Melihat Versi Ubuntu via CLI

Melihat versi ubuntu

Hello, Sobat Beril..

Ngomongin tentang Ubuntu, sering kali kita lupa akan versi Ubuntu yang terinstall di PC atau VM kita, yang padahal versi linux ini bisa di bilang cukup penting buat kita ketahui.

Eh, sebentar.. Penting?? Hmmmm, sebenernya nggak juga sih, tergantung kebutuhan kita aja.. Yaah bisa di bilang penting nggak penting lah ya 😀

Seberapa penting sih buat kita tau versi linux?

Untuk di ketahui aja, versi linux itu dibutuhkan saat kita akan menginstall beberapa package yang hanya support untuk versi linux-linux tertentu, atau saat kita ingin mencari tutorial-tutorial cara instalasi ataupun tutorial lain. Misal, cara konfigurasi DNS Server untuk Ubuntu versi 12 ada beberapa perbedaan dengan cara install DNS Server untuk Ubuntu versi 14, begitu juga versi 16. Bahkan setting atau konfigurasi IP pun ada sedikit perbedaan antar versi Ubuntu.

Nah, untuk mengetahui versi berapa Ubuntu kita, para Linux System Administrator biasanya menggunakan command seperti ini :

“ubuntu@ubuntu:~$ lsb_release -a”

Untuk tampilannya seperti ini :

Sebenarnya ada cara yang lebih simple sih, yaitu logout masuk ke halaman login, tapi cara ini dirasa kurang keren menurut para Linux System Administrator. 😀

Kalau cara yang simple ini, tampilannya sebagai berikut :

Gimana gaes, simple kan? Hehehe..

Yasudah, sekian dulu tutorial dari saya, semoga bermanfaat… ^_^

Bagikan :