Cara Menggunakan Elementor Page Builder di WordPress

Cara Menggunakan Elementor Page Builder di Wordpres

Cara Menggunakan Elementor Page Builder di WordPress. Sebagai pelaku usaha yang ingin mempunyai tampilan website menarik, profesional, responsif dan user friendly, tentu dibutuhkan teknis khusus dalam melakukan pengaturan letak halaman dengan baik.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan tata letak dari website yang anda design. Tata letak memang menjadi salah komponen utama yang harus diperhatikan, jadi anda tidak boleh mengabaikannya ya.

Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara mengatur tata letak halaman, maka bisa simak penjelasan di bawah ini mengenai Cara Menggunakan Elementor Page Builder di WordPress.

Login Pada Website yang Akan Anda Atur

Langkah pertama dalam cara menggunakan Elementor page builder di WordPress adalah dengan melakukan login pada website yang akan anda atur terlebih dahulu. Langkah pertama ini hukumnya wajib dilakukan, karena pada setiap proses pengelolaan website, tanpa melakukan login terlebih dahulu, maka anda tidak akan bisa melakukan pengaturan apapun.

tampilan login
tampilan login

Selajutnya anda akan dibawa pada tampilan dashboard website Anda. Untuk melakukan pengaturan letak halaman dengan mudah dan modern, saya memberikan saran kepada anda untuk menggunakan plugin page builder yaitu Elementor.

Plugins Elementor
Plugins Elementor

Note : bagi anda yang belum memiliki plugins Elementor, silahkan lakukan instalasi plugins elementor tersebut di menu plugins dan jangan lupa untuk aktifkan. Jika plugins Elementor berhasil anda instal dan aktifkan, maka akan muncul di deretan menu pada bagian kiri tampilan layar.

Pilih Halaman yang Akan Anda Atur Letaknya

Selanjutnya anda bisa mengatur letak halaman mana yang ingin diatur. Silahkan klik menu Pages untuk melakukan pengaturan halaman.

Menu Pages
Menu Pages

Setelah Menu Pages anda klik, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Tampilan Deretan Pages yang Sudah Dibuat
Tampilan Deretan Pages yang Sudah Dibuat

Perhatikan gambar di atas yang sudah saya berikan tanda panah, pada tampilan tersebut terdapat deretan Pages yang sudah dibuat sebelumnya. Pada tampilan di atas terdapat 30 Pages yang sudah dibuat. Silahkan pilih halaman mana saja yang akan anda atur letaknya agar terlihat lebih rapi dan profesional.

Baca Juga  Cara Mengganti Tema atau Template di Wordpress
Home Pages
Home Pages

Pada pembahasan kali ini saya ingin memberikan contoh pengaturan letak halaman di Home Pages. Silahkan klik Home Pages untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Edit Page dengan Plugin Page Builder Elementor
Edit Page

Jika anda sudah berhasil melakukan penginstalan plugins Elementor, maka secara otomatis button Edit with Elementor akan muncul pada setiap pages yang anda buat. Silahkan klik button “Edit with Elementor” untuk melanjutkan proses pengaturan letak halaman.

Proses Pengaturan Home Pages Website

Langkah selanjutnya mengenai Cara Menggunakan Elementor Page Builder di Wordpres adalah anda bisa memulai untuk melakukan pengaturan letak halaman sesuai selera yang anda inginkan. Karena saya sudah melakukan pengaturan sebelumnya, jadi tampilan di bawah ini sudah rapi.

Cara Menggunakan Elementor Page Builder di WordPress

Untuk memulai pengaturan pada letak halaman, anda bisa memanfaatkan fitur yang yang berada di sebelah kiri tampilan layar untuk menambahkan berbagai macam fungsi pada website anda sehingga letak halamannya menjadi lebih rapi, profesional, menarik dan enak untuk dipandang.

Cara Menggunakan Elementor Page Builder di WordPress
Fitur Pendukung di Elementor

Pehatikan pada tampilan utama dari pages, anda pasti bisa melihat keterangan “Drag Widget Here”. Nah disitulah nanti anda bisa menggunakan fitur widget yang disediakan oleh Elementor.

Anda bisa bebas memilih fitur mana saja yang akan digunakan sesuai dengan  kebutuhan website anda. Untuk melihat lebih lengkap dari fitur yang ditawarkan oleh Elementor, maka anda bisa scrollkan mouse anda ke bagian bawah. Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut mengenai fitur – fitur yang ditawarkan tersebut.

Drag Widget Here
Drag Widget Here

Logo Plus bisa adalah “Add New Section” dan Logo Folder adalah “Add Template”. Add New Section berfungsi untuk menambahkan fitur Elementor yang ada di sebelah kiri layar. Sedangkan Add Template berfungsi untuk menambahkan desain tema yang sudah jadi. Perhatikan jika anda mengklik fungsi Add New Section, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Select Your Structure
Select Your Structure

Silahkan pilih salah satu struktur yang anda ingin gunakan. Saya berikan contoh 1 fitur Elementor yang digunakan. Misalnya saja saya pilih struktur pertama, maka tampilan akan seperti ini.

Baca Juga  Membuat host dan hostGroup sederhana di server Icinga2 dan Icingaweb2
Tampilan Setelah Select Your Structure
Tampilan Setelah Select Your Structure

Perhatikan bagian garis biru yang ada tanda tambahnya, disitulah nanti anda akan meletakkan fitur Elementornya. Silahkan klik, kemudia Drag & Drop salah satu fitur yang diinginkan. Misalnya saja saya ingin memberikan Heading, maka tampilannya akan menjadi sepeti di bawah ini.

Penggunaan Fitur Heading
Penggunaan Fitur Heading

Ganti saja textnya dengan Heading yang sesuai dengan pengaturan halaman website anda. Untuk mengaplikasikan fitur lainnya, maka anda hanya perlu Add New Section atau pun Add Template saja. Silahkan atur dan sesuaikan dengan tampilan yang anda inginkan. Jangan lupa untuk klik button “Update” berwarna hijau untuk menyimpan setiap perubahan yang dilakukan.

Tahap Akhir Pengaturan Letak Halaman WordPress

Jika anda sudah merasa semua proses pengaturan letak halaman selesai, maka anda bisa mengupdatenya dan silahkan kunjungi website anda untuk melihat tampilan versi pengguna. Dengan begitu anda akan tahu, apakah letak halamannya sudah bagus atau belum.

Apabila dirasa masih ada yang perlu diperbaiki, maka anda bisa melakukan pengaturan lebih lanjut. Ulangi kembali cara tersebut untuk melakukan pengecekan lebih lanjut bagaimana tampilan setelah dilakukan proses pengaturan kembali.

Setelah anda menyimak pembahasan lengkap yang sudah saya berikan di atas mengenai Cara Menggunakan Elementor Page Builder di Wordpres, saya mempunyai harapan besar agar bisa membantu kesulitan anda dalam proses berjuang mewujudkan sebuah website yang profesional. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-