Cara Mematikan Antivirus Windows Defender di Windows 10

Cara Mematikan dan Mengaktifkan Antivirus Windows Defender di Windows 10

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10. Windows Defender merupakan antivirus bawaan yang anda dapatkan ketika melakukan instalasi windows 10. Antivirus ini memiliki fitur dan performa yang cukup baik untuk mengamankan data anda di komputer maupun laptop anda.

Tetapi, sering kali terjadi false alarm atau peringatan palsu yang diberikan oleh Windows Defender. False alarm ini biasanya muncul ketika anda ingin melakukan instalasi aplikasi baru pada komputer anda. Hal ini tentu menyebabkan anda tidak dapat melakukan instalasi aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, anda mau tidak mau harus menonaktifkan antivirus windows defender di windows 10 anda. Tentu anda harus mengaktifkan kembali antivirus windows defender setelah melakukan instalasi aplikasi yang anda inginkan.

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Cara Untuk mematikan windows defender di windows 10 untuk sementara waktu cukup mudah. Perhatikan langkah demi langkah menonaktifkan antivirus di windows 10 ini.

Cari Fitur Virus & Threat Protection

Langkah pertama untuk mematikan windows defender di windows 10 adalah mencari fitur Virus & Threat Protection. Anda dapat menemukannya d kolom pencarian dan kemudian klik fitur tersebut.

Car Menu Virus & Threat Protection

Pilih Virus & Threat Protection Setting

Kemudian pilih dan klik menu Virus & Threat Protection Setting untuk menonaktifkan antivirus di windows 10. Lihat pada gambar dibawah ini untuk lokasinya.

Cara Mematikan Antivirus Windows Defender di Windows 10 2

Mematikan Semua Protection

Langkah selanjutnya untuk mematikan antivirus di windows 10 adalah dengan mematikan semua protection yang ada di halaman Virus & Threat Protection Setting. Caranya cukup dengan klik tombol ON atau Geser tombol ON sehingga berubah menjadi Off.

Cara Mematikan Antivirus Windows Defender di Windows 10 3

Antivirus Windows Defender Berstatus Off

Apabila status semua protection telah Off, maka anda telah berhasil mematikan antivirus windows defender di windows 10. Sehingga anda dapat memulai kembali untuk melakukan instalasi aplikasi yang anda inginkan tanpa harus terblok oleh antivirus windows defender.

Baca Juga  Cara Install SQL Server 2012 Express Edition

Lalu setelah anda selesai melakukan instalasi aplikasi yang anda inginkan. Anda perlu mengaktifkan kembali antivirus windows defender tersebut. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga komputer maupun laptop anda menjadi aman dari serangan virus.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 10

Cara mengaktifkan antivirus windows defender sama dengan cara mematikan windows defender. Yang berbeda adalah pada tahap atau langkah ke 3. Ketika anda melihat semua status protectionnya Off, maka hal yang anda harus lakukan adalah mengaktifkannya kembali.

Cara mengaktifkan windows defender adalah dengan klik atau geser tombol Off agar berubah menjadi ON. Jika sudah maka antivirus anda di windows 10 telah aktif kembali. Komputer andapun menjadi terlindungi kembali dengan antivirus windows defender.

Cara Mengaktifkan Windows Defender

Tambahan :

Sebenarnya anda dapat menonaktifkan windows defender selamanya tetapi dengan 1 syarat. Anda memiliki antivirus lain untuk menjaga keamanan komputer anda. Antivirus lain seperti Kaspersky, Symantech, Trendmicro dan lain sebagainya bisa anda gunakan.

Tentu dengan menggunakan antivirus lain anda harus mengeluarkan uang kembali untuk membelinya. Jadi pilihan penggunaan antivirus berada pada diri anda sendiri. Saran dari saya anda tetap harus menggunakan antivirus agar komputer anda tetap terlindungi dari virus atau malware. Baik antivirus bawaan dari windows 10 maupun menggunakan antivirus dari pihak lainnya.

Sampai disini tutorial bagaimana cara mematikan windows defender di windows 10. Bagi anda yang merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke media social kalian.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-