Cara Mengganti Tema atau Template di WordPress

Cara Mengganti Tema di WordPress

Demi mempunyai sebuah website bisnis yang handal dan profesional, banyak orang yang rela menggelontorkan dana jutaan rupiah hanya untuk mendapatkan tema yang nantinya bisa di aplikasikan pada websitenya.

Memang sebuah bisnis akan lebih tampak menarik jika mempunyai situs web resmi yang menarik pula. Wajar saja jika banyak orang rela merogoh kocek dalam – dalam hanya untuk tema website.

Perlu anda ketahui, bahwasannya tidak semua tema yang akan anda gunakan sepenuhnya berbayar. Ada banyak tema gratis yang bisa anda manfaatkan untuk mendesain website anda.

Jika anda kreatif memanfaatkan peluang tersebut, tema gratis pun bisa dikemas menjadi tampilan website yang handal. Hanya saja untuk fungsi fiturnya sangat terbatas, berbeda dengan tema premium.

Agar anda bisa lebih jelas seputar tema website, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara mengganti tema di WordPress.

Melakukan Login di WordPress

Langkah pertama untuk cara mengganti template di wordpress tentunya dibutuhkan yang namanya login terlebih terlebih dahulu. Untuk itu anda bisa mengunjungi link website anda terlebih dahulu agar bisa melakukan login.

Caranya sangat mudah, contohnya seperti ini namadomainanda.com/wp-admin, kemudian klik enter. Bagi anda pengguna baru, informasi ini sangatlah dibutuhkan. Silahkan masukkan username dan passwordnya dengan benar.

tampilan login
tampilan login

Silahkan Cari Menu Appearance

Anda bisa menemukan menu Appearance di tampilan layar sebelah kiri tepat di atas menu plugins. Setelah menemukannya, maka anda bisa mengkliknya dan pilih Themes. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Menu Appearance dan Themes
Menu Appearance dan Themes

Tampilan di atas menunjukkan daftar tema yang pernah anda instal dan gunakan. Jika ingin menggantinya dengan tema lain, maka anda bisa klik button Add New di bagian atas.

Baca Juga  Cara Membuat Child Theme Wordpress

Klik Button Add New

Menambah Tema Gratis di WordPress
Button Add New

Selanjutnya anda bisa langsung klik button Add New dan tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan seperti di bawah ini.

Tampilan Pilihan Tema
Tampilan Pilihan Tema

Kemudian anda bisa melakukan pencarian tema mana yang mungkin saja cocok untuk diaplikasikan sesuai dengan jenis bisnis atau bidang yang dijalankan. Jika anda sudah mendapatkan nama tema yang dicari, silahkan masukkan ke kolom “Search Themes” yang ada di bagian kanan.

Namun jika memang anda belum tahu seperti apa tema yang akan digunakan, maka anda bisa menggeserkan scroll mouse ke bagian bawah secara perlahan untuk menemukan tema paling tepat.

Pelajari Lebih Lanjut Tema yang Akan Anda Pilih

Sebelum anda memutuskan untuk menginstalnya, sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu tema tersebut. Caranya sangat mudah kok, anda tinggal arahkan kursor anda ke bagian badan tema yang akan dilihat, maka secara otomatis akan muncul menu “Details & Preview”.

Kemudian anda bisa langsung mengkliknya. Untuk fungsi “Preview” saja, maka anda bisa klik button “Preview” yang berada di bagian kanan bawah tema. Pada pembahasan ini, saya memberikan contoh pada tema “Swiftray”. Coba perhatikan tampilan di bawah ini.

Detail dan Preview Tema
Detail dan Preview Tema

Setelah anda klik “Details & Preview”, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Anda bisa cek secera detail dan pelajari lebih lanjut.

Tampilan Details dan Preview Tema Swiftray
Tampilan Details dan Preview Tema Swiftray

Langkah terakhir mengenai cara mengganti tema di wordpress adalah anda bisa langsung melakukan penginstalan. Klik saja button “Install” berwarna biru. Tunggu beberapa saat sampai muncul keterangan “Activate” dan bisa langsung anda klik untuk mengaktifkannya.

Setelah berhasil diaktifkan, maka anda akan di bawa ke tampilan tema yang sudah pernah diinstal. Perhatikan gambar di bawah ini.

Tampilan Tema Swiftray yang Berhasil di Instal
Tampilan Tema Swiftray yang Berhasil di Instal

Setelah tema yang anda instal muncul di deretan menu “Theme” seperti tampilan di atas, maka proses penginstalan yang anda lakukan sudah berhasil.

Coba Jalankan Website Anda

Sekarang saatnya anda melakukan pengecekan terhadap tampilan website anda sudah berubah atau tidak. Jika sudah berubah, maka proses penggantian tema yang anda lakukan terbukti berhasil.

Baca Juga  Tutorial Install Wordpress di Cpanel dengan Softaculous

Namun jika ternyata belum, saya sarankan untuk melakukan uji coba penginstalan tema lainnya. Karena kemungkinan tema yang anda instal tidak kompatibel dengan versi WordPress yang anda gunakan saat ini.

Solusi yang bisa dilakukan adalah, melakukan penginstalan tema lain yang kompatibel atau bisa juga anda update terlebih dahulu versi WordPress anda ke versi terbaru. Kemudian silahkan coba lagi untuk menjalankan websitenya ya.

Tips tambahan agar tampilan website anda terlihat profesional

Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan agar website yang anda miliki terlihat profesional, antara lain :

Gunakan plugins Elementor untuk mendesign tampilan website

Plugins satu ini bisa anda jadikan pelengkap untuk membantu melakukan desain pada tampilan website anda. Berbagai halaman yang anda buat, bisa didesain sesuka hati sehingga tampak lebih menarik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Jika anda hanya mengandalkan tema yang sudah anda instal sebelumnya saja, maka akan berpeluang besar mirip dengan website orang lain di seluruh dunia. Karena memang tema tersebut bisa diinstal oleh banyak pemilik website.

Buatlah tata letak yang menarik dan rapi

untuk meningkatkan penampilan dari tema yang sudah anda gunakan, sebaiknya anda pertimbangkan tata letak tampilan yang anda aplikasikan pada website anda. Pertimbangkan baik – baik beberapa komposisi utama dan komposisi pendukung agar tidak terlihat berlebihan.

Tambahkan konten pendukung

Konten atau pun tulisan memang sangat memberikan pengaruh besar bagi tingkat profesionalitas dari sebuah website. Jika diperlukan, tambahkan konten – konten menarik yang berhubungan dengan bisnis yang sedang anda jalankan.

Nah setelah anda menyimak pembahasan di atas yang sudah saya berikan mengenai cara mengganti tema wordpress, diharapkan bisa membantu anda semua dan membawa banyak manfaat. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-