Cara Menginstal Free Pascal dan Cara Menggunakannya

Cara Menginstal Free Pascal di Windows 10

Cara Menginstal Free Pascal di Windows 10 ini merupakan langkah awal untuk anda memulai belajar bagaimana cara menggunakan Free Pascal yang akan dibuat di beril.id.

Apa itu Free Pascal

Free pascal adalah salah satu aplikasi compiler pascal yang dapat anda gunakan untuk melakukan compile atau menjalankan program pascal pada komputer anda. Free Pascal merupakan aplikasi gratis sehingga siapapun dapat menggunakannya. Selain gratis, aplikasi Free Pascal dapat berjalan di lintas platform atau sistem operasi baik Linux, Windows maupun Mac Os.

Selain Free Pascal, sebenarnya terdapat aplikasi lain yang dapat anda gunakan sebagai compiler pascal yaitu Turbo Pascal. Tetapi pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas Turbo Pascal.

Untuk menggunakan aplikasi Free Pascal di windows 10, anda tetap harus melakukan instalasi Aplikasi Free Pascal ini. Caranya cukup mudah, sama seperti anda melakukan instalasi aplikasi lainnya. Perhatikan langkah – langkah yang harus anda lakukan untuk menginstal Free Pascal di windows 10.

Download Aplikasi Free Pascal IDE

Installer Free Pascal untuk Windows
Installer Free Pascal untuk Windows

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk menginstal Free Pascal di Windows 10 adalah mempersiapkan file mentah atau installer Free Pascal yang akan anda instal. Silahkan perhatikan gambar di atas terlebih dahulu. Anda bisa menemukannya di folder download jika memang file mentah Free Pascal tersebut sudah berhasil anda download. Jika belum silahkan anda download disini.

Instal Free Pascal di Windows

Dalam proses penginstalan ini, perlu anda ketahui bahwasannya saya memakai Windows 10 64 bit. Jika anda menggunakan sistem operasi dengan spek yang lebih tinggi bisa menyesuaikan sendiri.

Silahkan double klik file mentah atau installer Free Pascal yang sudah disiapkan. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Mulai Instalasi
Setup Free Pascal

Klik button Next untuk lanjut ke proses berikutnya. Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Baca Juga  Cara Penggunaan Tipe Data Char Pada Program Pascal
Pilih Lokasi Instalasi
Select Destination Location

Select destination location mempunyai tujuan untuk memilih dimana anda akan meletakkan hasil instalan aplikasi Free Pascalnya. Pada gambar di atas, saya pilih storage C. Anda bisa klik button Browse jika ingin meletakkannya di tempat lain. Jika sudah anda pilih tempat penyimpanannya, anda bisa klik button Next.

Cara Menginstal Free Pascal di Windows 10
Select Components

Pada Select Components anda bisa memilih Full Installations untuk mendapatkan fungsi lengkap dari aplikasi Free Pascal dan klik button Next.

Cara Menginstal Free Pascal di Windows 10
Select Start Menu Folder

Pilih default folder saja Free Pascal, kemudian klik button Next. Jika sudah berubah menjadi bentuk file aplikasi yang siap pakai, ukuran Free Pascal akan berubah menjadi memiliki ukuran sekitar 150 MB. Ukuran yang dibilang masih standar untuk bentuk aplikasi.

Cara Menginstal Free Pascal di Windows 10
Select Additional Tasks

Silahkan ceklist semua kotak yang ada untuk mendapatkan fungsi maksimal dari aplikasi Free Pascal. Associate .pas dan Associate .dpr biasanya digunakan untuk membantu anda saat membangun program yang berhubungan dengan matematika seperti halnya perhitungan luas bangun datar. Kemudian jika sudah anda pastikan betul – betul jika semua kotaknya terceklist, barulah anda klik button Next.

Proses Instal Free Pascal

Cara Menginstal Free Pascal di Windows 10
Ready to Install

Nah jika sudah muncul seperti tampilan gambar di atas, maka proses menginstal Free Pascal di Windows 10 bisa segera dilakukan. Setelah anda benar – benar yakin bahwasannya proses sebelumnya tidak ada masalah, silahkan untuk melanjutkannya dengan mengklik button Instal.

Proses Menginstal Free Pascal di Windows 10
Installing

Itulah tampilan proses menginstal free pascal di windows 10 yang sedang berlangsung. Tunggu beberapa saat sampai proses benar – benar selesai dan pastikan anda tidak mengklik button cancel ya. Setelah kurang lebih 3 sampai 5 menit proses penginstalan berlangsung, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Informasi Aplikasi Free Pascal
Information

Bisa langsung klik button Next saja agar proses menginstal Free Pascal bisa segera diselesaikan dengan baik.

Aplikasi Free Pascal Siap Digunakan
Aplikasi Free Pascal Siap Digunakan

Akhirnya sampai juga ke tahap akhir dalam cara menginstal free pascal di windows 10, anda bisa langsung mengklik button Finish dan dapat langsung anda gunakan sebagai compiler pascal untuk memulai proses belajar bahasa pemrograman Free Pascal.

Aplikasi Free Pascal Siap Digunakan

Setelah proses install Free Pascal selesai, maka anda bisa menemukan shortcutnya pada Desktop komputer atau laptop anda. Coba saja langsung cek ke TKP ya, pasti akan anda temukan dengan catatan proses penginstalan memang sudah benar – benar sukses. Perhatikan gambar di bawah ini!

Baca Juga  Cara Menghitung Luas Persegi Panjang dengan Program Pascal
Aplikasi Free Pascal
Aplikasi Free Pascal

Jika anda sudah bisa menemukannya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencoba menggunakannya. Nama IDE yang muncul sebagai pelengkap Free Pascal merupakan singkatan dari Integrated Development Environment.

Dalam dunia pemrograman IDE sendiri memiliki fasilitas utama di dalamnya seperti debugger, compiler dan code editor. Terdapat juga fasilitas – fasilitas lainnya yang mempunyai peran penting dalam membantu dan mendukung proses pembuatan sebuah program.

Cara Menggunakan Free Pascal

Inilah penampakan halaman utama dari aplikasi Free Pascal. Anda bisa lihat tampilannya kurang nyaman karena ukuran aslinya belum diatur. Selanjutnya anda bisa mengatur ukurannya agar nantinya meningkatkan rasa nyaman bagi anda saat menggunakannya.

Tampilan Halaman Utama Free Pascal
Tampilan Halaman Utama Free Pascal

Cara untuk mengaturnya pun sangatlah mudah, karena pada dasarnya cara kerja dari Aplikasi Free Pascal sendiri sama dengan cara kerja CMD (Command Prompt) yang ada pada komputer atau pun laptop anda.

Untuk memulai mengatur ukurannya, anda bisa arahkan kursor tersebut ke bagian bingkai Aplikasi Free Pascal pada bagian atas. Kemudian anda bisa langsung klik kanan. Silahkan pilih Properties untuk memulai proses pengaturannya.

Pengaturan Ukuran Halaman Utama
Pengaturan Ukuran Halaman Utama

Setelah anda klik Properties, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Tampilan Properties
Tampilan Properties

Pada tampilan di atas terlihat fungsi yakni Options, Font, Layout, Color yang bisa anda gunakan dalam mengatur tampilan Aplikasi Free Pascal sehingga berubah menjadi User Friendly sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Sekarang anda sudah bisa belajar dengan tenang. Tidak ada istilahnya sulit dalam belajar asalkan ada kemauan keras dibaliknya. Setiap langkah yang saya jelaskan di atas sudah saya usahakan sedetail mungkin agar anda bisa mengikutinya tanpa ada kesulitan yang berarti. Jadi sekarang saatnya anda untuk belajar  bagaimana cara menggunakan Free Pascal.

Setelah anda menyimak langkah demi langkah cara menginstal free pascal di windows 10 dan cara menggunakan free pascal diatas yang sudah saya sajikan untuk anda tersebut, diharapkan bisa memudahkan dan membantu proses belajar yang sedang anda lakukan. Semoga membawa banyak manfaat bagi anda semua ya.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-