Cara backup database otomatis dengan MySQL Backup FTP

Mysql Backup FTP Beril ID

Hai Beril’s, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi bagaimana cara untuk melakukan backup database secara otomatis yang terletak di PhpMyAdmin dengan menggunakan aplikasi yang bernama Mysql Backup FTP (versi 5.0.8). Sebelum dilanjutkan dengan langkah – langkahnya, pastikan anda sudah mengetahui apa itu Mysql Backup FTP. silahkan lihat pada link dibawah ini untuk mengetaui lebih lanjut tentang Mysql Backup FTP.

Lihat juga : Otomatis Backup Database dengan MySQL Backup FTP

Mari kita mulai untuk konfigurasi backup database yang terletak di PhpMyAdmin dengan menggunakan MySQL Backup FTP.

Cara Backup Database Otomatis

Pertama yang anda harus lakukan adalah pastinya mendownload aplikasi MySQL Backup FTP. silahkan klik disini untuk mendownload aplikasinya.

Langkah Kedua

silahkan install aplikasi yang telah didownload sebelumnya. langkah – langkah install aplikasi sama seperti melakukan instalasi untuk aplikasi lain dan tidak ada konfigurasi khusus.

catatan : pastikan anda telah menginstall Net Framework 4.0, karena aplikasi ini membutuhkan NetFramework tersebut. silahkan klik disini untuk mendownload NetFramework 4.0.

Langkah Ketiga

Setelah instalasi selesai, kemudian jalankan aplikasi MySQL Backup FTP. maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.

Mysql Backup FTP 1

lakukan konfigurasi seperti pada gambar diatas

  • Connet using : pilih koneksi yang ingin kalian gunakan, pada contoh kali ini saya menggunakan koneksi dengan phpMyAdmin
  • phpMyAdmin : silahkan masukkan alamat letak phpMyAdmin anda berada.
  • Username : masukkan username untuk login ke phpMyAdmin anda, karena percobaan kali ini saya menggunakan username dan password untuk login ke phpMyAdmin yang saya miliki.
  • Password : silahkan masukkan password yang sesuai dengan username anda diatas.

Langkah keempat

Lakukan test koneksi aplikasi dengan database anda dengan klik tombol Test MySQL connection, jika berhasil maka akan tampak seperti gambar dibawah ini. jika gagal, perbaiki konfigurasi pada tahap ketiga diatas.

Baca Juga  Alfresco Software - Document Management System

Mysql Backup FTP 2

Langkah kelima

Klik Next untuk melanjutkan konfigurasi. dibawah ini adalah tampilan default apabila telah berhasil melakukan konfigurasi koneksi di langkah ketiga.

Mysql Backup FTP 3

Langkah keenam

silahkan pilih database yang ingin kalian backup secara otomatis dan tentukan dimana lokasi penyimpanan backup database tersebut. Pada kesempatan kali ini saya ingin membackup database 77cn3w dan meletakkannya di folder backup pada drive C:Backup\ . kemudian saya tambahkan konfigurasi email confirmasi sehingga saya mendapat laporan apabila backup yang dilakukan berhasil atau gagal. lihat gambar dibawah ini.

Mysql Backup FTP 4

Pastikan database yang ingin di backup diberi tanda ceklist dan kemudian klik add backup destination untuk menentukan letak penyimpanan databasenya.

Langkah ketujuh

silahkan pilih Local/Network Folder untuk menyimpan hasil backup pada drive computer yang dimiliki atau network folder. Jika anda membeli fitur lengkapnya, anda dapat menyimpan pula di Google Drive, Amazon S3 dan penyimpanan cloud lainnya.

Mysql Backup FTP 5

Langkah kedelapan

Pilih destinasi tempat penyimpanan databasenya, pada kesempatan kali ini saya menyimpannya di folder C:\Backup.

Mysql Backup FTP 6

Langkah kesembilan

Kemudian saya konfigurasi agar menghapus backup yang telah melebihi satu tahun. hal ini bersifat optional jadi anda dapat menyesuaikan sesuai dengan keinginan anda.

Mysql Backup FTP 7

Langkah kesepuluh

Kemudian saya melakukan konfigurasi dengan mengisi Send Email Confirmations . hal ini bertujuan agar aplikasi mengirimkan email tentang status backup yang telah dilakukan apakah backup tersebut berhasil atau gagal.

Mysql Backup FTP 8

langkah kesebelas

Saya melakukan custom konfigurasi untuk menggunakan SMTP email yang saya miliki seperti pada gambar dibawah ini.

Mysql Backup FTP 9

Deskripsi konfigurasi :

  • From email : ini bertujuan untuk memberikan informasi dari siapakah email laporan ini dikirimkan.
  • SMTP Mail Server : silahkan hubungi penyedia jasa email anda atau jika anda menggunakan layanan google, yahoo atau sejenisnya silahkan mencari referensi di internet untuk konfigurasi SMTP Mail Server.
  • Port : port yang digunakan oleh smtp mail server saya adalah 587. silahkan sesuaikan dengan konfigurasi SMTP Mail Server kalian.
  • Username / email : masukkan alamat email kalian.
  • Password : masukkan password alamat email kalian.

kemudian lakukan percobaan pengiriman email, jika kalian mendapatkan email percobaan berarti konfigurasi kalian telah berhasil, jika tidak silahkan mengecek ulang konfigurasi kalian.

Baca Juga  Membuat Virtual Machine pada VMware Vsphere

langkah kedua belas

kemudian klik gambar gear pada bagian Schedule this job sehingga pengerjaan ini akan dilakukan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan. pada percobaan kali ini saya akan melakukan backup setiap 24 jam sekali dan memulai backup pada pukul 5 sore. klik Set as Current User / Your personal account untuk menggunakan user yang kalian pakai saat ini untuk menjalankan schedule ini. lihat gambar dibawah ini.

Mysql Backup FTP 10

Langkah ketiga belas

kemudian klik Run Now untuk menjalankan backup pertama kali dan memastikan apakah backup berhasil dijalankan atau tidak. Silahkan lihat progressnya seperti gambar dibawah ini.

Mysql Backup FTP 11

Mysql Backup FTP 12

Langkah keempat belas

jika berhasil silahkan simpan konfigurasi anda dengan klik lambang disket atau save dan kemudian letakkan konfigurasi tersebut ditempat yang mudah untuk ditemukan. kemudian lihat folder C:\Backup untuk memastikan apakah backup sudah berhasil dilakukan. pada kesempatan kali ini telah berhasil dilakukan backup.

Mysql Backup FTP 14

Mysql Backup FTP 14

Selanjutnya anda tinggal menunggu email konfirmasi apakah backup selanjutnya berhasil atau tidak dan pastikan pada folder backup apakah file backup benar – benar telah terbuat.

Perlu diingat, dikarenakan aplikasi yang digunakan saat ini adalah Free atau gratis maka hanya dapat melakukan backup maksimal 2 database saja. jika anda ingin menggunakannya lebih silahkan membeli aplikasinya (klik disini).

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman – teman yang lainnya.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-