukan perubahan secara manual yang tentu saja membuang – buang waktu dan tenaga.

Untuk contoh selanjutnya, saya mencoba mengolah penggunaan huruf menjadi kombinasi antara huruf kapital dan huruf kecil, kita lihat bagaimana hasilnya.

<?php 
$kalimat = "SAYA Sedang Belajar PHP di Beril.Id" 
$kalimat_new = ucwords($kalimat); 
echo $kalimat_new; 
//SAYA Sedang Belajar PHP Di Beril.Id 
?>

Pada tampilan koding di atas, terlihat jelas kata yang awalnya menggunakan huruf kecil adalah “di” saja. Hasilnya pun menunjukkan demikian, yang mengalami perubahan hanya kata “di” saja, kata yang lain tetap sama karena memang dari awal sudah menggunakan huruf kapital.

Baca Juga  Cara Penggunaan Read dan Readln Pada Program Pascal

Dengan kata lain, bisa disimpulkan bahwasannya menggunakan fungsi ucwords(), saya tekankan perubahan hanya terjadi pada awal huruf di setiap kata. Jadi untuk huruf kedua, ketiga dan seterusnya tidak akan terpengaruh.

Cara Membuat Kalimat Menjadi Seragam

Anda bisa mengkombinasikan fungsi PHP untuk membuat kalimat agar hasilnya seragam dan nyaman saat dibaca. Fungsi yang akan saya gunakan adalah strtolower() dan ucwords(). Silahkan simak gambar koding yang saya buat di bawah ini.

<?php 
$kalimat = "SAYA Sedang Belajar PHP di Beril.Id" 
$kalimat_kecil = strtolower($kalimat); 
$kalimat_new = ucwords($kalimat_kecil); 
echo $kalimat_new; 
//Saya Sedang Belajar Php Di Beril.Id 
?>

Nah itulah cara yang bisa saya jelaskan kepada anda semua. Dengan memahaminya, tentu saja akan membantu memudahkan anda dalam mengolah pembuatan koding pada Bahasa pemrograman PHP. Semakin luas pengetahuan anda tentang PHP, peluang mendapatkan penghasilan lebih pun terbuka lebar untuk diri anda. Tetap semangat dan semoga penjelasan di atas bisa membawa manfaat.

Bagikan :