Aplikasi Open Source Ticketing osTicket 1.10.4

Aplikasi Ticketing Open Source OSTicket

Aplikasi Open Source Ticketing osTicket 1.10.4 – Jika anda membutuhkan aplikasi untuk ticketing yang gratis maka osTicket merupakah pilihan yang tepat. Aplikasi osTicket ini memiliki licensi versi gratis yang cukup untuk perusahaan menengah kebawah.

Anda belum paham fungsi aplikasi ticketing? disini akan kita bahas sedikit mengenai cara kerja dan fungsi aplikasi ticketing tersebut.

Fungsi aplikasi ticketing osticket

Fungsi osTicket sama seperti aplikasi ticketing lainnya yaitu mencatat segala tiket yang didapat. Tiket tersebut bisa berupa suatu masalah atau komplainan dari user maupun customer.

Dengan adanya aplikasi ticketing maka setiap masalah atau komplainan dapat tercatat dengan baik. Sehingga semuanya dapat di monitoring dengan baik. Mana masalah yang baru dibuat, dalam progress atau yang sudah selesai.

Ini sangat memudahkan tim support atau tim helpdesk untuk memanage setiap tiket atau permintaan bantuan dengan mudah.

Dengan osTicket, Anda juga dapat melakukan prioritas dari setiap masalah atau komplainan yang ada, normal, menengah maupun prioritas tinggi.

Cara kerja aplikasi ticketing osticket

Begitu pula dengan cara kerja aplikasi osTicket, sama seperti aplikasi ticketing lainnya.

Ketika anda mendapat laporan mengenai suatu masalah maupun komplainan, anda mencatatnya di aplikasi ini.

kemudian anda mengatur apa prioritas dari permasalahan tersebut. Anda juga bisa meng-assign atau menunjuk siapa yang akan menghandle permasalahan ini. Apakah tim support, tim marketing atau tim yang lain.

Selanjutnya, tim yang ditunjuk menghandle permasalahan yang ada. Kemudian mengupdate hasilnya dan permasalahan tersebut akan dirubah statusnya menjadi selesai jika permasalahan telah teratasi.

Semua laporan tiap permasalahan akan tercatat dan terlihat pada dashboard aplikasi osTicket.

Fitur osTicket 1.10.4

  • Custom fields = anda dapat menyesuaikan data yang anda butuhkan dari para pengguna untuk kebutuhan dalam membantu menyelesaikan masalah pengguna.
  • Custom columns = anda dapat menyesuaikan kolom yang anda gunakan agar sesuai dengan informasi yang anda butuhkan dari para pengguna untuk mempermudah menyelesaikan permasalahan mereka.
  • Ticket filters = anda dapat menfilter tiket sesuai dengan permasalahan, departemen yang bersangkutan maupun tim yang akan menghandle permasalahan dari pengguna.
  • Help topic = anda dapat membuat rute otomatis mengenai suatu permasalahan berdasarkan departemen yang tepat untuk menghandle permasalahan tersebut.
  • Ticket Locking = anda dapat mengunci tiket yang sedang dihandle oleh agen sehingga tidak ada agen lain yang menghandle permasalahan tersebut. Fitur ini berguna agar tidak ada agen yang menghandle dua tiket secara bersamaan.
  • Assign, Transfer dan Referral = anda dapat melakukan penunjukan agen mana yang akan menghandle permasalahan yang ada. Begitu pula dengan melakukan transfer ke agen lain apabila dibutuhkan pergantian agen.
  • Auto Responder = anda dapat membuat respon otomatis apabila ada tiket yang baru saja dibuat.
  • dan masih banyak lagi fitur yang ada di osTicket
Baca Juga  Tutorial Proxmox VE Part 3

untuk mengetahui fitur – fitur lainnya silahkan anda mencoba aplikasi ticketing ini.

silahkan baca bagaimana cara Installasi osTicket 1.10.4 pada CentOS 6 ini.

untuk mendownload aplikasinya silahkan klik salah satu link dibawah ini.

Download osTicket 1.10.4 Gratis

Zippyshare | Mediafire | Google Drive

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-