Cara Mendaftarkan Alamat Rumah dan Toko di Google Map

Google Business Dsign ID

Hai Beril.id, Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan informasi mengenai bagaimana cara untuk mendaftarkan alamat di google map. Alamat yang ingin didaftarkan bisa alamat rumah, alamat kantor, toko, lokasi bisnis maupun alamat organisasi kita pada google map.

Untuk mempermudah pemahaman silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

Google Business Dsign ID

Kita akan menambahkan sebuah titik seperti gambar diatas yaitu DSIGN.ID | Jasa Pembuatan Website Murah Profesional Jakarta dengan menggunakan aplikasi yang ada digoogle yang bernama Google Bisnisku.

Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah sebuah produk dari google dimana anda dapat menambahkan Titik atau Lokasi berupa alamat pada Google Map. Lokasi yang dapat ditambahkan dapat berupa alamat Rumah, Toko, Kantor, Bisnis anda maupun untuk Organisasi anda.

Mungkin apabila anda menggunakan google map, anda sering kali melihat banyak titik yang menunjukkan suatu hotel, toko , restoran dan lokasi bisnis lainnya. Titik – titik tersebut tidak begitu saja ada di google maps.

Anda sebagai pemilik alamat tentu harus menambahkan tempat di google terlebih dahulu. Pendaftaran alamat rumah, toko, lokasi bisnis maupun organisasi di google map bisa dilakukan di Google Bisnisku ini.

Untuk mengetahui bagaimana cara mendaftarkan alamat di google map melalui Google Bisnisku, silahkan anda lanjutkan membaca artikel ini.

Apa Keuntungannya Mendaftarkan tempat di Google Map?

Tentu google tidak akan membuat suatu sistem dengan sia – sia tanpa manfaat sama sekali. Begitu pula dengan manfaat mendaftarkan tempat atau alamat rumah maupun toko di google map. Berikut beberapa manfaat saya rasakan semenjak mendaftarkan alamat toko maupun lokasi bisnis di google map.

  1. Lokasi Bisnis ataupun Alamat Toko kita akan lebih mudah ditemukan oleh orang lain yang ingin mengetahui lebih jauh tentang kita.
  2. Mempermudah orang lain mengetahui lokasi bisnis kita ataupun organisasi kita melalui penelusuran google maupun map google.
  3. Jika anda belum memiliki sebuah website, Google Bisnisku ini menyediakan pembuatan website dalam sekejap.
  4. Mempermudah orang lain untuk mengunjungi alamat rumah kita, toko maupun lokasi bisnis kita dari aplikasi yang bekerja sama dengan google maps seperti Gojek, Grab, Instagram dan lain sebagainya.
  5. Saat menggunakan google map, anda dapat langsung direction ke titik rumah anda tanpa harus mencari titik yang tepat.
Baca Juga  4 Situs Gratis untuk Mengecek Performa dan Kecepatan Website

Bagaimana Cara Mendaftarkan Alamat di Google Map ?

Untuk mendaftarkan alamat lokasi bisnis anda di Google Map, anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

Akses Google Bisnisku

Langkah Pertama untuk mendaftarkan alamat toko di google map adalah anda harus membuka Google Bisnisku. Anda dapat mencarinya di mesin pencari milik google atau anda dapat langsung mengunjungi websitenya pada link https://www.google.co.id/intl/id/business/

Mencari Google My Business

Login Google Bisnisku

Langkah Kedua adalah silahkan anda login kedalam Google Bisnisku.

Klik Mulai Sekarang dan kemudian login dengan menggunakan akun google milik anda untuk mempermudah prosesnya.

jika komputer anda telah login kedalam akun google anda, maka otomatis anda akan dibawa ke langkah selanjutnya.

Login Google My Business

Masukkan Nama Rumah, Toko, atau Bisnis

Langkah ketiga untuk membuat alamat kita ada di google map adalah memasukkan alamat rumah anda, lokasi bisnis ataupun tempat usaha anda. Pada contoh kali ini saya akan memasukkan nama Beril.id | Share Your Knowledge sebagai nama dari tempat usaha saya.

Nama rumah atau toko anda ini akan muncul pada pencarian google map yang berupa titik merah. Pastikan nama tersebut sesuai dengan Bisnis anda maupun Organisasi anda. Jika anda memasukkan alamat rumah anda bebas memasukkan nama  titik rumah anda.

Nama Google My Business

Masukkan Detail Alamat Rumah, Toko, atau Lokasi Bisnis

Langkah selanjutnya untuk membuat alamat di google maps adalah memasukkan detail alamat rumah maupun tempat bisnis ataupun organisasi anda berada.

lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya. silahkan anda sesuaikan dengan lokasi bisnis atau toko anda dan pastikan alamat yang ditulis benar dan tepat.

Alamat ini digunakan untuk pengiriman surat yang berisi kode konfirmasi yang digunakan untuk Verifikasi Google Bisnisku anda nantinya.

Detail Google My Business

Masukkan Nomor Telepon dan Website

Langkah kelima adalah memasukkan nomor telepon dan website anda apabila anda telah memiliki website. Nomor telepon ini juga akan tampil di hasil pencarian alamat kita.

Nomor telepon disini digunakan agar orang lain dapat menghubungi anda secara langsung ketika mereka menemukan anda di mesin pencari google.

Baca Juga  Alfresco Software - Document Management System

Telepon dan Website Google My Business

Memilih Kategori Tempat

Langkah keenam adalah memilih jenis kategori bisnis maupun organisasi anda. Kategori ini bisa dirubah nantinya, silakan pilih yang menurut anda sesuai dengan bisnis maupun organisasi anda.

Kategori Google My Business

Verifikasi Google Bisnisku

Selanjutnya adalah menverifikasi bahwa anda diberi izin oleh google untuk mengelola Google Bisnisku anda baik merubah maupun menambahkan detail untuk Google Bisnisku anda.

Verifikasi Google My Business

Langkah terakhir untuk mendaftarkan alamat di google map adalah anda akan diminta memasukkan Nama Anda. Nama Anda digunakan sebagai nama penerima surat konfirmasi yang berisi kode angka dari Google Bisnisku.

Surat yang dikirimkan google biasanya akan dikirim melalui Pos dalam waktu kurang lebih 4 hari kerja.

Jika sudah anda tinggal menunggu surat tersebut datang dan melakukan verifikasi Google Bisnisku.

Demikian cara mendaftarkan alamat rumah, toko dan lokasi bisnis di google map yang dapat saya bagikan. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman teman yang lain.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-