Cara Membuat Bootable Flashdisk windows 7, 8 dan 10

Cara membuat Bootable Flashdisk USB Windows 7,8 dan 10

Cara membuat bootable flashdisk windows 7, 8 dan 10 cukup beragam. Anda dapat menggunakan Windows USB/DVD Download Tool, Universal USB Installer maupun dengan Rufus. Apabila anda belum mengenal ketiga aplikasi pembuat bootable flashdisk windows dan linux tersebut. Silahkan baca selengkapnya di 3 Software untuk Membuat Bootable USB Windows dan Linux.

Kegunaan bootable flashdisk windows 7, 8 dan 10 adalah anda dapat melakukan instalasi windows melalui USB. Anda tidak perlu DVD installer bawaan windows yang anda dapatkan ketika anda membeli windows 7,8 maupun windows 10. Sehingga lebih mudah untuk dibawa kemanapun. Dan sangat berguna apabila anda kehilangan CD / DVD windows bawaan anda.

Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan aplikasi Rufus versi 3.5 untuk membuat bootable flashdisk untuk windows 7, 8 maupun windows 10. Sebenarnya anda dapat menggunakan aplikasi lain untuk membuat bootable flashdisk windows 7,8 maupun windows 10.

Tetapi aplikasi Rufus merupakan aplikasi yang paling sering saya gunakan. Silahkan anda download aplikasi rufus terlebih dahulu di link berikut ini : Download disini.

Jika sudah silahkan install aplikasi rufus anda. Kita akan memulai membuat bootable flashdisk windows 7, 8 maupun windows 10.

Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Pada kali ini saya akan membuat bootable flashdisk windows 10. Tentu cara ini dapat anda lakukan juga untuk versi windows 7 maupun windows 8. Yang membedakannya adalah file iso yang akan anda gunakan. Jadi gunakan sesuai dengan versi windows yang akan anda install.

Pastikan anda telah memasukkan flashdisk atau usb yang akan anda gunakan sebagai bootable windows 7,8 maupun windows 10. Jika sudah silahkan lakukan tahap demi tahap dibawah ini.

Silahkan Jalankan Aplikasi Rufus

Cara membuat Bootable Flashdisk Windows 7,8 dan 10
Antar muka aplikasi rufus

Untuk membuat bootable flashdisk windows 7,8 atau 10 dengan rufus caranya cukup mudah. Jalankan aplikasi rufus dan akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.

Baca Juga  Cara Enable atau Disable SMB File Sharing di Windows 10

Perhatikan bagian Device, informasi yang muncul disitu adalah Flashdisk atau USB yang akan anda gunakan untuk membuat Bootable. Jika ada beberapa flashdisk atau USB yang muncul, silahkan anda sesuaikan dengan memilih flashdisk atau USB mana yang akan anda gunakan untuk bootable windowsnya.

Masukkan File ISO Windows 7, 8 atau 10

Pilih file ISO windows 10

Langkah selanjutnya adalah memasukkan atau input file ISO windows 10 yang ingin anda gunakan. Anda juga dapat menggunakan File ISO windows 7 dan 8. Klik tombol Select seperti pada gambar dibawah ini.

Cari dimana letak file iso windows 10 anda letakkan. Jika sudah pilih dan klik open.

Isikan Volume Label

Tambahkan volume label di rufus

Volume label ini berfungsi sebagai penanda atau label flashdisk atau USB anda. Label yang saya berikan adalah Bootable Win10. Silahkan ada berikan label sendiri untuk bootable flashdisk atau usb anda.

Jika sudah memberikan label untuk bootable flashdisk windows 10 anda, silahkan klik Start untuk memulai membuat bootable flashdisk windows 7, 8 maupun windows 10. Tunggu sampai proses pembuatan bootable windows selesai.

Peringatan Semua Data akan Dihapus

Peringatan penghapusan seluruh data flashdisk
Peringatan penghapusan seluruh data flashdisk

Setelah anda klik Start, anda akan diperingati bahwa semua data di flashdisk anda akan dihapus. Pastikan anda telah membackup data yang berada di flashdisk yang anda gunakan. Jika sudah silahkan klik OK untuk memulai membuat bootable flashdisk windows 7,8 atau 10.

Bootable Flashdisk Windows 7,8 atau 10 berhasil dibuat

Silahkan tunggu beberapa menit hingga proses pembuatan bootable flashdisk windows 7,8 atau 10 selesai. Proses ini memakan kurang lebih 10 menit. Jika sudah selesai status akan berubah menjadi READY. ini berarti anda telah berhasil membuat bootable flashdisk untuk windows 7,8 maupun windows 10.

Berhasil membuat Bootable Flashdisk Windows 7,8 dan 10
Berhasil membuat Bootable Flashdisk Windows 7,8 dan 10

Silahkan anda gunakan pada komputer lain untuk menginstall sistem operasi windows 7,8 atau 10.

Demikian tutorial bagaimana cara membuat bootable flashdisk windows 7,8 dan 10 yang dapat saya berikan. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda untuk membuat dan melakukan install windows 10 dengan menggunakan flashdisk atau usb.

Baca Juga  Cara Install SQL Server 2012 Express Edition

Bagikan artikel ini jika menurut kalian bermanfaat dan mari diskusi apabila anda menggunakan software lainnya untuk membuat bootable windows mapun linux.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-