Cara Mencari Sisi Miring Segitiga Dengan Program Pascal

Cara Mencari Sisi Miring Segitiga dengan Program Pascal

Cara Mencari Sisi Miring Segitiga dengan Program Pascal ini dibuat untuk melanjutkan tutorial sebelumnya yaitu Cara Menghitung Luas Persegi Panjang dengan Program Pascal.

Keberadaan program hingga saat ini memang dirasa sangat memudahkan segala aktivitas kehidupan masyarakat. Tidak heran jika pengembangannya terus dilakukan di seluruh dunia demi mendapat kemudahan.

Untuk membuat program yang kompleks memang tidak mudah dan membutuhkan waktu lumayan lama. Namun untuk membuat program sederhana, anda bisa mempelajarinya tahap demi tahap.

Contoh program sederhana yang bisa dibuat adalah dengan menggunakan pascal. Cara mencari sisi miring segitiga dengan program pascal tergolong ke dalam program sederhana yang bisa anda coba. Untuk bisa membuatnya anda bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Siapkan Dulu Aplikasi Program Pascalnya

Jika anda belum mempunyai dan menginstal program pascal maka anda bisa download terlebih dahulu kemudian lakukan penginstalan. Proses lengkapnya, anda bisa baca Cara Menginstal Free Pascal dan Cara Menggunakannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Buka Aplikasi Program Pascal

Untuk membuka aplikasinya, anda bisa langsung mengkliknya dua kali. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan seperti ini.

Mencari Sisi Miring Segitiga Pada Pascal
Tampilan Free Pascal

Buat Lembar Kerja Baru 

Untuk memulai membuat programnya, anda harus membuat lembar kerja baru. Pilih menu file, kemudian pilih new. Silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Mencari Sisi Miring Segitiga Pada Pascal
Buat Lembar Kerja Baru

Pembuatan Program Mencari Sisi Miring Segitiga

Untuk bisa membuat program mencari sisi miring segitiga pada pascal, maka anda juga harus paham dalam menggunakan tipe data yang akan diolah nantinya. Jika sampai salah, maka program pun tidak akan bisa berjalan sesuai dengan keinginan.

Silahkan perhatikan contoh program yang akan saya berikan di bawah ini.

Program SisiMiring;
Uses wincrt;
Var a, t : Integer;
s : Real;
Begin
writeln ('Program Mencari Sisi Miring Segitiga Siku-Siku');
writeln ('****************************************');
write ('Masukkan Alas: '); readln(a);
write ('Masukkan Tinggi: '); readln(t);
s:=SQRT(SQR(a)+SQR(t));
writeln ('Sisi Miringnya adalah ',s:10:2);
Readln ;
End.

Mencari Sisi Miring Segitiga Pada Pascal

Pada program di atas, saya menggunakan variabel a dan t dengan tipe data integer. Kemudian untuk variabel s dengan tipe data real. Kemudian untuk memunculkan kalimat “Program Mencari Sisi Miring Segitiga Siku – Siku” dan “***”, saya gunakan writeln sebagai penampil outputnya.

Baca Juga  Cara Penggunaan Tipe Data Integer Pada Program Pascal

Setelah anda selesai membuat program pascal untuk mencari sisi miring segitiga, anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan menu “Compile”. Apakah program yang dibuat bisa berjalan atau tidak. Silahkan pilih Compile dan klik Compile lagi.

Mencari Sisi Miring Segitiga Pada Pascal
Fungsi Menu Compile

Kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan. Jika program yang anda buat sudah benar dan tidak ada kode yang salah, maka akan muncul seperti tampilan yang ada di bawah ini “Compile Successful: Press any key”.

Mencari Sisi Miring Segitiga Pada Pascal
Hasil Compiling

Selanjutnya jika proses compiling berhasil, maka anda bisa langsung mencoba untuk menjalankannya. Pilih saja menu run yang ada di sebelah menu Compile.

Runing Program
Runing Program

Coba Program Mencari Sisi Miring Segitiga

Jika tak ada masalah dan program berhasil dijalankan, maka hasil runing dari program di atas akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Hasil Run Latihan 19
Hasil Run Latihan 19

Untuk bisa mengoperasikan program mencari sisi miring segitiga, anda hanya perlu input angka yang diinginkan.

Pada perintah berikut ini :

  • Masukkan alas misalnya saja 5, kemudian tekan tombol enter sebanyak 2 kali.
  • Masukkan tinggi misalnya saja 7, kemudian tekan tombol enter sebanyak 2 kali.
  • Secara otomatis akan muncul hasil perhitungan sisi miringnya 8.60.
  • Untuk kembali ke kode programnya, bisa anda tekan enter kembali ya.

Jika anda ingin bereksplorasi sesuai dengan selera sendiri sehingga bisa menghasilkan tampilan program yang lebih menarik, saya pun sangat mendukung. Dengan begitu anda bisa semakin kreatif dan paham dalam mengelola kode program yang ada.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk membuat program memang harus memahami komponen – komponen kode yang digunakan dalam prosesnya. Dengan begitu anda tidak sekedar melihat hasilnya saja, namun juga paham langkah – langkahnya.

Sehingga jika terjadi masalah seperti error, anda bisa mengetahui penyebabnya dengan mudah dan cepat. Saat sedang belajar dan mencari referensi buat latihan, sebaiknya jangan asal copy dan paste saja. Karena dengan melakukan hal itu, kemampuan anda tidak akan bertambah apalagi berkembang.

Tips Menghindari Error di Program Pascal

Dalam menyusun kode program, kendala seperti halnya error memang wajar terjadi. Apalagi jika anda adalah seorang pemula. Struktur kode program yang tidak benar atau pun kurang dalam menambahkan tanda baca, seringkali menjadi penyebab paling utama terjadinya error.

Baca Juga  Cara Penggunaan Write dan Writeln Pada Program Pascal

Untuk itu, saya akan berikan tips kepada anda dalam upaya menghindari error saat menyusun kode program. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pahami dengan benar masing – masing dari kode program

Memahami kode program sangat baik dalam proses pembuatan setiap program. Anda tak lagi bingung mulai dari mana kode program dibuat. Setelah anda merencanakannya ingin mendapatkan tampilan seperti apa, selanjutnya pengaplikasian akan menjadi lebih mudah.

Hindari menulis kode program dengan terburu – buru

Penulisan kode program tidak bisa dilakukan dengan terburu – buru. Mengingat resiko kesalahan yang terjadi akan jauh lebih besar. Seperti yang kita ketahui bahwasannya kurang tanda baca titik, koma, tanda petik, tanda kurung atau pun tanda baca lainnya sangat berpengaruh pada benar dan tidaknya program. Jadi jika sampai kesalahan kecil seperti itu terjadi, anda harus rela melakukan pengecekan secara menyeluruh dengan mengikuti peringatan yang muncul.

Setelah menyimak penjelasan di atas mengenai cara mencari sisi miring segitiga dengan program pascal, diharapkan bisa membantu anda dalam belajar pascal mulai dari nol. Mohon maaf jika pengetahuan yang saya miliki ini masih sangat terbatas. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua ya.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-