Cara Membuat Live Chat Whatsapp di WordPress

Cara Membuat Live Chat Whatsapp di Wordpress

Keberadaan website saat ini memang kian diminati oleh banyak orang untuk menunjang segala aktivitas usahanya. Bisnis bisa terlihat profesional dan menarik jika terdapat website resmi perusahaan bersangkutan. Tanpa adanya website, tingkat kepercayaan konsumen tidak sebanyak jika mempunyai website.

Guna memaksimalkan layanan yang ada pada website, keberadaan fitur live chat dirasa sangat penting untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk atau pun jasa yang ditawarkan.

Untuk itu sebagai pemilik website yang anda gunakan untuk menunjang bisnis, saya sarankan agar bisa dipasang fitur live chat WhatsApp. Jadi nanti setelah konsumen mengklik fitur tersebut, maka mereka akan terhubung langsung dengan kontak perusahaan anda.

Agar lebih jelas bagaimana sebenarnya cara membuat live chat WhatsApp di WordPress, alangkah baiknya anda bisa menyimak penjelasan yang akan saya berikan kepada anda semua berikut ini :

Login ke Website Perusahaan Anda

Langkah pertama cara membuat live chat WhatsApp di WordPress adalah dengan melakukan login terlebih dahulu. Penggunaan WordPress sebagai media dalam membangun website memang sangat memudahkan banyak orang meskipun mereka tidak paham dunia pemrograman. Untuk bisa melakukan penambahan beberapa fitur di WordPress, sebaiknya anda login terlebih dahulu.

tampilan login
tampilan login

Ketikkan link login website anda, misalnya saja seperti ini : https://www.namawebsiteanda.com/wp-admin. Fungsi dari kode wp-admin (wordpress admin) disini adalah untuk menghubungkan anda ke laman login pada website anda. Pastikan anda tidak melakukan kesalahan pada saat memasukkan username dan password agar bisa masuk ke dashboard website anda.

Cari Menu Plugins Live Chat Whatsapp

Plugins jika di dunia website mempunyai fungsi seperti halnya Apps Store atau Play Store pada android. Disana anda bisa menginstal fitur apa saja yang dibutuhkan guna menunjang desain dari website itu sendiri.

Baca Juga  Membuat Virtual Machine pada VMware Vsphere
dashboard wordpress
dashboard wordpress

Setelah anda menemukan menu plugins di deretan sebelah kiri layar, silahkan anda klik saja dan tunggu beberasa detik. Selanjutnya anda akan di bawa ke halaman berikut ini.

add new plugins
add new plugins

Add New Plugins (Menambahkan Plugin Baru)

Untuk mendapatkan plugin yang diinginkan seperti halnya fitur live chat WhatsApp untuk dipasang pada website, maka anda bisa mengklik button Add New untuk melanjutkan ke proses selanjutnya yakni penginstalan.

Search Plugins
Search Plugins

Anda bisa langsung fokus pada kolom search yang letaknya berada di kanan atas dari layar laptop anda. Ketikkan kata kunci “WhatsApp” untuk mendapatkan pilihan plugins Live Chat WhatsApp. Setelah muncul beberapa pilihan, maka anda bisa menentukan pilihan plugins mana yang cocok untuk digunakan. Pelajari lebih lanjut plugins tersebut untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Informasi lengkap mengenai plugins bersangkutan bisa anda anda ketahui dengan mengklik nama pluginsnya. Misalkan saja saya menggunakan “Click to Chat for WhatsApp”. Kemudian anda bisa klik nama tersebut atau bisa juga klik “More Details” Maka tampilan yang muncul seperti ini.

More Details
More Details

Pada tampilan di atas anda bisa menemukan informasi lengkap mulai dari Description, Installation, FAQ, Changelog, Screenshots dan Reviews. Saya rasa sudah sangat jelas dari detail informasinya. Nah berangkat dari informasi tersebut, anda bisa menentukan apakah plugins tersebut sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak. Keputusan mutlak berada pada sang pemilik website.

Proses Instal Plugins Live Chat WhatsApp

Setelah menemukan plugins live chat WhatsApp yang tepat, Anda bisa melakukan proses penginstalannya. Coba anda perhatikan gambar di bawah ini.

Click to Chat for WhatsApp
Click to Chat for WhatsApp

Nah pada gambar di atas terdapat keterangan “Active” di bagian atas “More Details”. Karena memang plugins ini sebelumnya sudah saya install, jadi keterangan yang muncul adalah Active.

Sebelum muncul keterangan Active, terdapat keterangan “Install Now”. Anda bisa klik Install Now dan tunggu beberapa saat. Kemudian muncul keterangan Active sebagai perintah kepada anda untuk mengaktifkannya dan menandakan jika plugins tersebut sudah berhasil di instal.

Baca Juga  Install dan konfigurasi MariaDB 10 pada Centos 6

Klik saja Active dan tunggu beberapa saat sampai muncul keterangan “Active”. Jika keterangan Active sudah muncul, plugins live chat whatsapp sudah bisa diaplikasikan ke website anda.

Lakukan Setting Untuk Menampilkan Live Chat di Website dan Menyambungkan dengan Nomor Anda

Untuk memulai proses setting, anda pastikan terlebih dahulu jika plugins yang anda instal tersebut sudah ada. Caranya adalah dengan klik menu plugins seperti pada poin ke dua.

Cek Plugins yang Sudah Terinstal
Cek Plugins yang Sudah Terinstal

Setelah muncul seperti pada tampilan di atas, maka anda bisa langsung fokus pada pencarian plugins yang baru saja diinstal. Silahkan ketikkan nama plugins pada kolom search. Jika sudah muncul seperti tampilan di atas, berarti proses instal yang anda lakukan sudah sukses.

Lanjutkan dengan klik setting untuk melakukan pengaturan. Anda bisa memasukkan nomer handphone yang ingin anda gunakan agar bisa terhubung dengan website. Kemudian anda bisa mengatur tata letak fitur Live Chat WhatsApp sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Setting Plugins Live Chat Whatsapp

Untuk proses setting anda bisa lihat tampilan di bawah ini.

Tampilan Pengaturan untuk Menyambungkan No Handphone

Dengan menyambungkan no handphone dan website, tentu akan memudahkan anda dalam berkomunikasi dengan konsumen. Karena pertanyaan yang diajukan melalui fitur Live Chat WhatsApp di website bisa langsung sampai pada fitur WhatsApp yang ada di handphone anda. Silahkan ketikkan nomor WhatsApp anda pada bagian yang sudah ditunjuk oleh anak panah dan klik “Save Changes”.

Setting WhatsApp Number
Setting WhatsApp Number

Tampilan Pengaturan Tata Letak

Saya sendiri merasa lebih nyaman menggunakan tata letak pada bagian “Bottom Left”. Namun jika anda tidak ingin menempatkan fitur Live Chat WhatsApp pada bagian lain, maka anda bisa atur sendiri. Pilihan lainnya adalah Bottom Right, Top Left, dan Top Right.

Setting Position to Place
Setting Position to Place

Hasil akhirnya bisa anda lihat pada tempilan website. Coba dial alamat website anda pada kolom pencarian.

Cara Menambah Live Chat Whatsapp di WordPress
Cara Menambah Live Chat Whatsapp di WordPress

Dengan menyimak Cara Menambah Live Chat Whatsapp di WordPress di atas, diharapkan bisa membantu anda dalam membangun website yang lebih profesional demi kelancaran bisnis anda.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-