Cara Enable atau Disable SMB File Sharing di Windows 10

Cara Enable atau Disable SMB File Sharing di Windows 10

Cara Enable atau Disable SMB File Sharing di Windows 10. Sering kali saat kita menggunakan printer Fujixerox Docucentre IV 5070 atau seri lainnya mengalami gangguan. Baik saat melakukan print dimana terjadi paper jump maupun saat scan yang biasanya muncul error 027-516. Pada pagi ini saya mengalaminya kembali permasalahan saat melakukan scan dokumen yang tidak diterima oleh user.

Saat melakukan scan dokumen biasanya proses berhasilnya akan ditandai dengan bunyi “bip” pendek dan sekali. Tetapi kali ini terjadi hal yang aneh, bunyi “bip” yang ditimbulkan cukup banyak. Sehingga saya menaruh curiga bahwa terjadi kegagalan ketika melakukan scan dokumen.

Setelah saya cek di folder user tempat penyimpanan hasil scan, benar saja, hasil scan tidak masuk kedalam folder hasil scan. Kamudian saya lakukan print report pada job history report di printer Docucentre IV 5070 tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa job status “Complete with error (027-516) : Server connection Error in SMB”. Error 027-516 dapat diartikan bahwa server printer tidak dapat terkoneksi ke komputer user melalui SMB.

Apa itu SMB File Sharing ?

Sebelum menyelesaikan permasalahan error 027-516 pada printer Docucentre IV 5070 diatas. Ada baiknya anda mengenal sedikit apa itu SMB.

SMB merupakan singkatan dari Server Message Block. Server Message Block (SMB) adalah istilah di dalam dunia komputer yang mengarah kepada jalur atau protokol client maupun server yang biasanya digunakan untuk file sharing di dalam sebuah jaringan komputer.

Saat ini tidak hanya sistem operasi windows saja yang dapat menggunakan SMB. Sistem Operasi linux juga dapat menggunakan SMB tetapi dengan bantuan aplikasi. Aplikasi file sharing pada linux biasanya menggunakan SAMBA sebagai tambahan untuk protokol atau jalur SMB.

Baca Juga  Cara Sharing Folder atau Data di Windows 10

Untuk mencoba menggunakan SMB file sharing di windows, silahkan baca tutorial sharing folder di windows ini.

Fungsi SMB File Sharing

Walaupun SMB biaya digunakan untuk file sharing, menurut wikipedia fungsi SMB lainnya dapat anda ketahui sebagai berikut

  • Sebagai gerbang koneksi antara SMB Client dan SMB Server
  • Menemukan, membaca dan menulis file yang ada pada server file sharing.
  • Menemukan dan memakai printer yang digunakan secara Bersama – sama atau dengan kata lain Printer Sharing.

Ini berarti untuk permasalahan error 027-516 pada printer fujixerox karena fungsi SMB tidak berjalan dengan baik. Kemudian saya melakukan pengecekan langsung pada komputer user untuk memastikan fitur SMB File Sharing pada komputer tersebut sudah terinstall dan sudah berjalan.

Tetapi yang saya temukan adalah Fitur SMB Server berstatus disable atau belum aktif di komputer user. Hal inilah yang menyebabkan Server Printer tidak dapat terkoneksi ke komputer user melalui SMB.

Cara Mengaktifkan SMB File Sharing di Windows 10

Berdasarkan penyebab permasalahan diatas maka langkah yang saya ambil adalah mengaktifkan atau enable SMB file sharing di windows 10 yang saat ini merupakan sistem operasi komputer user. Sebenarnya cara mengaktifkan fitur SMB di windows 10 ini sama dengan versi windows 7 dan windows 8. Jadi anda bisa menerapkannya di windows yang anda gunakan.

Langkah – langkah mengaktifkan fitur SMB di windows 10 dapat anda lakukan dengan mudah seperti dibawah ini.

Buka Control Panel

Search Control Panel

Langkah pertama untuk enable fitur SMB di windows 10 adalah dengan membuka control panel. Silahkan anda klik start kemudian ketikkan atau cari Control Panel seperti pada gambar dibawah ini. Klik untuk membukanya.

Pilih Program and Features

Pilih Program and Features

Setelah control panel terbuka, silahkan pilih Program and Features. Karena fitur SMB di windows berada pada program and features.

Pilih Turn Winfows Features on or off

Pilih Turn Windows features on or off

Kemudian untuk melakukan enable SMB di windows 10 anda harus membuka menu Turn Windows Features on or off.

Baca Juga  Cara Install SQL Server 2012 Express Edition

Ceklist SMB 1.0/CIFS Server

Expand SMB1.0 CIFS File Sharing Support

Jika tab mengenai fitur windows telah terbuka. Silahkan scroll sedikit kebawah sehingga anda menemukan fitur SMB1.0/CIFS File Sharing Support. Silahkan anda expand fitur SMB1.0/CIFS File Sharing Support dengan cara klik tanda plus (+).

Ceklist SMB 1.0 CIFS Server

Dan pastikan bahwa fitur SMB1.0/CIFS Client dan SMB1.0/CIFS Client telah terceklis. Jika belum silahkan enable fitur SMB1.0/CIFS Server dengan mengceklist nya.

Restart Komputer

Jika sudah enable SMB file sharing di windows 10, silahkan lakukan restart komputer user. Hal ini agar konfigurasi yang anda lakukan akan bekerja.

Setelah komputer anda restart, silahkan anda lakukan scan kembali ke komputer user yang telah ada enable SMB Windows 10 nya. Dengan melakukan langkah – langkah enable smb windows 10 tersebut, saya dapat menyelesaikan permasalahan  “Complete with error (027-516) : Server connection Error in SMB” saat melakukan scan dokumen di windows 10.

Cara Menonaktifkan SMB File Sharing di Windows 10

Untuk menonaktifkan atau disable SMB File Sharing di windows 10, langkah yang perlu anda lakukan sama seperti ketika ingin melakukan enable SMB File Sharing. Tetapi yang membedakannya terdapat pada langkah ke 4.

Untuk menonaktifkan smb file sharing di windows 10 anda harus unchecklist atau menghilangkan tanda ceklist di fitur SMB 1.0/CIFS File Sharing Support. Sehingga fitur SMB 1.0/CIFS Client dan SMB 1.0/CIFS Server tidak aktif dan tidak terceklist. Selanjutnya anda tinggal melakukan restart untuk melengkapi menonaktifkan smb file sharing di windows 10 tersebut.

Demikian tutorial enable dan disable SMB File Sharing di windows 10. Jika memang langkah diatas belum dapat menyelesaikan permasalahan anda, mari berdiskusi di kolom komentar. Saya dan team beril.id siap bantu untuk menyelesaikan permasalahan yang kalian alami.

Pesan terakhir adalah jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada rekan kalian agar dapat membantu mereka menyelesaikan permasalahan mereka. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-