Apa Itu Postfix, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu postfix Konfigurasi Postfix Dengan SMTP-AUTH dan TLS/SSL di Centos 6.9

Assalamu’alaikum Waroh Matullahi Wabarokatuh

Hai kawan-kawan beril saat ini kita akan mencoba membahasa apa itu postfix, mungkin ada yang pernah dengar atau mungkin belum tahu sama sekali postfix itu apa, nah kesempatan saat ini saya ingin membarikan gambaran sekilas apa itu postfix.

Postfix adalah mail transfer agent bebas dan terbuka. Postfix merupakan mail transfer agent default untuk sejumlah sistem operasi bertipe Unix. Postfix didistribusikan menggunakan Lisensi Umum IBM 1.0 yang merupakan lisensi perangkat lunak bebas tetapi tidak kompatibel dengan GPL.

Postfix dulu bernama VMailer dan IBM Secure Mailer. Postfix pada awalnya dibuat oleh Wietse Venema sewaktu ia bekerja di IBM Thomas J. Watson Research Center, dan sampai sekarang masih aktif dikembangkan. Postfix pertama kali dirilis pada pertengahan 1999. Postfix mempunyai milis yang aktif sekali, dan Wietse Venema sangat aktif membantu anggota yang bertanya disana.

Salah satu ketangguhan Postfix adalah kemampuannya menahan “buffer overflow”. Ketangguhan lainnya adalah kesanggupan Postfix memproses surat elektronik dalam jumlah banyak. Postfix dibuat dengan sistem jaringan daemon dimana setiap daemon hanya mengerjakan satu tugas dengan menggunakan akses minimum ke sistem.

Dengan begitu, jika ada satu daemon yang bermasalah maka hanya akan memengaruhi daemon tersebut dan tidak akan berimbas ke seluruh sistem Postfix. Sewaktu Postfix dijalankan, hanya ada satu proses yang menggunakan akses “root”.

Sejarah Mail Server

Mail server adalah program daemon yang bekerja menampung dan mendistribusikan email dalam suatu    jaringan. Protokol yang umum digunakan antara lain protokol SMTP, POP3 dan IMAP.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan sebagai standar untuk menampung dan mendistribusikan email. Sedangkan POP3 (Post Office Protocol v3) dan IMAP (Internet Mail Application Protocol) digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote yaitu tidak perlu login ke dalam sistem shelll mesin mail server.

Tetapi cukup menguhubungi port tertentu dengan mail client yang mengimplementasikan protocol POP3 dan IMAP.

Baca Juga  Membuat host dan hostGroup sederhana di server Icinga2 dan Icingaweb2

Sejarah mail server yaitu sebelumnya dikenal sebagai VMailer dan IBM Secure Mailer, itu pada awalnya ditulis oleh Wietse Venema selama tinggal di IBM Thomas J. Watson Research Center, dan terus dikembangkan secara aktif hari ini. Postfix pertama kali dirilis pada pertengahan tahun 1999.

Apa itu Postfix
Prinsip Kerja Mail Server

  • Jika ada mail local maupun mail remote yang mepergunakan SMTP, diletakkan kedalam direktori   /var/mail/postfix/maildrop.
  • Di sini akan dicek host, domain, maupun user name yang dituju. Pengecekan juga termasuk yang didefinisikan di /etc/aliases dan ~/.forward. Jika bermasalah, mail akan dikembalikan ke pengirim. Bisanya ada satu tembusan ke postmaster.
  • Dari maildrop, mail akan di clean up dengan menambah header dan meletakkan di direktori /var/mail/postfix/imcoming. Disini program queue manager akan diaktifkan.
  • Queue manager akan memisahkan mail-mail yang ditujukan untuk jaringan local dan mail yang ditujukan untuk host jaringan remot. Jika ada mail yang macet, Queue Manager akan memilahnya sehingga tidak mempengaruhi pengaturan mail lainnya.
  • Trivial-rewrite adalah program yang dipanggil oleh Queue Manager untuk resolving alamat dari tujuan surat.Software client mail yang digunakan adalah squirrelmail versi 1.4.20. squirrelmail 1.4.20 merupakan client mail berbasis web. Keuntungan client mail berbasis web yaitu user tidak perlu mengatut konfigurasi mail client. Sehingga user cukup hanya mengetahui user name, password, dan URL/IP address ke mail client.

Kelebihan Mail Server Postfix

Mail Server postfix sendiri memiliki beberapa kelebihan yaitu

  1. Lebih menghemat bandwith
  2. Lebih cepat & efisien
  3. Mudah mengatur account
  4. Jika ada problem akan lebih cepat menanganinya

Kekurangan Mail Server Postfix

Selain dari kelebihan mail server postfix  yang disebutkan diatas, mail server postfix tentu memiliki kelemahan yaitu

  1. Tidak praktis (infrastruktur, administrasi, dll)
  2. Keamanan email dari hacker, spam dan flooder
  3. Jika email keluar kadang membutuhkan proses waktu yang lama
  4. Jika server down dan tidak ada backup maka kita bisa kehilangan email

Demikian kawan-kawan beril untuk gambaran sekilas apa itu postfix yang sudah ada sejak lama dan sudah di gunakan oleh banyak opensource untuk di jadikan satu dengan email server seperti Zimbra, iRedmail dan banyak lagi.

Baca Juga  Mengenal Proxmox VE

Semoga dapat artikel ini dapat bermanfaat, menambah ilmu dan wawaskan kawan-kawan, next kita akan mencoba install postfix dengan menggunakan centos.

Waalaikumsalam warahmarullahi wabarakatuh

Refrensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Postfix

Bagikan :
Irfan Maulana

Author: Irfan Maulana

Apa yang terlihat “buruk” saat ini, belum tentu menjadi “buruk” di masa depan_ begitu pula untuk sebuah kebaikan. ?