Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri di Cpanel

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri di Cpanel

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri di Cpanel. Sebuah bisnis akan terlihat profesional dan sempurna tidak cukup hanya dengan mempunyai website yang baik. Melainkan anda juga harus memperhatikan yang namanya email.

Untuk itu anda sebagai pelaku bisnis sebaiknya memperhatikan alamat email yang anda gunakan. Contohnya saja pada website Beril.id :

  • admin.berilid@gmail.com
  • admin@berilid.com

Coba anda perhatikan kedua contoh alamat email di atas, lebih enakan mana antara kedua email tersebut? Pasti akan jauh lebih baik menggunakan email yang extentionnya sesuai dengan nama domain (nama website) anda sendiri, bukan menggunakan email dengan extention gmail, yahoo ataupun yang lainnya. Pasti konsumen yang melihatnya pun akan menilai bahwa bisnis yang anda jalankan memang benar – benar serius dan profesional.

Bagi anda pelaku bisnis yang sudah punya website tapi belum tahu cara membuat email dengan nama domain sendiri di cpanel. Anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan ulasan untuk anda semua. Yuk simak ulasan detailnya!

Login Ke CPanel

Saat pertama kali anda membeli domain dan hosting, pasti anda akan diberikan Username dan Password untuk bisa akses ke akun CPanel. Akun CPanel sendiri bisa digunakan untuk melakukan penginstalan WordPress.

Login CPanel
Login CPanel

Begitu pula dalam membuat custom email sesuai dengan nama domain (nama website) anda sendiri. Silahkan login CPanel terlebih dahulu dengan mengetikkan “namadomain.com/cpanel” dan enter. Masukkan username dan passwordnya dengan benar agar bisa melakukan pembuatan email dengan nama domain sendiri.

Tunggu beberapa saat ya nantinya akan muncul keterangan “Login Succesfully” dengan warna background hijau dan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Tampilan Dashboard CPanel dari Namecheap
Tampilan Dashboard CPanel dari Namecheap

Saya menggunakan domain dan hosting dari Namecheap dan tampilan CPanelnya seperti gambar di atas. Saya rasa tidak banyak perbedaan dengan CPanel dari layanan domain dan hosting lainnya.

Baca Juga  4 Situs Gratis untuk Mengecek Performa dan Kecepatan Website

Pengelolaan Fungsi Email

Silahkan anda cari fungsi atau fitur “EMAIL” terlebih dahulu, untuk lebih jelasnya perhatikan tampilan di bawah ini.

Deretan Fungsi Custom Email
Deretan Fungsi Custom Email

Perhatikan tanda bulatan yang sudah saya buat di atas. Untuk membuat custom email sendiri, anda bisa mengkliknya untuk memulai proses pembuatan. Klik dulu ya dan tunggu beberapa saat.

List Email yang ada di Cpanel
List Email yang ada di Cpanel

Membuat Custom Email

Nah inilah proses yang menjadi pokok pembahasan dan ditunggu – tunggu. Anda bisa klik button Create berwarna biru yang berada di pojok kanan atas ya. Anda bisa perhatikan tampilan di atas. Silahkan langsung klik saja, tidak perlu ragu apalagi takut. Tunggu beberapa saat dan kan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Create New Custom Email
Create New Custom Email

Nah sekarang anda bisa perhatikan baik – baik setiap tanda yang saya berikan tersebut. Ikuti instruksi yang saya buat tersebut, mulai dari nomer 1 sampai dengan nomor 7. Jika anda mengikutinya dengan baik, pasti berhasil. Lakukan pengecekan kembali agar tidak kerja dua kali.

Pastikan nama akun email yang anda buat sesuai dengan keinginan anda. Setelah anda yakin semua data sudah benar, maka anda bisa langsung klik button “Create” berwarna biru yang sudah saya tandai dengan angka 7. Dan menandakan proses input data sudah selesai. Selanjutnya anda akan di bawa kembali ke tampilan deretan akun email yang sudah berhasil dibuat.

Email dengan Domain Sendiri
Email dengan Domain Sendiri

Saya ambil contoh akun email “cs@xxxxx.com” yang memang sudah dibuat sebelumnya. Jika proses pembuatan akun custom email berhasil, maka email yang anda buat tersebut akan muncul pada deretan seperti gambar di atas.

Uji Coba Pengiriman Email

Saatnya kita melakukan uji coba pengiriman email ya. Untuk melakukan ujicoba berfungsi dan tidaknya email yang sudah anda buat, maka anda bisa ketikkan “namadomain.com/webmail” pada url pencarian. Nah anda akan dibawa ke akun email tadi. Silahkan masukkan Username (nama custom email) dan Password yang sudah anda pilih.

Login Webmail
Login Webmail

Sekarang coba anda bukan akun gmail pribadi anda, kirimkan “TEST EMAIL” ke alamat custom email website anda. Jika sudah silahkan refresh custom email yang sudah dibuka. Saat masuk ke webmail anda akan melihat tampilan seperti ini.

Baca Juga  Sejarah Singkat Linux
Tampilan Setelah Berhasil Login Webmail
Tampilan Setelah Berhasil Login Webmail

Perhatikan gambar di atas! Jika muncul seperti tampilan di atas, silahkan pilih “Horde” saja. Saya rasa lebih nyaman menggunakan Horde. Tunggu beberapa saat ya.

Sekarangnya saatnya melakukan pengecekan, apakah email yang sudah saya kirim berhasil masuk ke alamat email yang anda buat dengan nama sendiri (nama website). Yeay berhasil, bisa simak gambar di bawah ini.

Tampilan Tes Email Berhasil
Tampilan Tes Email Berhasil

Setelah berhasil, maka tutorial cara membuat email dengan nama domain sendiri dinyatakan selesai. Cukup mudah bukan? Jika anda mengikuti step by stepnya dengan baik. Saya yakin, tidak ada kesulitan yang berarti dalam proses pembuatan custom email tersebut.

Tips Tambahan untuk Pelaku Bisnis

Tips tambahan buat anda sebagai pelaku bisnis agar konsumen anda merasa nyaman dengan respon anda yang cepat. Setelah anda mempunyai email dengan nama domain sendiri, sebaiknya anda rutin melakukan pengecekan agar tahu apakah ada email penting yang dikirimkan oleh konsumen atau tidak.

Jangan sampai anda membiarkannya lama, karena kondisi tersebut akan menurunkan tingkat kepercayaan para konsumen. Lebih cepat memberikan respon, tentu akan membantu dalam mengembangkan bisnis anda tersebut.

Cukup sampai disini ya penjelasan yang bisa saya bagikan untuk anda semua. Saya rasa sudah cukup jelas dan detail sehingga bisa membantu anda dalam proses pengembangan bisnis menjadi lebih profesional lagi. Jangan pernah lelah untuk belajar hal – hal baru dan membagikannya agar lebih bermanfaat ya. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-