Apa Itu CDN, Fungsi CDN dan Cara Kerja CDN

apa itu cdn, fungsi cdn dan cara kerja cdn

CDN merupakan singkatan dari Content Delivery Network. CDN adalah sebuah teknologi jaringan berskala besar yang dapat memberikan konten dari sebuah website kepada para pengunjung di seluruh dunia dengan kecepatan yang relative lebih cepat apabila dibandingkan dengan tanpa penggunaan CDN.

Sehingga dapat diartikan bahwa salah satu kelebihan menggunakan CDN adalah website akan lebih cepat diakses oleh para penggunjung yang memiliki perbedaan geografis.

Apa itu CDN?

Bagi anda yang saat ini memiliki sebuah website yang memiliki pengunjung dari berbagai macam negara tentu akan mengalami kendala apabila server yang anda gunakan memiliki spesifikasi yang sangat minim. Kendala yang biasa terjadi seperti bounce rate yang tinggi dikarenakan pengunjung tidak dapat mengakses website anda.

Pengunjung yang mengalami lemot atau lambat saat mengakses website anda dan masih banyak lagi kendala yang dialami server dengan spesifikasi minim tetapi memiliki pengunjung yang banyak.

CDN atau Content Delivery Network merupakan salah satu solusi yang dapat anda gunakan untuk mengatasi server website yang lemot apabila diakses dari banyak negara. Dengan menggunakan CDN maka seakan akan anda memiliki banyak server cadangan yang ditempatkan di banyak lokasi di berbagai macam negara.

Tentu dengan banyaknya server cadangan di berbagai negara, pengunjung tidak perlu menakses server asli anda yang letaknya sangat jauh dari lokasi si pengunjung.

CDN atau Content Delivery Network adalah teknologi yang memungkinkan konten pada website kita di mirror oleh banyak server di berbagai negara. Konten yang di mirror pada website kita dapat berupa CSS, Image, Video maupun script yang telah dikostumisasi. Mirror yang dilakukan oleh banyak server di berbagai negara tersebut berbentuk cache website. Sehingga yang akan tampil pada pengunjung merupakan cache konten dari website kita yang sesungguhnya.

Fungsi CDN

Berdasarkan pengertian cdn yang dijelaskan sebelumnya. Maka seharusnya kita telah mengetahui beberapa fungsi CDN. Berikut ini adalah fungsi CDN lainnya yang dapat anda pertimbangkan untuk menggunakan CDN.

  1. Meningkatkan kecepatan akses website untuk para pengguna yang memiliki perbedaan geografis
  2. Memblokir spammer
  3. Meringankan beban server yang diakibatkan traffic pengunjung yang banyak.
  4. Mengurangi penggunaan bandwidth dari pengguna dan pengelolah server.
  5. Mengamankan aplikasi dari serangan seperti DDOS.
Baca Juga  Tutorial Custom Dashboard Zabbix

Setidaknya 5 fungsi CDN diatas yang akan sangat berguna apabila anda menggunakan CDN untuk website anda. Tentu ada banyak fungsi CDN lainnya yang akan anda dapatkan tergantung dari tiap penyedia layanan CDN gratis maupun berbayar.

Cara Kerja CDN

Setelah mengetahui apa itu cdn dan fungsi cdn dari penjelasan sebelumnya, ada baiknya anda juga mengetahui bagaimana cara kerja CDN sesungguhnya. Cara kerja CDN cukup sederhana, setiap penyedia CDN memiliki beberapa server yang diletakkan di beberapa negara di seluruh dunia yang saling terkoneksi dalam satu jaringan.

Dengan bantuan server cadangan tersebut maka konten pada website kita yang menggunakan cdn akan dilakukan mirroring dalam bentuk cache ke seluruh server cadangan milik penyedia CDN. Dengan begitu, konten berbentuk cache website kita akan berada di seluruh server cadangan milik penyedia CDN di berbagai negara.

Apabila kita melakukan suatu update pada konten website kita, maka otomatis update-an tersebut akan tersebar kembali ke seluruh server cadangan penyedia CDN.

Untuk gambaran sederhana silahkan lihat infografik yang telah dibuat oleh GTMetrix dibawah ini.

apa itu cdn, fungsi cdn dan cara kerja cdn

Sebagai contoh pada gambar diatas server website atau Origin Server berada di Amerika dan pengguna tersebar di seluruh dunia. Kemudian ada beberapa server cadangan milik penyedia CDN yang disebutkan sebagai Edge Server pada gambar diatas. Edge server juga tersebar di beberapa negara di dunia dan saling terkoneksi satu dengan yang lainnya (perhatikan line berwarna hijau).

Tanpa Menggunakan CDN, pengguna yang berasal dari negara india harus mengakses servernya yang berada jauh di Amerika. Tetapi dengan menggunakan CDN maka pengguna dari negara india tersebut akan mengakses server cadangan yang terdekat dari negara india.

Pada contoh diatas server cadangan atau edge server terdekat berada pada negara indonesia. Sehingga pengguna dari negara india akan lebih cepat dalam mengakses website anda.

Sampai disini saya berharap anda mendapatkan pengetahuan baru tentang apa itu CDN, fungsi CDN dan bagaimana cara kerja CDN. Semoga pengetahuan yang baru anda dapatkan, dapat anda terapkan di website milik anda.

Baca Juga  Cara Setting Cloudflare di CPanel

Pada kesempatan lainnya, akan saya bahas mengenai para penyedia CDN gratis dan berbayar. Serta bagaimana cara menggunakan CDN pada website berbasis wordpress. Jadi sering – sering kunjungi beril.id ya.

Bila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan pada sosial media kalian. Terima kasih.

Bagikan :
Deni Rusdiaman

Author: Deni Rusdiaman

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” -Albert Einstein-