Cara Menghitung Luas Persegi Panjang dengan Program Pascal

Cara Menghitung Luas Persegi Panjang dengan Program Pascal

Dalam dunia pemrograman, pembelajaran mulai dari dasar sangatlah penting untuk dilakukan terutama bagi anda seorang pemula. Tidak berbeda jika anda belajar bahasa pemrograman pascal.

Anda harus paham kode – kode dasar sehingga bisa mengaplikasikannya untuk beragam kebutuhan. Misalnya saja dalam hal menghitung luas persegi panjang dengan program pascal.

Mengambil materi perhitungan dalam pembelajaran pemrograman memang dianggap paling tepat untuk dilakukan. Karena keduanya sama – sama menawarkan keahlian dalam berlogika. Dengan begitu diharapkan anda akan menjadi terbiasa dalam mengolah kode – kode program.

Di bawah ini terdapat contoh dimana anda bisa menghitung luas persegi panjang dengan program pascal. Yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Siapkan Aplikasi Pascal

Sebelum memulai pembelajaran program pascal, anda harus memastikan bahwasannya aplikasi pascal yang akan digunakan untuk belajar bisa bekerja dengan baik.

Silahkan siapkan terlebih dahulu aplikasi pascalnya ya. jika belum ada silahkan ikuti tutorial cara menginstall free pascal ini.

Buat Rancangan Alur Program atau Alur Logika

Jangan anggap remeh yang namanya alur program. Kalau dalam teori biasa disebut dengan flowchart. Dengan mengetahui bagaimana alur program yang akan dibuat, tentu akan memudahkan dalam proses pembuatan program itu sendiri.

Karena kali ini saya akan membahas cara menghitung luas persegi panjang dengan program pascal menggunakan aplikasi free pascal, berarti alur program yang dibuat juga berkaitan dengan pembahasan tersebut ya.

Program Luas_Ppanjang;

Dalam pembuatan sebuah program, terkadang sebagian orang senang menggunakan judul program untuk mempermudah pemahaman dan sebagai identitas. Tanpa harus mempelajarinya terlebih dahulu, dengan mengetahui namanya saja sudah bisa meningkatkan daya tarik.

Perlu anda ketahui bahwasannya penggunaan judul program tidak diwajibkan kok, jadi bebas sesuai dengan selera. Untuk program kali ini saya beri nama : Program Luas_Ppanjang. Jika anda memutuskan menggunakan judul program, maka anda harus mengetahui prosedurnya dengan baik ya.

Baca Juga  Cara Penggunaan Write dan Writeln Pada Program Pascal

Uses crt;

Uses crt; merupakan definisi dari program bersangkutan. Definisi tersebut boleh anda gunakan atau pun tidak. Jadi intinya bebas ya sesuai dengan kebutuhan anda masing – masing. Uses crt; biasanya digunakan dengan tujuan utama agar bisa menggunakan fungsi dari menu window Clrscr; .

Var

Var diartikan sebagai variabel. Dalam setiap variabel yang digunakan terdapat masing – masing bentuk data dan juga tipe data. Misalnya saja karena kali ini membahas panjang dan lebar, maka bisa menggunakan variabel p dan l. Untuk variabel p dan l sendiri bisa anda gunakan integer. Cara penulisannya p, l : integer;. Posisi p dan l bisa dikategorikan sebagai bilangan bulat.

Begin

Penggunaan begin bisa anda masukkan ke dalam koding progam dan jangan lupa akhiri dengan end . Fungsi dari begin bisa digunakan sebagai pengelompokan yang di dalamnya terdapat perintah – perintah khusus dari program yang anda buat.

Clrscr;

Sangat disarankan bagi anda yang menggunakan program pascal selalu menggunakan fungsi Clrscr; karena bisa membantu melakukan penghapusan secara otomatis perihal program yang dibuat sebelumnya. Jika anda memutuskan untuk menggunakan kode Clrscr; , maka anda harus mengawalinya dengan Uses crt; .

Write;

Kode write;dalam program menghitung luas persegi panjang dengan free pascal bisa digunakan untuk menampilkan data atau isi yang ada di dalam program tersebut. Jadi anda bisa menggunakan fungsi write; tersebut agar lebih memudahkan.

Readln;

Fungsi ini mempuyai peran dalam membantu proses pembacaan program atau pun kode – kode yang anda buat sehingga bisa dijalankan. readln; sendiri mempunyai keterkaitan dengan Write. Anda harus memahami baik – baik cara penulisannya. Karena pada setiap program yang anda buat dengan menggunakan  program pascal, wajib hukumnya terdapat kode readln; tersebut.

Selain itu fungsi readln; juga bisa digunakan untuk membantu anda dalam melihat apa saja isi dari program yang dibuat sebelumnya, setelah program tersbut dijalankan.

Membuat Coding Luas Persegi Panjang

Berikut ini coding program pascal untuk menghitung luas persegi panjang, saya sangat menyarankan agar anda mengetiknya secara manual agar terbiasa. Hindari kebiasaan copy paste jika anda ingin segera mahir dalam menggunakan kode – kode program pascal.

Baca Juga  Cara Penggunaan Read dan Readln Pada Program Pascal

Dengan mengetik secara manual, seiring berjalannya waktu anda akan sedikit demi sedikit memahami dan hafal susunan – susunannya secara berurutan. Anda pun akan bisa dengan mudah mengaplikasikan dan mengembangkan kode – kode dasar untuk berbagai jenis program yang dibutuhkan.

Program Luas_Ppanjang;
uses crt;
Var    l,p  : integer
lu    : real
begin
clrscr;
write(‘Masukkan Nilai Panjang : ‘);readln(p);
write(‘Masukkan Nilai Lebar    : ‘);readln(l);
lu :=  p*l;
writeln(‘Nilai Luas Persegi Panjang= ‘,lu);
readln;
end.

Untuk tampilan kodingan programnya pada aplikasi pascal bisa anda lihat dan ikuti seperti yang sudah saya buatkan seperti di bawah ini.

Cara Menghitung Luas Persegi Panjang dengan Program Pascal
Program Luas Persegi Panjang

Jalankan Program Luas Persegi Panjang

Untuk memulai mencoba program pascal mencari luas persegi panjang apakah berfungsi atau tidak, maka anda bisa langsung mengklik menu run yang ada di deretan menu bagian atas.

Untuk memastikan kode program yang anda buat tidak ada yang error, silahkan klik menu Compile. Jika memang berhasil, maka akan muncul keterangan “sukses”. Selanjutnya anda bisa klik menu Run untuk menjalankannya. Berikut tampilan program pascal perhitungan luas persegi panjang saat dijalankan.

Hasil Runing Pascal
Hasil Runing Pascal

Untuk uji cobanya sendiri, anda bisa memasukkan angka pada perintah nilai panjang, kemudian enter. Lanjutkan dengan mengisi perintah nilai lebar, kemudian enter.

Secara otomatis akan muncul hasil luas dari perhitungan persegi panjang sesuai dengan ukuran yang telah dimasukkan. Untuk kembali ke tampilan kode program, anda hanya perlu mengenternya saja. Mudah bukan?

Demikian penjelasan mengenai Cara Menghitung Luas Persegi Panjang dengan Program Pascal. Diharapkan bisa membantu anda semua dalam belajar program pascal mulai dari dasar. Semoga bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-