Cara Melihat CCTV Dari Jarak Jauh Lewat Internet

Cara Melihat CCTV dari Jarak Jauh Lewat Internet

Cara melihat CCTV dari jarak jauh lewat internet handphone dan komputer butuh beberapa settingan dan konfigurasi. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tahap demi tahap cara setting cctv agar dapat diakses dari internet baik handphone maupun komputer.

CCTV Pada umumnya digunakan sebagai pelengkap keamanan dan banyak dipakai di dalam industri-industri seperti militer, bandara, toko, kantor, pabrik dan bahkan sekarang perumahan pun telah banyak yang menggunakan teknologi ini.

Lalu bagaimana caranya agar CCTV dapat di lihat dari jarak jauh lewat internet melalui handphone atau komputer aplikasi?

Saat ini CCTV memiliki dua jenis tipe yaitu Analog dan IPCamera. Untuk tipe IPCamera sudah dapat langsung diakses menggunakan HP Android untuk melihat aktifitas live streaming maupun playback untuk melihat kejadian yang ada. Dengan handphone kita dapat dengan mudah memonitor CCTV kapanpun dan dimanapun asal ada koneksi internet .

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara melihat CCTV dari jarak jauh melalui internet menggunakan web browser. Sebenarnya ada 2 cara untuk melihat CCTV dari jarak jauh melalui internet baik lewat handphone maupun komputer / laptop kalian. Bisa dengan web browser maupun dengan desktop aplikasi yang diinstall pada komputer atau laptop.

Kali ini yang saya akan bahas adalah mengenai cara melihatCCTV dari jarak jauh melalui web browser. Jadi kalian dapat melihat cctv dari mana saja selama memenuhi beberapa syarat berikut:

  1. Pada tempat dimana recorder dipasang, pastikan mempunyai koneksi internet yang baik. Karena nantinya port LAN pada DVR ataupun NVR akan digunakan untuk menyambungkan secara online.
  2. Jika tidak menggunakan modem seperti indihome, kalian bisa menggunakan router seperti Mikrotik dan modem usb yang ada fitur USB nya.

Mari kita bahas satu persatu langkah bagaimana cara melihat CCTV dari jarak jauh melalui jaringan internet baik dari handphone maupun komputer.

Daftar Isi

Mengecek IP Public Indihome

Langkah pertama  untuk melihat CCTV lewat internet adalah melakukan pengecekan IP Address yang kalian gunakan. Caranya cukup mudah silahkan cek dengan cara mengunjungi situs https://ipsaya.com . Seperti contoh berikut :

IP Public Indihome

Pada situs https://ipsaya.com terdeteksi IP Public Indihome yang saya gunakan kali ini adalah 36.17.38.39.

Mengecek IP Address Modem dan IP DVD/NVR

Apabila anda belum mengetahui IP DVR CCTV anda, IP Scan dapat membantu untuk mengetahuinya. Cara mengetahui IP DVR CCTV dengan IP Scan cukup mudah. Silahkan Download IP Scan pada computer Windows disini. IP Scan berfungsi untuk melakukan scanning terhadap jaringan kita sehingga kita dapat mengetahui IP Modem ataupun  IP DVR / NVR . (Jika Sudah Tau Abaikan saja)

IP Address CCTV dan IP Address DVR / NVR

Setelah melakukan instalasi IP Scan dan menjalankannya, kita akan mendapatkan informasi mengenai IP DVR / NVR CCTV, Manufaktur, Hostname yang berada pada jaringan kantor kita. Disana kamu bisa tahu berapa IP modem kamu dan berapa IP DVR / NVR yang kamu miliki.

  • IP Modem = 192.168.100.1
  • IP NVR       = 192.168.82.156

Setting IP DVR / NVR CCTV di Modem Huawei

Modem yang saya dapat dari Indihome adalah merk Huawei tipe HG8245H. Jika kalian mendapatkan Modem dengan tipe lain kalian bisa cari setingan awal dan juga Port forwarding yang digunakan.

Baca juga : Konfigurasi Port Forwarding Pada Mikrotik

Selanjutnya untuk pada tutorial kali ini IP Modem yang digunakan oleh kantor cabang saya adalah 192.168.100.1

Modem Huawei dari Indihome

Untuk Login, jika tidak ada perubahan user defaultnya adalah : telecomadmin dan passwordnya adalah:  admintelecom.

Jika anda telah login kedalam halaman administrator modem yang kalian gunakan. silahkan kunjungi menu menu Forward Rules –> Port Mapping Configuration.

Kemudian Pilih New untuk membuat Rule baru dan pastikan di Enable . Lalu pada isian Internal Host isikan IP DVR / NVR . Lalu pada Protocol pilih TCP / UDP. Perhatikan gambar dibawah ini

Setting CCTV Indihome

Lalu pada External Port Number kalian bisa isi 80 untuk port web default. Tapi disini saya menggunakan port acak 3436. Alasan saya cukup sederhana, hal ini karena port 80 sudah banyak diketahui orang dan rentan akan keamanan, maka saya merubahnya menjadi port 3436. Isi sesuai gambar tersebut . Lalu pada Internal Port Number isi port 80 lalu Apply

Baca Juga  Apa itu mikrotik? Sejarah, Pengertian dan Fungsi dari Mikrotik

Jika kalian menggunakan Aplikasi iVMS untuk kamera HikVision,  kalian bisa menambahkan port lagi dibawahnya . Kalian bisa menggunakan port defaultnya yaitu port 8000.

Login ke NVR melalui Jaringan Lokal

Gambar dibawah ini adalah tampilan login NVR via koneksi LAN alias lokal. Silahkan lakukan percobaan terlebih dahulu untuk mengakses halaman login NVR anda, jangan sampai nanti ketika anda buka dari internet, Gak taunya tidak bisa diakses. Lha wong dibuka dari lokal saja tidak bisa.. hehe

IP DVR / NVR untuk CCTV

Pastikan anda dapat melakukan login NVR ini di lokal anda.

Setting DDNS Indihome Gratis untuk CCTV

Langkah selanjutnya untuk melihat CCTV dari jarak jauh lewat internet adalah melakukan pendaftaran DDNS. Silahkan anda register ke layanan ddns gratis yang cocok untuk ISP indihome. Pada tutorial ini saya memakai https://www.noip.com sebagai DDNS Indihome. Silahkan kalian registrasi,  lalu dapatkan verifikasi di email dan login seperti biasa .

Pilih subdomain yang akan mau anda input untuk melihat CCTV lewat internet ataupun melihat CCTV di aplikasi android. Disini contoh saya adalah beril untuk sub dan untuk top level domain ddns gratis ini saya pilih freedynamicdns.net. Perhatikan gambar dibawah ini:

Cara Melihat CCTV dari Jarak Jauh Lewat Internet

Lalu masukan IP Public Indihome yang sudah anda ketahui dari langkah mengecek ip address (Lihat pada step Pertama kali diatas). Disini IP Public indihome saya adalah 36.17.38.39.

IP Public Indihome yang saya miliki ini adalah IP Dinamic . Jadi bisa saja berubah setiap kali modem di restart ataupun bisa saja seminggu sekali atau sebulan sekali berubah. Karena saya menggunakan langganan indihome yang rumahan maka saya tidak dapat IP public static. Berbeda dengan kantor pusat yang memiliki IP Public Static dan tentunya tidak akan berubah – ubah.

Apabila anda mengecek IP Public Indihome anda ternyata berubah, silahkan lakukan update kedalam halaman noip.com. Perhatikan gambar dibawah ini apabila anda ingin melakukan update IP Public Indihome anda. Klik Modify untuk melakukan perubahan IP Public CCTV anda.

Cara Melihat CCTV dari Jarak Jauh Lewat Internet

Selanjutnya akan tampil seperti pada gambar dibawah ini. Masukkan IP Public Indihome anda yang baru kemudian klik Update Hostname untuk melakukan update IP Public CCTV.

Baca Juga  Tutorial Menambahkan Templates Mikrotik di Zabbix

Cara Melihat CCTV dari Jarak Jauh Lewat Internet

Oke , jika sudah diisi dan di save , kemudian kalian bisa coba ping ke subdomain yang telah kalian buat . seperti ini

Cara Melihat CCTV dari Jarak Jauh Lewat Internet

Catatan : Kalian ping jangan menggunakan satu jaringan dengan tempat dimana DVR/NVR disimpan dalam satu jaringan yang sama . Anda dapat ping dengan menggunakan jaringan lain seperti jaringan hotspot pada mobile smartphone ataupun jarringan lainnya.

Jika reply maka update dns sudah berhasil menuju IP Public Indihome yang anda gunakan.

Lihat CCTV lewat Internet

Selanjutnya coba buka lewat internet alamat ddns indihome cctv anda menggunakan subdomain yang telah dibuat tadi http://beril.freedynamicdns.net:3436. Tentunya dengan menambahkan port yang sudah kita input ke dalam modem pada tahap sebelumnya.

Jika kalian menggunakan port 80, alias menggunakan port standart tidak ada masalah. Sehingga penulisannya adalah http://beril.freedynamicdns.net saja cukup. Jika berhasil maka akan tampak seperti pada gambar dibawah ini. Jika tidak maka ada konfigurasi yang salah. Silahkan ulangi langkah demi langkah diatas.

Cara Melihat CCTV dari Jarak Jauh Lewat Internet

Silahkan anda login terlebih dahulu untuk memastikan bahwa semua konfigurasi anda telah berhasil. Jika masih tetap ada kesalahan silahkan tinggalkan komentar pada artikel ini. Insha Allah akan saya bantu sebisa saya.

Demikian tutorial mengenai bagaimana Cara melihat CCTV dari Jarak Jauh Melalui Internet Handphone maupun Komputer. Semoga dengan tutorial ini anda mendapatkan pengetahuan baru dan dapat anda terapkan.

Bagikan :
Widi Jatmiko

Author: Widi Jatmiko

Adalah seorang IT Supermen di perusahaan Swasta . Ikut aktif dalam pengembangan komunitas Open Source dan Komunitas unyil beril.id sebagai penulis blog